Loading...
Loading...
Pengertian Umum Manajemen ~ Apakah kamu di sekolah yang berpartisipasi dalam organisasi? Organisasi apa yang kamu ikuti? Osis, Pramuka, atau koperasi sekolah? Tentu saja, ada manajemen di organisasi-organisasi itu. Apakah kamu termasuk tim manajemen organisasi di sekolah kamu?

Di perusahaan ada juga manajemen. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajemen? Dapatkah kamu membayangkan dalam organisasi perusahaan, bagaimana karyawan di tingkat manajemen puncak menjalankan dan mengelola operasi perusahaan? Tindakan apa yang dilakukan pemimpin perusahaan dalam menangani masalah dengan perusahaan? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan apa itu yang dinamakan Manajemen. Semoga bermanfaat.

unsur unsur manajemen, pengertian manajemen menurut sp hasibuan, pengertian manajemen menurut henry fayol, pengertian manajemen menurut luther gulick, tujuan manajemen, 5 fungsi manajemen, contoh manajemen, bidang bidang manajemen, proses manajemen, manajemen sebagai ilmu dan seni, materi manajemen, jelaskan proses manajemen, jenis manajemen berdasarkan fungsi, deskripsikan fungsi fungsi manajemen, kesimpulan manajemen, makalah manajemen, fungsi manajemen adalah, contoh manajemen, tujuan manajemen, jenis jenis manajemen, pengertian manajer menurut stoner, pengertian manajer menurut robbins
Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Manajemen? | www.zonasiswa.com

A. Pengertian Manajemen

Dalam setiap aktivitas, terutama aktivitas bisnis, hampir tidak dapat dipisahkan dari kerja sama antar beberapa orang yang bergabung di dalamnya. Setiap orang yang terlibat di dalamnya mendukung satu sama lain meskipun peran yang dilakukannya berbeda. Untuk mencapainya tujuan dari suatu kegiatan, kegiatan pengorganisasian dan pengelolaan akan diperlukan.

Kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu dikenal sebagai manajemen. Wadah untuk kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan biasanya dikenal dengan sebutan organisasi. Organisasi dan manajemen memiliki arti yang hampir sama sehingga beberapa orang salah paham. Manajemen tidak dapat dipisahkan dari masalah organisasi.

Organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Organisasi didorong oleh kesadaran manusia, yang pada intinya membutuhkan bantuan orang lain. Dengan adanya suatu organisasi, akan ada koordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang dinyatakan. Manajemen adalah kegiatan pemimpin dalam menggerakkan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien.

"Manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, sementara organisasi adalah tempat bagi sejumlah orang untuk melaksanakan kegiatan tersebut."

Manajemen terbentuk dalam setiap organisasi. Oleh karena itu, jalannya manajemen tergantung pada prinsip-prinsip organisasi yang diadopsi. Dalam pengertian manajemen, ada elemen tujuan, aktivitas, dan orang. Ketiga elemen ini adalah elemen utama organisasi. Dengan cara ini, manajemen merupakan upaya agar ketiga elemen organisasi dapat diterapkan secara efektif, efisien, produktif, dan maksimal.

Harold Koontz dan Cyril O'Donnel mendefinisikan manajemen sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Untuk alasan ini, koordinasi diperlukan untuk merencanakan kegiatan, staf, mengarahkan, dan mengendalikan.

Manajemen adalah ilmu. Dalam hal ini, Shrode (1972) mengatakan bahwa manajemen dapat dilihat sebagai serangkaian kegiatan atau proses untuk mengkoordinasikan dan menginterpretasikan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi (produktivitas) menggunakan orang melalui teknik dan informasi dalam saluran organisasi. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mengetahui dan menguasai pekerjaannya sehingga lebih mudah untuk memindahkan orang. Namun, seorang pemimpin tidak hanya cukup untuk mengetahui dan menguasai pekerjaan, tetapi juga harus mengetahui seni atau cara memindahkan orang. Salah satunya adalah dengan mengetahui secara mendalam pribadi bawahannya. James A.F. Stoner (1986) mengatakan bahwa manajemen adalah seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain.

B. Elemen Manajemen

Manajemen dapat diimplementasikan dengan baik jika unsur-unsur yang terkandung di dalamnya bersinergi dengan baik. Unsur-unsur ini, yaitu manusian (man), uang (money), bahan mentah (material), mesin (machine), dan metode (metode) atau yang sering disebut 5M.

1. Manusia (man) adalah elemen terpenting dalam manajemen karena manusia adalah aktor utama dalam manajemen pencapaian tujuan.

2. Uang (money) merupakan elemen penting dari produksi karena untuk menjalankan kegiatan usahanya setiap perusahaan pasti membutuhkan uang. Perusahaan membutuhkan uang untuk melakukan banyak hal, termasuk mengelola pendirian perusahaan, menyediakan modal usaha, pembelian peralatan, peralatan dan bahan baku, dan membayar gaji karyawan.

3. Bahan baku (material) sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bahan baku diperoleh dan diproses dengan cara yang efektif dan efisien.

4. Mesin (machine) mulai menggantikan banyak pekerjaan manusia setelah revolusi industri. Mesin-mesin yang digunakan semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi mesin. Mesin-mesin ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bisnis suatu perusahaan.

5. Metode (metode) diperlukan untuk memastikan kelancaran pekerjaan di sebuah perusahaan. Metode kerja yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga ada keselarasan antara metode kerja, mekanisme kerja, dan prosedur kerja.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah ilmu atau seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lain secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang didalamanya terdapat sinergi antar unsur-unsur seperti manusia, uang, bahan, mesin, dan metode. Semoga penjelasan mengenai Defini Manajemen di atas bisa bermanfaat. Terima kasih.
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar