Loading...
Loading...
Pengertian Kebutuhan - Pada dasarnya setiap manusia mempunyai kebutuhan. Kebutuhan ini tidak terbatas dan beragam jumlahnya, sehingga tidak mungkin manusia dapat memenuhi semua kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu dipenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba membahas tentang Kebutuhan Manusia pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Semoga bermanfaat.

Pengertian Kebutuhan, Pengertian Keinginan, Kebutuhan Manusia, Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Penjelasan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Apa itu Kebutuhan Manusia, Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Jenis-jenis Kebutuhan Manusia, Macam-macam Kebutuhan Manusia, Alat Pemuas Kebutuhan Manusia.
Pengertian Kebutuhan Manusia dan Faktor yang Mempengaruhinya | www.zonasiswa.com

A. Pengertian Kebutuhan

Seperti dibahas sebelumnya, kehidupan manusia memiliki banyak kebutuhan yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah ekonomi. Kebutuhan timbul karena tuntutan fisik dan atau psikologis agar dapat hidup layak. Itulah yang menyebabkan kebutuhan manusia sangat beragam dan seringkali tidak dapat dipenuhi. Ini menyebabkan kebutuhan menjadi tidak terbatas.

Keinginan dan kebutuhan kadang disamakan antara satu sama lain, padahal sebenarnya ada perbedaan mendasar yang membedakan kedua hal tersebut. Keinginan adalah hasrat dalam diri manusia yang jika tidak dipenuhi tidak memengaruhi kelangsungan hidupnya, sedangkan kebutuhan adalah hasrat yang muncul dalam diri manusia yang jika tidak dipenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya.

BACA JUGA:
1. Macam-macam dan Alat Pemuas Kebutuhan

B. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan setiap orang berbeda. Cobalah membandingkan kebutuhan teman Anda dan kebutuhan orang lain. Pasti ada beberapa yang berbeda. Nah apa yang menyebabkan kebutuhan berbeda untuk setiap orang. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, yaitu:

1. Sifat manusia
Wajar bagi manusia untuk tidak cepat puas dengan segala yang mereka miliki. Ketika Anda mendapatkan sesuatu, kebutuhan lain akan muncul bersamaan dengan situasi dan kondisi.

2. Tingkat pendapatan
Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan karyawannya.

3. Lingkungan Alam
Untuk dapat bertahan hidup, manusia selalu berusaha menyesuaikan diri dan kebutuhan hidup mereka dengan keadaan lingkungan sekitar. Kebutuhan hidup di daerah dingin akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di daerah tropis, baik dari segi makanan, pakaian dan perumahan.

4. Lingkungan sosial
Secara naluriah manusia memiliki kebiasaan meniru perilaku orang lain sehingga jumlah dan jenis kebutuhan hidup juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Seseorang yang hidup di lingkungan ekonomi yang tinggi akan didorong untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.

5. Kemajuan dalam teknologi informasi
Perkembangan teknologi informasi memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi saat membeli suatu barang. Ini dapat mendorong peningkatan kebutuhan seseorang.

6. Agama dan kepercayaan
Perbedaan agama dan kepercayaan yang dianut seseorang menghasilkan munculnya berbagai kebutuhan berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya.

7. Akulturasi budaya
Budaya sangat berpengaruh pada kebutuhan hidup seseorang, baik budaya mereka sendiri maupun budaya yang berasal dari luar. Ini menyebabkan terbentuknya berbagai pola perilaku dan kebiasaan yang akan mengarah pada berbagai kebutuhan.

8. Perdagangan internasional
Keberadaan perdagangan internasional meningkatkan arus barang dari luar negeri yang dapat mendorong peningkatan kebutuhan hidup.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian Kebutuhan Manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat. Terima kasih.
Loading...

4 komentar: