Loading...
Loading...
Kepemimpinan dalam Manajemen ~ Kegiatan manajemen sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan tanpa seorang pemimpin dengan kepemimpinan yang menyenangkan. Pemimpin adalah elemen yang menentukan kelancaran organisasi dalam mewujudkan tujuan dan sasarannya. Kepemimpinan adalah inti dan kekuatan pendorong kegiatan manajemen. Untuk itu pada kesempatan ini Zona Siswa akan menjelaskan tentang kepemimpinan dalam manajemen. Semoga bermanfaat.

kepemimpinan dalam manajemen, buku kepemimpinan dalam manajemen, pengertian manajemen dalam kepemimpinan, kepemimpinan dalam manajemen ppt, makalah manajemen kepemimpinan pdf, sifat kepemimpinan dalam manajemen, gaya kepemimpinan dalam manajemen, sifat leadership yang ideal, pengertian leadership menurut para ahli, makalah kepemimpinan pendidikan pdf
Tipe Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen | www.zonasiswa.com

Menurut Prof Prajudi Atmosudridjo, pemimpin adalah seseorang yang mempengaruhi orang lain, agar mereka mau melakukan apa yang mereka inginkan. Sedangkan pendapat Prof. Arifin Abdurrachman tentang pemimpin adalah orang yang bisa menggerakkan orang lain di sekitarnya untuk mengikuti jejak pemimpin. Pendapat lain adalah dari Prof. Sarwono Prawirodihardjo yang menyatakan bahwa pemimpin adalah orang yang berhasil menumbuhkan pada bawahan mereka rasa bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan di bawah kepemimpinan mereka.

Dari beberapa makna di atas, dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat dikatakan sebagai pemimpin jika orang tersebut dapat mempengaruhi perilaku orang lain untuk mematuhi kehendaknya, meskipun tidak ada ikatan yang kuat dalam suatu organisasi. Jadi, pemimpin dapat muncul kapan saja dan di mana saja selama seseorang mampu dan dapat mempengaruhi orang lain di sekitarnya.

Pemimpin memiliki tugas utama untuk melaksanakan fungsi manajemen dengan benar, termasuk sebagai perencana, penyelenggara, koordinator, dinamist, pengawas, pengambil keputusan, pemberi otoritas, penjamin, pendidik, komunikator, penegak hukum, pemersatu, wali, orang tua, pelapor, pembiming, dan mandataris.

Ada beberapa tipe atau tipe pemimpin, termasuk yang berikut:


  1. Pemimpin otokratis adalah manajer yang merasa diri mereka pintar dan serba bisa. Bawahan biasanya dianggap sebagai boneka saja yang harus melaksanakan otoritas mereka kepada bawahan mereka. Semuanya dilakukan sendiri.
  2. Pemimpin yang demokratis adalah pemimpin yang tidak suka bertindak sewenang-wenang terhadap bawahannya. Dia mendelegasikan setiap pekerjaan yang dapat dia berikan kepada orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya. Semua keputusan biasanya ditentukan berdasarkan hasil musyawarah. Pemimpin ini mengharapkan partisipasi dari bawahannya di setiap langkah dan aktivitas perusahaan.
  3. Pemimpin yang bebas (laissez faire) adalah pemimpin yang memberi terlalu banyak kebebasan kepada bawahan mereka. Hanya bertindak sebagai simbol. Semua keputusan dan penentuan tujuan dan persiapan rencana, pedoman kerja, prosedur, prosedur yang teratur diserahkan kepada kebijakan bawahannya.

Sementara itu, menurut Blake dan Mouten, gaya kepemimpinan seseorang dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Tipe pemimpin Deserter adalah gaya kepemimpinan terburuk dengan karakteristik kurangnya perhatian, baik terhadap produksi dan manusia.
  2. Tipe pemimpin Misionaris adalah gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia, begitu banyak perhatian pada manusia dan kurangnya pemahaman tentang produksi.
  3. Tipe pemimpin Kompromi adalah gaya kepemimpinan yang memperhatikan gaya yang seimbang, di mana perhatian diberikan secara merata antara produksi dan manusia.
  4. Jenis pemimpin Autokrat adalah gaya kepemimpinan yang berorientasi produksi. Sebagai akibat terlalu banyak memperhatikan produksi, mereka kurang memperhatikan manusia.
  5. Tipe pemimpin Eksekutif adalah puncak gaya kepemimpinan, di mana perhatiannya pada produksi dan manusia sangat besar (lebih besar dari gaya kompromi).

Itulah penjelasan mengenai Kepemimpinan dalam Manajemen yang menyangkut pengertian apa itu pemimpin sendiri, serta jenis-jenis kepemimpinan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membaca. Apabila ada kesalahan dari penjelasan di atas, akan sangat berharga jika teman-teman mau memberikan kritik dan saran untuk membuat penjelasan di atas lebih baik lagi. Terima kasih...
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar