Procedure Text ~ Procedure Text bagi saya pribadi merupakan jenis teks yang terhitung mudah untuk dibuat. Kenapa? Karena procedure text hanya berisikan kalimat imperative (perintah) yang disusun procedural yaitu sistematis dari yang pertama hingga yang terakhir. Tidak cuma itu, procedure text juga hanya menggunakan simple present tense, jadi bagi kalian yang belum belajar tentang bentuk irregular dan regular verb tidak menjadi masalah. Procedure text juga hanya tersusun atas dua structure, yaitu aim (tujuan) dan steps (langkah-langkah), untuk itu procedure text tidak membutuhkan banyak kata. 

Berikut ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap mengenai cara membuat procedure text. Tidak cuma itu, untuk melengkapi penjelasan procedure text, akan disertakan juga 12 contoh singkat procedure text beserta artinya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Procedure Text, Penjelasan Procedure Text, Contoh Procedure Text, Contoh Singkat Procedure Text, Contoh Procedure Text dan Artinya, Contoh Procedure Text tentang Makanan, Contoh Procedure Text tentang Minuman, Pengertian Procedure Text, Generic Structure Procedure Text.
Cara Membuat Procedure Text + Contoh Lengkap | www.zonasiswa.com

A. Cara Membuat Procedure Text

Membuat procedure text itu mudah, dan semua orang bisa melalukannya. Ikuti langkah-langkah berikut sebagai guide untuk dapat menulis procedure text yang baik.

1. Tentukan tema procedure text yang ingin dibuat. Tips, awali dengan kalimat "cara membuat ..." atau "cara menggunakan ..." dalam menentukan tema sekaligus jugul procedure text. Pastikan aktivitas yang kita akan buat procedure text merupakan aktivitas yang mudah dan kita tahu atau pernah melakukannya. Misalnya, kita akan membuat contoh procedure text "Cara Membuat Kopi."

2. Pikirkan bahan-bahan dan alat yang digunakan. Dalam membuat kopi, kita membutuhkan bahan-bahan seperti; air, kopi bubuk, dan gula. Sedangkan alat untuk membuat kopi adalah sendok, gelas cangkir, kompor, dan panci.

3. Setelah kita catatat bahan dan alat yang diperlukan, kita lanjut menuliskan langkah-langkah dalam membuat kopi, dimulai dari yang pertama dan yang terakhir. 

  • Pertama, kita akan memasak air dalam membuat kopi. Untuk membuat air panas kita memerlukan air, kompor, dan panci. 
  • Kedua, saat menunggu air panas, biasanya kita siapkan kopinya. Dalam menyiapkan kopi kita memperlukan bubuk kopi, gula, sendok, dan gelas cangkir. 
  • Ketiga, setelah air mendidih, tuangkan air ke dalam gelas cankir dimana kopi dan gula sudah ditambahkan.
  • Terakhir, biasanya kita aduk kopi agar campurannya merata.

4. Setelah ke-3 langkah di atas sudah selesai, siapkan kamus. Tulis kata yang kamu tidak tahu bahasa Inggrisnya. Misalnya, kopi=coffee, gula=sugar, gelas cangkir=a cup, memasak air=boil water, kompor=a stove, aduk=stir, sendok=a spoon, dan lain sebagainya.

5. Setelah semua siap, kita langusung membuatnya dengan membuat judul terlebih dahulu yang kita ambil dari tema yang kita tentukan di langkah pertama. Judulnya adalah "How to Make a Cup of Coffee".

6. Setelah menuliskan judul, sertakana bahan dan alat yang digunakan. Kamu bisa menuliskan, 'To make a cup of coffee, we need coffee powder, sugar, water, a cup, a spoon,  a pan, and a stove.

7. Setelah menuliskan bahan dan alat yang digunakan, kita lanjut menuliskan langkah-langkahnya. Kamu bisa menuliksan, 'Here are some steps to make a cup of coffee.' Yang kemudian dilanjutan dengan langkah-langkah yang kita rumuskan di tahap ke-3 di atas. Seperti, 'first, boil water in a pan by using a stove. Prepare coffee powder and sugar in a cup. Pour the boild water into a cup. The last, stir it and then serve it.

B. Contoh-contoh Procedure Text

Dari langkah-langkah di atas, kita bisa buat contoh procedure text seperti berikut:

How to Make a Cup of Coffee

To make a cup of coffee, we need coffee powder, sugar, water, a cup, a spoon, a pan, and a stove. Here are some steps to make a cup of coffee.
1. First, boil water in a pan by using a stove. 
2. Prepare coffee powder and sugar in a cup. 
3. Pour the boiled water into a cup. 
4. The last, stir it and then serve it.

Untuk menmbah pemahaman teman-teman sekalian tentang apa itu procedure text dan cara membuatnya, berikut ini kami sertakan beberapa contoh procedure text singkat beserta artinya sebagai materi tambahan agar teman-teman sekalian dapat lebih mengerti.

Contoh Procedure Text tentang Makanan

Contoh Procedure Text tentang Minuman

Demikianlah penjelasan tentang Procedure Text, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian dalam belajar materi teks bahasa Inggris. Apabila ada pertanyaaan, seilahkan saja tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar