Loading...
Loading...
Pengertian Manajemen ~ Kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu terkait satu sama lain, dan kegiatan ini adalah proses yang disebut proses manajemen. Kami menyadari perlunya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan ini. Dan elemen terpenting dalam mewujudkan kerja sama adalah manajemen. Jadi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan manajemen?
Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menjelaskan pengertian manajemen menurut pendapat para ahli. Semoga bermanfaat.

Istilah manajemen berasal dari bahasa Italia ‘Manggio’ yang berarti tangan. Jadi, Manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menangani atau mengelola dan mengawasi kegiatan bisnis. Dengan kata lain, manajemen adalah tindakan untuk mengelola, mengatur, mengarahkan, mendorong, menjalankan, membimbing, memimpin, dan melakukan pengawasan.

manajemen sebagai proses, fungsi dan unsur manajemen, perkembangan manajemen sebagai ilmu, manajemen sebagai proses, fungsi dan unsur manajemen, manajemen modern dipelopori oleh, perkembangan manajemen sebagai ilmu, contoh ilmu manajemen, manajemen sebagai proses, fungsi dan unsur manajemen, jelaskan beberapa aliran dalam manajemen, perkembangan manajemen sebagai ilmu, perbedaan manajemen sebagai ilmu dan seni, manajemen sebagai proses, jelaskan beberapa aliran dalam manajemen, perkembangan manajemen sebagai ilmu, manajemen koperasi sebagai seni, mengapa seorang manajer dikatakan profesional, jelaskan tugas manajemen, manajemen sebagai kolektivitas, manajemen sebagai fungsi, apa pengertian manajemen secara umum, manajemen sebagai sistem, tulis dan jelaskan ciri-ciri manajemen, jelaskan hubungan organisasi dan manajemen, pengertian manajemen sebagai proses, pengertian sifat dasar manajemen, hakikat tujuan manajemen, apa tugas dari manajer puncak, pengertian manajemen proses, siapa saja yang membutuhkan manajemen, sebutkan unsur unsur management, manajemen modern dipelopori oleh, ruang lingkup pengarahan adalah, manajemen sebagai proses, perkembangan manajemen sebagai ilmu, mengapa manajemen dibutuhkan oleh perusahaan
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli | www.zonasiswa.com

Jika kita belajar lebih banyak tentang manajemen, maka istilah tersebut memiliki tiga arti sebagai berikut.

1. Manajemen sebagai proses yang khas, yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dilakukan untuk menentukan dan mencapai target yang ditetapkan melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber lain.

2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang yang melakukan kegiatan manajemen. Artinya orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam tubuh tertentu. Kegiatan manajemen adalah kegiatan atau fungsi yang dilakukan oleh masing-masing manajer, seperti perencanaan, pengorganisasian, mempersiapkan personil, mengarahkan, dan mengawasi.

3. Manajemen sebagai seni atau ilmu. Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan nyata yang membawa hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi untuk menjelaskan fenomena (peristiwa), situasi dengan memberikan penjelasan.

Manajemen sudah ada sejak kelahiran peradaban manusia, dan manajemen sebagai ilmu baru lahir pada akhir abad ke-19. Mengenai pembatasan manajemen, di bawah ini ada beberapa pendapat para ahli.

1. S Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah melakukan sesuatu dengan menggerakkan orang, uang, mesin, dan peralatan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Sondang P. Siagian
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu guna mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.

3. Karnadi Wargasasmita
Manajemen adalah mengtur, mengelola, memimpin, mengawasi pekerjaan menuju sasaran bisnis.

4. Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan dalam upaya kerja sama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

5. Harold Koontz dan O’Donnell
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan orang lain.

6. John D. Millet
Manajemen adalah proses mengarahkan dan menyediakan fasilitas kerja kepada orang-orang yang terlibat dalam organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan.

7. George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya melalui (dengan menggunakan) kegiatan orang lain.

8. Federic W. Taylor
Dia mengedepankan empat prinsip manajemen penting, yaitu: pengembangan metode kerja terbaik; pemilihan dan pengembangan pekerja; upaya untuk menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang dipilih dan dilatih; adanya kerja sama antara manajer dan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan kerja.

9. Henry Fayol
Dia menekankan pandangannya tentang manajemen sebagai hal yang terdiri dari fungsi-fungsi.
Dari beberapa makna di atas, dapat disimpulkan, bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau sebelumnya.

Semoga apa yang dijelaskan di atas tentang Pengertian Manajemen menurut Para Ahli bisa bermanfaat dan juga memperkaya referensi teman-teman tetang apa itu manajemen. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca.
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar