Loading...
Loading...
Prinsip-prinsip Manajemen ~ Sebuah proposisi umum yang dapat disimpulkan dari proses memindahkan orang dan melaksanakan fasilitas yang ada sebagai dasar panduan bagi seseorang untuk melakukan tindakan atau melaksanakan tindakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan disebut prinsip manajemen. Berikut ini Zona Siswa akan mencoba menerangkan tentang prinsip-prinsip manajemen.

prinsip dan tugas tanggung jawab manajemen, pdf prinsip prinsip manajemen, pembagian tugas manajemen, prinsip prinsip manajemen organisasi, makalah prinsip prinsip manajemen, 14 prinsip manajemen beserta contohnya, pembagian tugas manajemen, membuat perencanaan yang baik
Penjelasan 14 Prinsip Prinsip Manajemen | www.zonasiswa.com

Satu-satunya tokoh yang membahas prinsip manajemen adalah Henry Fayol. 14 prinsip manajemen menurut Henry Fayol adalah sebagai berikut:

1. Pembagian Kerja
Pembagian kerja dalam suatu badan sangat diperlukan untuk membedakan seseorang dalam suatu perusahaan, apakah ia seorang pemimpin, eksekutor, staf dan sebagainya. Baik dan buruk dari pembagian kerja menentukan kesuksesan dan efektivitas.

2. Wewenang dan Tanggung jawab (Authority ans Responsibility)
Setiap pejabat / pemimpin dalam suatu badan tertentu harus memiliki wewenang dan tanggung jawab. Wewenang (otoritas) adalah hak untuk membuat keputusan mengenai tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang mereka lakukan.

3. Disiplin (Dicipline)
Disiplin adalah sesuatu yang menjadi dasar kekuatan tubuh atau perusahaan. Setiap pihak yang terlibat dalam suatu badan harus memiliki disiplin untuk melakukan suatu pekerjaan, mematuhi peraturan yang dibuat oleh agensi. Kepemimpinan harus dapat memberi contoh kepada bawahan dengan memenuhi aturan dan perjanjian yang disepakati sebelumnya.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)
Untuk memfasilitasi pencapaian tujuan, perlu memiliki kesatuan perintah dari atasan kepada bawahan atau seseorang karyawan menerima perintah dari bosnya.

5. Kesatuan Arah (Unity of Direction)
Dengan prinsip kesatuan arah yang dimaksudkan seorang kepala dan karyawan tidak boleh saling bertentangan satu sama lain dalam mencapai suatu tujuan secara keseluruhan.

6. Kepentingan Individu Harus Dibawah Kepentingan Umum (Subordinate of Individual Interest to General Interest)
Prinsip ini berarti bahwa kepentingan publik atau perusahaan secara keseluruhan harus di atas kepentingan pribadi.

7. Pembayaran Upah Wajar (Remuneration of Personal)
Dalam memberikan upah kepada karyawan harus adil atau tidak memihak, ada basis obyektif dalam menentukan upah masing-masing karyawan.

8. Sentralisasi (Centralization)
Suatu otoritas dapat diputuskan dan dapat didelegasikan kepada pejabat tertentu untuk memfasilitasi jalannya suatu perusahaan.

9. Garis Wewenang (Line of Authoritiy)
Dengan prinsip ini, dimaksudkan bahwa garis wewenang dalam suatu organisasi harus jelas.

10. Tertib (Order)
Dalam menjalankan bisnis harus ada ketertiban baik secara material maupun manusia, sehingga ada aturan yang harus dilaksanakan.

11. Keadilan (Equity)
Agar setiap bawahan setia kepada atasannya, makn setiap pemimpin harus mempraktekkan keadilan yang memberi setiap orang apa yang berhak dia dapatkan.

12. Stabilitas Pegawai (Stability of Tenure of Personal)
Stabilitas karyawan harus dijaga, jangan terlalu sering berganti karyawan, baik karena transfer atau pemecatan. Ketidakstabilan karyawan akan menyebabkan peningkatan biaya, baik perekrutan, pelatihan, dan juga untuk pengawasan.

13. Inisiatif (Initiative)
Setiap orang atau karyawan diberikan kesempatan untuk mengekspresikan atau melaksanakan inisiatif, baik tentang metode kerja, prosedur kerja atau menerapkan rencana baru dalam pekerjaannya.

14. Soul of Unity (Esprits de Corps)
Di setiap karyawan atau manajer perlu diinvestasikan dalam semangat persatuan atau kesetiaan kepada kelompok, sehingga mereka dapat bekerja bersama pada sejumlah orang untuk mencapai tujuan bersama.

Demikianlah ke-14 Prinsip dari suatu Manajemen. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sekalian. Terima kasih...

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar