Descriptive Text ~ Membuat descriptive text bisa dimulai dari mencoba menggambarkan dengan kata benda, hewan, atau apapun di sekeliling kita. Hewan peliharaan, misalnya, merupakan hal yang menurut saya mudah untuk dijadikan contoh descriptive text. Karena kita tahu persis bentuk, ciri-ciri unik, dan tinkahlaku hewan peliharaan kesayangan kita. Jadi tinggal tulis ciri-ciri hewan peliharan kita, kemudian dijadikan descriptive text yang tentunya harus memenuhi syarat menggunakan generic structure dari desciptive text itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa menghadirkan contoh descriptive text tentang hewan peliharaan yaitu ikan koi. Contoh di bawah disertai juga dengan arti/terjemahan serta penjelasan dari contoh tersebut yang menjelaskan sedikit tentang generic structure dari contoh descriptive text ini. Semoga bermanfaat.

Descriptive Text, Generic Structure Descriptive Text, Fungsi Descriptive Text, Contoh Descriptive Text, Contoh Singkat Descriptive Text, Contoh Descriptive Text dan Arti, Contoh Descriptive Text tentang Benda, Contoh Descriptive Text tentang Tempat, Contoh Descriptive Text tentang Ibu, Contoh Descriptive Text tentang Hewan.
Gambar Illustrasi Ikan Koi Berwarna Hitam, Putih, dan Merah. ~ www.zonasiswa.com

My Koi Fish

My house is not big, yet my father manage to get a small pond in the front yard. There are many fish who live there, like gold fish and koi. I don't know how many exactly the amount of the gold fish and koi in my pond. But among those fish, there is a fish I love the most, that is the biggest koi in the pond.

My favorite koi was the biggest among other fishes who live in my pond. May be because it's big size that it looks like a king among other fish in the pond. Because it's size too, this koi fish is easily visible and recognizeable among other fish.

Beside it sized, other things that I like from this fish is its colors. A koi fish is famous with its various colors; black, white, red, yellow, and blue. And my favorite fish has three colors, red, white, and black which spread allover its body. Those colors in its body form a uniqe pattern. My favorite koi fish has a pattern which looks like a hat in its head. That's why l love this koi.

Arti/Terjemahan:

Ikan Koi Saya

Rumah saya tidak besar, tetapi ayah saya berhasil mendapatkan kolam kecil di halaman depan. Ada banyak ikan yang hidup di sana, seperti ikan emas dan ikan koi. Saya tidak tahu berapa tepatnya jumlah ikan emas dan koi di kolam saya. Tetapi di antara ikan-ikan itu, ada ikan yang paling saya sukai, yaitu ikan koi terbesar di kolam.

Koi favorit saya adalah yang terbesar di antara ikan-ikan lain yang tinggal di kolam saya. Mungkin karena ukurannya yang besar yang terlihat seperti raja di antara ikan lain di kolam. Karena ukurannya juga, ikan koi ini mudah terlihat dan mudah dikenali di antara ikan lainnya.

Selain ukurannya, hal lain yang saya suka dari ikan ini adalah warnanya. Ikan koi terkenal dengan berbagai warnanya; hitam, putih, merah, kuning, dan biru. Dan ikan favorit saya memiliki tiga warna, merah, putih, dan hitam yang tersebar di seluruh tubuhnya. Warna-warna di tubuhnya membentuk pola unik. Ikan koi favorit saya memiliki pola yang terlihat seperti topi di kepalanya. Itu sebabnya saya suka ikan koi ini.

Dari contoh di atas, kita bisa identifikasi bahwa paragraf pertama merupakan 'identification' yang bertujuan untuk memperkenalkan hal apa yang akan dideskripsikan. Itu nampak jelas di kalimat akhir yang mana penulis menyatakan ikan favoritnya di kolam adalah ikan koi. Dari itu, kita bisa tahu bahwa hal yang akan dideskripsikan dalam contoh di atas adalah tentang ikan koi favorit penulis.

Di paragraf ke-2 dan ke-3, si penulis mencoba mendeskripsikan atau menggambarkan ciri-ciri mencolok dari ikan favoritnya. Dimulai dari ukuran, kemudian warna, dan pola warnya. Dari deskripsinya, kita bisa bayangkan bahwa ikan koi favoritnya berukuran besar, berwarna merah, putih, dan hitam, dan memiliki pola seperti topi di kepalanya.

Demikianlah salah satu Contoh Descriptive Text Singkat tentang hewan, semoga apa yang dicontohkan dan penjelasan contoh di atas bisa menambah pemahaman kita tentang generic structure dari descriptive text dan ciri-cirinya. Apabila ada pertanyaan mengenai descriptive text, silahkan tulis saja melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar