Pelanggaran HAM ~ Hak asasi manusia merupakan hak yang paling mendasar atau pokok yang dikaruniahkan kepada manusia sejak lahir oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi manusia terdiri atas hak hidup, hak memiliki sesuatu, dan hak kemerdekaan.

Universal merupakan salah satu sifat hak asasi manusia. Artinya adalah hak asasi mansuia berlaku untuk semua manusia tanpa membedakan ras, bangsa, etnik, dan kedudukan. Masyarakat internasional telah menghasilkan beberapa konvensi atau perjanjian internasional yang pada intinya menjamin pelaksanaan dan penegakan hak asasi manusia. Selain itu, di kawasan regional juga ada konvensi internasional hak asasi manusia.

Namun begitu, pelanggaran hak asasi manusia nampaknya masih menjadi permasalahan pelik di dunia internasional. Tercatat, terdapat beberapa pelanggaran hak asasi manusia yang melibatkan masyarakat dunia. Nah berikut di bawah ini Zona Siswa akan menjelaskan jenis-jenis Pelanggaram HAM. Semoga bermanfaat.

Hak Asasi Manusia, HAM, Pengertian HAM, Sejarah HAM, Pelanggaran HAM, Jenis-jenis Pelanggaran HAM, Kejahatan Genosida, Kejahatan Kemanusiaan, Pembajakan dan Perampokan, Kejahatan Perang.
Jenis Jenis Pelanggaran HAM | www.zonasiswa.com

1. Kejahatan Genosida

Kejahatan genocide adalah perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa/ras. Tindakan pelanggaran hak asasi manusia ini adalah yang paling mengerikan dan membahayakan bagi kehidupan suatu bangsa. Contoh tindakan genosida terjadi pada Perang Dunia II ketika Hitler yang kala itu menjadi penguasa Jerman hendak menghilangkan hak hidup bangsa Yahudi. Ribuan orang Yahudi mati di kamp-kamp konsentrasi.

Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:
- membunuh anggota kelompok,
- mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok,
- menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya,
- memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok,
- memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.

2. Kejahatan Kemanusiaan

Kejahatan kemanusiaan adalah perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahui bahwa serangan itu ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, misalnya pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, penyiksaan, pemerkosaan, penghilangan orang secara paksa, dan kejahatan apartheid.

3. Pembajakan dan Perampokan
Pembajakan adalah tindakan kejahatan yang dilakukan di pesawat udara, sedangkan perampokan adalah kejahatan yang dilakukan di laut.

4. Kejahatan Perang
Kejahatan perang adalah tindakan kejahatan yang umumnya dilakukan oleh pribadi pada saat perang dan berakibat banyak korban yang terlibat dalam peperangan itu, misalnya kejahatan Perang Dunia II.

BACA JUGA:
1. Pengertian HAM
2. Sejarah HAM

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Jenis Jenis Pelanggaran HAM, semoga apa yang dipaparkan di atas bisa memberikan informasi tambahan bagi teman-teman yang sedang memempelajari materi Hak Asasi Manusia. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar