Manfaat Tomat ~ Tomat sering dianggap sebagai sayuran, meskipun dalam kenyataannya tomat termasuk dalam buah-buahan. Entah Kita menyebut tomat buah atau sayur, yang pasti tomat mengandung nutrisi yang besar dan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan Kita.

Tomat juga mengandung banyak vitamin A, C, K, folat dan kalium serta thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan zinc, yang semuanya diperlukan untuk menjaga kesehatan Kita tetap baik. Bagian yang terbaik dari tomat adalah bahwa buah ini secara alami rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. 

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari tomat. 

Manfaat Tomat, Manfaat Kesehatan Tomat, Manfaat Tomat untuk Kulit, Manfaat Tomat untuk Tulang, Manfaat Tomat untuk Mata, Manfaat Tomat untuk Rambut, Manfaat Tomat untuk Gula Darah, Manfaat Tomat untuk Kanker, Manfaat Tomat untuk Berat Badan, Manfaat Tomat untuk Tidur, Manfaat Tomat untuk Tekanan Darah, Manfaat Tomat untuk Peradangan.
10 Manfaat Kesehatan Tomat yang Jarang Diketahui | www.zonasiswa.com

1. Menjaga Kesehatan Kulit 

Mengkonsumsi tomat secara teratur akan membantu membuat kulit Kita tampak sehat. Tomat memiliki kandungan lycopene, antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Tomat juga membuat kulit tidak sensitif terhadap sinar ultraviolet yang merusak, salah satu penyebab utama yang membuat garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Tomat juga dapat digunakan untuk memperkecil pori-pori yang besar, menyembuhkan jerawat dan ruam atau mengobati luka bakar ringan. Mengoleskan tomat pada kulit kusam adalah cara sederhana untuk mengembalikan cahaya kulit yang sehat.

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Tomat baik untuk tulang Kita karena mengandung vitamin K dan kalsium di dalamnya. Kedua elemen ini sangat baik untuk menguatkan dan memperbaiki tulang.

Antioksidan lycopene pada tomat juga terbukti dapat meningkatkan massa tulang, yang merupakan cara efektif untuk melawan osteoporosis, sebuah penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang, cacat, dan kelainan bentuk.

3. Meningkatkan Penglihatan

Tingginya jumlah vitamin A dan C pada tomat dapat sangat membantu meningkatkan penglihatan Kita dan mencegah kebutaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin A dalam tomat membantu mengurangi risiko kemunduran makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diubah.

Tomat juga dapat mengurangi risiko terkena katarak. Ditambah lagi, tomat mengandung antioksidan fitokimia zeaxanthin, lutein dan lycopene. Semua senyawa ini melindungi mata dari kerusakan ringan.

4. Mengurangi Masalah Rambut

Tomat bahkan dapat membuat rambut Kita terlihat lebih baik. Vitamin (terutama vitamin A) dan zat besi yang ada dalam tomat membantu memperkuat rambut serta membuat bersinar rambut yang kusam, rusak dan mati.

Ditambah lagi dengan, keasaman dalam tomat membantu menyeimbangkan kadar pH pada rambut Kita, yang pada akhirnya dapat membantu menghilangkan pewarna rambut dan mempertahankan warna alami rambut Kita.

Jika Kita memiliki kulit kepala yang gatal dan berketombe, cukup gunakan jus tomat segar pada kulit kepala dan rambut setelah keramas, biarkan selama empat sampai lima menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Catatan: Jangan gunakan tomat pada rambut Kita secara teratur karena keasaman yang ada pada tomat dapat membuat rambut Kita kering.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tomat adalah makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah mereka. Tomat mengandung sangat sedikit karbohidrat, yang membantu mengontrol tingkat glukosa urin (urine glucose level).

Tomat juga merupakan sumber kromium yang sangat baik yang membantu mengatur gula darah, serta serat yang telah terbukti mampu menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam tomat juga memberikan perlindungan ke ginjal dan aliran darah, dua area yang sering terkena diabetes. Pada akhirnya, makanan rendah kalori seperti tomat dapat bermanfaat bagi penderita diabetes mencoba untuk menurunkan berat badan.

6. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menunjukkan bahwa makan lebih banyak tomat menurunkan risiko kanker prostat.

Tomat juga dapat menurunkan risiko kanker lain seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker leher rahim, kanker mulut, kanker faring, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan,  kanker usus besar,  kanker rektum, dan kanker ovarium. Hal ini terutama disebabkan oleh lycopene antioksidan yang terdapat dalam tomat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa manfaat anti-kanker dari tomat dimaksimalkan ketika tomat dimasak dengan minyak zaitun.

7. Mengontrol Berat Badan

Tomat juga dapat membantu Kita menurunkan berat badan. Tomat sangat rendah lemak dan memiliki nol kolesterol. Tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga tobat membantu mengisi perut Kita dengan cepat tanpa banyak kalori.

Jadi, jika Kita berencana untuk menurunkan berat badan, masukan tomat ke dalam rencana menu diet Kita. Kita dapat memakannya mentah-mentah seperti apel atau menambahkannya ke salad, sandwich dan makanan lainnya.

8. Mendorong Tidur Lebih Baik

Menurut sebuah penelitian dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, Kita yang mengkonsumsi lebih banyak lycopene dapat menikmati tidur lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak. Tomat mengandung jumlah lycopene yang baik.

Juga, dengan memasukkan kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam diet Kita dapat meningkatkan tidur yang lebih nyenyak dan tomat adalah sumber vitamin C. Jadi, jika Kita tidak tidur dengan baik, cobalah makan sup tomat atau salad tomat saat makan malam.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Tomat, yang kaya akan kalium, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Telah ditemukan bahwa tekanan darah dapat meningkat ketika diet Kita tidak memiliki kalium, terutama jika Kita mengkonsumsi terlalu banyak sodium. Kalium membantu mengeluarkan natrium dari tubuh Kita.

Hanya satu cangkir tomat segar mengandung 11,4 persen dari kebutuhan kalium harian Kita, jadi makan lebih banyak tomat adalah cara yang bagus untuk memerangi tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung.

Pada saat yang sama, tomat mengandung berbagai nutrisi yang kuat seperti lycopene, vitamin A, C, serat, dan karotenoid yang bekerja sama untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Mengurangi Nyeri Peradangan dan Penyakit Kronis

Tomat bahkan dapat mengurangi nyeri, karena keberadaan anti-inflamasi seperti bioflavonoid dan karotenoid. Mereka yang secara teratur menderita nyeri dari ringan sampai sedang sering mengalami peradangan. Mengurangi peradangan akan secara otomatis memberikan bantuan terhadap nyeri.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari dapat mengurangi kadar TNF-alpha, yang menyebabkan peradangan, sebesar 34 persen. Tomat adalah makanan yang baik untuk orang yang menderita penyakit kronis, masalah kesehatan degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis dan Alzheimer.

Jadi lain kali saat Kita belanja, jangan lupa untuk menambahkan tomat ke keranjang Kita. Makan tomat adalah cara yang mudah dan lezat untuk tetap sehat.

Semoga penjelasan di atas tentang Manfaat Kesehatan Tomat, bisa bermanfaat bagi Sobat sekalian. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar