Kerusakan Lingkungan Hidup - Lingkungan dapat diartikan sebagai tempat tersedianya sumber daya alam. Hal ini dikarenakan lingkungan hidup menyediakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Penggunaan sumber daya alam yang dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan akan menyebabkan berbagai kerusakan terhadap lingkungan hidup. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa secara khusus akan membahas mengenai macam-macam kerusakan lingkungan. Semoga bermanfaat. Check thsi out!!!

A. Pengertian Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan adalah tindakan yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung terhadap sifat-sifat fisik atau hayati yang mengakibatkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan yang berkesinambungan. Kerusakan lingkungan hidup akan mengakibatkan suatu perubahan sifat-sifat dan unsur-unsur lingkungan yang berakibat peran dan arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan menjadi terganggu, bahkan tidak berfungsi lagi.

Lingkungan Hidup, Kerusakan Lingkungan Hidup, Pengertian Kerusakan Lingkungan Hidup, Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup, Jenis-jenis Kerusakan Lingkungan Hidup.


B. Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain.

  1. Perilaku Manusia
    Perilaku manusia di sini adalah sifat ego dari manusia yang berlebihan, sehingga memandang lingkungan sebagai sumber daya alam yang harus dieksploitasi sebanyak mungkin untuk kepentingan dirinya sendiri. Kegiatan eksploitasi yang terus meneurs tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan akan menyebabkan rusak atau hilangnya sumber daya alam yang ada.

  2. Kesulitan Teknologi
    Kesulitan dalam mencari teknologi yang ramah lingkungan, sehingga bayak memutuskan penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Misalna penggunaan CFC untuk pendingin lemari es dan AC.

  3. Sikap Individu
    Sikap individu seperti tidak peduli terhadap lingkungan, pandangan yang berpusat pada diri sendiri, perasaan tidak berarti, merupakan sifat yang dapat menebabkan timbulnya kerusakan lingkungan. Kerusakan yang terjadi walaupun dilakukan sedikit demi sedikit, tetapi jika dilakukan terus menerus maka kerusakan lingkungan akan semakin parah.

  4. Masyarakat Bersinergi Rendah
    Masyarakat seperti ini merupakan masyarakat yang tidak mempunyai satu tujuan sehingga yang terjadi adalah hilangnya kekuatan untuk memperbaiki lingkungan yang telah rusak. Hal ini harus dihindari untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

C. Macam-macam Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia juga terjadi di negara-negara lain di dunia. Kerusakan lingkungan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Kerusakan Hutan
    Hutan memiliki peranan penting dalam lingkungan hidup. Keberadaan hutan sebagai sumber berbagai kubutuhan manusia sangat lah penting. Kerusakan lingkungan hutan yang berupa penggudulan akan menyebabkan bencana seperti kekeringan, banjir, longsor, dan pemanasan global.

  2. Kerusakan Tanah
    Kerusakan tanah dapat terjadi karena banyak faktor. Kerusakan tanah yang paling sering teradi adalah karena erosi. Erosi merupakan hilangnya lapisan atas dari tanah yang disebabkan oleh air, angin, maupun es. Erosi menyebabkan lapisan atas tanah (top soil) yang mengandung banyak unsur hara menjadi hilang.

  3. Pencemaran (Polusi)
    Pencemaran (polusi) adalah peristiwa berubahnya keadaan alam (udara, air, dan tanah) karena adanya unsur-unsur baru atau meningkatnya jumlah unsur-unsur tertenu. Pencemaran ini dapat menimbulkan gangguan ringan dan berat terhadap mutu lingkungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan merupakan petunjuk bahwa lingkunga di mana kehidupan itu berlangsung telah mengalami kerusakan. Kerusakan ini disebabkan karena manusia melakukan pengolahan lingkungan melebihi batas kesemimbangan ekosistem, sehingga terjadi ketidakseimbangan dan ketidakserasian ekosistem.
Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas tentang Kerusakan Lingkungan Hidup, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat sekalian. Masa jauh rasanya artikel tersebut dari kata sempurna, untuk itu kritik dan saran sobat sekalian akan sangat berharga bagi kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya penjelasan tersebut di atas ke teman-teman yang lainnya. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^