Loading...
Loading...
Bidang-bidang Manajemen ~ Dalam artikel sebelumnya, kita membahas apa yang dimaksud dengan manajemen secara umum. Intinya, manajemen adalah alat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, manajemen dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan sehingga manajemen dibagi menjadi manajemen produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian, dan administrasi.

Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menjelaskan tentang bidang-bidang manajemen tersebut. Semoga bermanfaat.

bidang bidang manajemen, makalah bidang bidang manajemen, tugas manajemen produksi adalah, apa pentingnya manajemen administrasi, manfaat pengorganisasian adalah, makalah bidang bidang manajemen, sebutkan bagian dari kelompok manajemen, macam macam manajemen dan penjelasannya, bidang manajemen personalia, tugas manajemen produksi, penerapan fungsi manajemen, penerapan manajemen, sebutkan fungsi manajemen sumber daya manusia, makalah bidang bidang manajemen, sebutkan bagian dari kelompok manajemen, kegiatan manajemen produksi, penerapan fungsi manajemen, penerapan manajemen, makalah bidang bidang manajemen, tingkatan manajer dan tanggung jawab, bidang bidang manajemen brainly, fungsi manajemen sekolah adalah untuk, sebutkan fungsi manajemen sumber daya manusia, sarana manajemen yang paling utama adalah, ruang lingkup bidang bidang manajemen, makalah bidang bidang manajemen, poac, unsur unsur manajemen, bidang manajemen produksi badan usaha adalah, manajemen bidang produksi menangani masalah
Penjelasan 5 Bidang-bidang Manajemen | www.zonasiswa.com

1. Manajemen Produksi

Produksi dapat diartikan sebagai upaya manusia untuk mengubah dan mengolah sumber daya ekonomi menjadi bentuk dan kegunaan baru. Dengan kata lain, kegiatan produksi adalah kegiatan untuk membuat dan menambah penggunaan barang atau jasa menggunakan faktor produksi. Manajemen produksi adalah aktivitas mengatur faktor-faktor produksi untuk menciptakan atau menambah penggunaan barang atau jasa.

Pengaturan faktor produksi tidak dapat dipisahkan dari fungsi manajemen. Fungsi-fungsi manajemen ini meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian. Keempat fungsi manajemen dalam produksi sangat menentukan keberhasilan produksi. Tujuan manajemen produksi adalah mengatur produksi barang atau jasa dalam jumlah kualitas, harga, waktu, dan tempat-tempat tertentu sesuai kebutuhan konsumen.

Tujuan lain dari manajemen produksi adalah bahwa konsumen dan produsen atau perusahaan merasa puas dan menghasilkan keuntungan. Konsumen puas dengan barang dan jasa yang mereka beli. Produsen juga puas mendapatkan keuntungan dari produksi yang diproduksi dan dijual.

BACA JUGA:
1. Apa itu Manajemen?
2. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
3. Fungsi Manajemen

2. Manajemen Pemasaran

Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Selain itu, pemasaran juga diartikan sebagai aktivitas manusia yang dilakukan untuk mengantarkan barang dari produsen ke konsumen.
Berdasarkan pemahaman ini, manajemen pemasaran adalah kegiatan memaksimalkan fungsi pemasaran sehingga pertukaran atau pengiriman barang atau jasa dari produsen ke konsumen dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan.

Menurut J. Paul Peter & Donnelly, manajemen pemasaran terdiri dari analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan program yang dibuat untuk membawa perubahan pada target pemasaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan pemasaran, perusahaan harus menganalisis peluang pasar. Ini berarti bahwa dalam manajemen pemasaran perlu untuk menganalisis lingkungan pemasaran, analisis pesaing, dan perilaku pasar.

3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan perusahaan adalah kegiatan untuk mendapatkan dan menggunakan dana dengan tujuan meningkatkan atau memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan manajemen keuangan dalam perusahaan adalah manajemen ada fungsi keuangan. Pemahaman ini menunjukkan bahwa kegiatan yang menyangkut masalah keuangan (dana) dalam suatu organisasi atau perusahaan perlu dikelola dengan baik. Manajemen keuangan tidak hanya dibutuhkan oleh organisasi yang berorientasi laba atau keuntungan individu, tetapi juga oleh pemerintah.

Berdasarkan pengertian di atas, ada dua kegiatan utama yaitu fungsi manajemen keuangan, yaitu, a) fungsi memperoleh dana, yaitu cara mendapatkan dana paling menguntungkan; b) fungsi penggunaan dana adalah bagaimana menggunakan dana yang ada secara efektif dan efisien.

4. Manajemen Personalia (Kepegawaian)

Menurut Bambang Wahyudi, manajemen personalia adalah ilmu dan seni atau proses mendapatkan, memajukan atau mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang kompeten sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien dan mengarah pada kepuasan pribadi.

Sumber daya manusia, dalam hal ini pegawai atau karyawan merupakan faktor penting yang akan ditentukan untuk menentukan pencapaian tujuan suatu organisasi sehingga perlu perhatian serius. Personalia atau departemen kepegawaian memainkan peran penting. Tugasnya adalah mengatur, membina, memobilisasi, mengarahkan, dan mengembangkan karyawan untuk dapat menyelesaikan tugas mereka secara efektif dan efisien guna mendukung pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi.

5. Manajemen Administrasi

Menurut George R. Terry, manajemen administrasi merencanakan, mengendalikan, dan mempersonalisasikan pekerjaan kantor dan memindahkan mereka yang menerapkannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Berdasarkan pemahaman tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen administratif adalah penerapan fungsi manajemen di bidang perkantoran, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan kantor sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan karyawan merasa puas. Jadi fungsi manajemen kantor termasuk pengelolaan fungsi-fungsi ini.

BACA JUGA:
1. Prinsip-prinsip Manajemen
2. Kepemimpinan dalam Manajemen

Jadi, harus diingat ya, bidang-bidang manajemen itu ada 5 yang mencakup manajemen produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian, dan manajemen administrasi. Semoga penjelasan singkat mengenai ke-5 bidang manajemen di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran yang membangun untuk menyempurnakan artikel ini. Terima kasih.
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar