Loading...
Loading...
Jenis-jenis Kebutuhan Manusia ~ Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, kebutuhan merupakan hasrat yang timbul dalam diri manusia yang mana jika tidak dipenuhi akan menganggu kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Setelah sebelumnya kita sudah membahas apa itu kebutuhan dan faktor apa saja yang mempengaruhinya; pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan mengenai Macam-macam Kebutuhan beserta alat pemuasnya. Semoga bermanfaat.

Pengertian Kebutuhan, Pengertian Keinginan, Kebutuhan Manusia, Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Penjelasan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Apa itu Kebutuhan Manusia, Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder, Kebutuhan Tersier, Contoh Kebutuhan Primer, Contoh Kebutuhan Sekunder, Contoh Kebutuhan Tersier, Kebutuhan Manusia, Jenis-jenis Kebutuhan Manusia, Macam-macam Kebutuhan Manusia, Alat Pemuas Kebutuhan Manusia.
Macam-macam Kebutuhan Manusia & Alat Pemuasnya | www.zonasiswa.com

A. Jenis Kebutuhan Manusia

1. Kebutuhan Menurut Intensitas Penggunaan

Kebutuhan sesuai dengan intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat kebutuhan yang penting. Macam kebutuhan sesuai dengan intensitasnya, yaitu:

a. Kebutuhan primer. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar. Menurut ILO (Organisasi Perburuhan Internasional) bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minimal masyarakat, terkait dengan kecukupan kebutuhan dasar setiap komunitas, baik kaya maupun miskin. Kebutuhan dasar ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, pakaian, perumahan, pendidikan, layanan kesehatan dan fasilitas pendukung lainnya seperti transportasi, persediaan air minum, keamanan, dan sebagainya.

b. Kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang saling melengkapi dengan kebutuhan primer dan kebutuhan ini hanya terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini tidak berarti itu tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya, yang tinggal di sebuah komunitas sangat membutuhkan berbagai hal lain yang lebih luas dan lebih sempurna, baik menyangkut kualitas, kuantitas, dan jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder meliputi televisi, lemari es, sepeda motor, dan kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.

c. Kebutuhan Tersier. Kebutuhan tersier muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. Secara umum, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhan mereka diarahkan pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan berlian, rumah mewah, mobil mewah, dan lainnya.

2. Kebutuhan sesuai dengan waktu pemenuhan

Distribusi kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhan dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Saat Ini. Kebutuhan saat ini adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang dan tidak dapat ditunda lagi sehingga manusia tidak mendapat masalah. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang haus, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya. Contoh lain dari negara yang aman dan stabil adalah kebutuhan sekarang, agar rakyat Indonesia dapat mengembangkan negara ini.

b. Kebutuhan Masa Depan. Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi besok. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, itu tidak akan memiliki efek fatal pada kelangsungan hidup seseorang. Misalnya saja tabungan. Seseorang yang menabung, berarti dia memenuhi kebutuhan masa depan.

c. Kebutuhan yang Tidak Terduga. Kebutuhan ini muncul jika sesuatu terjadi secara tak terduga, yang insidentil. Misalnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu ke dokter.

d. Kebutuhan Semua Waktu. Kebutuhan ini terjadi setiap saat dan tidak ada batasan. Misalnya, belajar sains.

3. Kebutuhan sesuai dengan sifatnya

Sesuai dengan bentuk dan sifatnya, kebutuhan manusia dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Fisik. Kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh manusia fisik atau fisik. Kebutuhan ini mencakup semua kebutuhan material seperti kebutuhan akan makanan, pakaian, olahraga, rumah, dan lainnya.

b. Kebutuhan Spiritual. Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan yang memiliki kepuasan spiritual. Kebutuhan ini tidak jelas. Hanya orang yang bersangkutan yang langsung merasakan. Jika kebutuhan ini terpenuhi, manusia merasa puas dengan kebutuhan mereka dan dia akan merasa bangga, bahagia, bahagia atau bahagia. Misalnya, mendapatkan cinta, hiburan, rekreasi, ibadah, dll.

4. Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan

Pembagian kebutuhan sesuai dengan subjek yang membutuhkan, dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Individu. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk memenuhi kepuasan pribadi (individu). Misalnya, sebagai siswa, kebutuhan pribadi Anda mencakup seragam, sepatu, buku, pensil, dan sebagainya.

b. Kebutuhan Sosial. Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan banyak orang (secara kolektif). Kebutuhan ini terkait dengan kebersamaan, kemakmuran, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Misalnya jalan, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan lainnya.

BACA JUGA:
1. Pengertian Kebutuhan Manusia

B. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat kepuasan untuk kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang umumnya terdiri dari dua hal, yaitu barang dan jasa. Barang adalah alat kepuasan yang tampak dan berwujud; contohnya adalah makanan, seragam, sepatu, buku, dan sebagainya. Sedangkan jasa atau layanan adalah salah satu alat yang memuaskan kebutuhan manusia yang tidak berwujud tetapi dapat dirasakan manfaatnya, seperti jasa potong rambut, jasa ojek, dan sebagainya.

Alat kepuasan untuk kebutuhan manusia dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis tergantung pada cara mereka diperoleh, bagaimana mereka digunakan, bagaimana mereka berhubungan dengan barang lain, dan bagaimana mereka dibuat. Berikut penjelasannya.

1. Dalam hal cara mendapatkannya

Dalam hal cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan manusia dibagi menjadi:

a. Barang ekonomi. Barang ekonomi adalah barang yang memuaskan yang membutuhkan sejumlah pengorbanan yang biasanya dalam bentuk uang. Misalnya, untuk mendapatkan makanan kita harus mengeluarkan uang. Uang itu adalah pengorbanan.

b. Barang gratis. Barang gratis adalah barang yang memuaskan kebutuhan yang tersedia hampir tidak terbatas sehingga untuk mendapatkannya kita tidak perlu berkorban dan dapat mengambilnya langsung di alam. Misalnya, udara untuk bernafas, pasir di padang pasir, dan es di kutub.

c. Barang ilith. Barang ilith adalah barang yang dibutuhkan tetapi jika barang ini melebihi apa yang dibutuhkan, barang itu akan merusak dan berbahaya. Misalnya, air dan api.

2. Dalam hal cara menggunakan

Dalam hal cara penggunaannya, alat pembuas kebutuhan manusia dibedakan menjadi:

a. Barang konsumsi. Barang-barang konsumen siap digunakan barang karena manfaatnya dapat diambil langsung. Misalnya makanan, minuman dan pakaian.

b. Barang produksi. Barang produksi adalah barang yang berguna untuk memproduksi barang lainnya. Barang produksi adalah istilah barang modal lainnya. Misalnya, mesin jahit dan radio.

3. Dalam hal hubungan dengan barang lain

Dalam hal hubungannya dengan barang lain, alat pemenuhan kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi:

a. Barang substitusi. Barang pengganti adalah barang yang memenuhi kebutuhan yang fungsinya dapat menggantikan barang lain atau dapat saling menggantikan. Misalnya, gas bisa menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar.

b. Barang pelengkap. Barang pelengkap adalah barang yang memenuhi kebutuhan yang akan berguna ketika digunakan bersama dengan benda lain. Misalnya, mobil dengan bensin, jarum dengan benang, dan kompor dengan minyak tanah.

4. Dalam hal Proses Pembuatannya

Dalam hal proses pembuatan, alat pemenuhan kebutuhan manusia dibagi menjadi:

a. Barang mentah (bahan baku). Barang mentah adalah bahan dasar untuk membuat barang-barang lainnya. Item ini belum mengalami pemrosesan apa pun. Misalnya, kapas, kayu dan produk pertambangan.

b. Setengah matang. Barang setengah jadi adalah barang yang sudah diproses, tetapi tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya karena belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk membuat pakaian, besi untuk membuat pisau, dan tepung untuk membuat kue.

c. Barang jadi. Barang jadi adalah produk akhir yang telah melalui proses pengolahan dari bahan baku menjadi bahan setengah jadi menjadi barang jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya: pakaian, pisau, kue.

Semoga artikel tersebut di atas tentang Macam-macam Kebutuhan Manusia bisa bermanfaat bagi sobat semua. Apa bila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut, mohon kiranyan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih.
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar