Negara Terkecil di Dunia ~ Dengan lebih dari 194 negara di dunia, mudah untuk berpikir bahwa kata "negara" sama dengan luas daratan dengan jumlah orang yang banyak. Beberapa negara sangat kecil sehingga kota-kota di negara lain adalah raksasa dibandingkan dengan mereka. Sebagian besar ditemukan di Eropa, Karibia, dan Pasifik, ada banyak negara di dunia dengan luas kurang dari 400 kilometer persegi. 10 negara terkecil di dunia mencakup area seluas 1491,4 km ² yang lebih kecil dari wilayah kota Houston, Texas (1625,2 km ²)

Tapi jangan salah, beberapa dari negara-ngera terkecil ini merupakan negara kaya loh, ada juga yang memiliki keindahan yang luar biasa. Mari kita lihat 10 negara terkecil di dunia berikut. | Zona Siswa

Fakta Unik, Info Menarik, Negera Terkecil di Dunia, 10 Negara Terkecil di Dunia,
10 Negara Paling Kecil di Dunia | www.zonasiswa.com

10. Malta - 316 km²

Malta adalah negara kepulauan yang terletak di Laut Mediterania. Republik Malta sebenarnya terdiri dari tiga pulau: Gozo, Comino, dan Malta. Malta adalah pulau terbesar dari ketiganya. Negara kecil ini memiliki populasi lebih dari 450.000 jiwa, menjadikannya salah satu negara berpenduduk padat di dunia. Malta memiliki objek wisata yang terbilang cukup populer. Orang-orang dari seluruh dunia datang ke Malta untuk menikmati cuaca cerah, pantai yang menarik, sejarah yang kaya, dan kehidupan malam yang semarak. Malta terdiri dari 116 kilometer persegi, yang menempatkannya di nomor sepuluh negara terkecil di dunia.

9. Maladewa - 300 km²

Siapa yang tidak tahu Maladewa (Maldives), yang merupakan tujuan wisata yang populer di Samudra Hindia. Maladewa adalah negara terkecil di Asia dalam hal wilayah dan populasi. Ada lebih dari 1.192 pulau karang di Maladewa yang tersebar di wilayah yang luasnya 90.000 km persegi. Hal tersebut menjadikan Maladewa sebagai salah satu negara dengan wilayah yang paling tersebar di dunia. Negara ini pernah menjadi koloni banyak kerajaan, Portugis, Belanda, dan Inggris, namun akhirnya merdeka pada tahun 1965. Saat ini, Maladewa memiliki ekonomi pariwisata yang dinamis karena pantai pasir putihnya yang terkenal dan air lautnya yang biru jernih. Maladewa adalah negara terkecil kesembilan di dunia dengan luas lahan yang memiliki total 300 kilometer persegi.

8. Saint Kitts dan Nevis - 261 km²

2 pulau yang terletak di Karibia ini adalah beberapa pulau pertama yang diduduki oleh orang Eropa. Mereka menempati total 261 kilometer persegi, yang membuat Grenada menjadi negara terkecil kedelapan di dunia. Perekonomiannya bergantung pada pariwisata, pertanian, dan industri manufaktur kecil. Pulau-pulau ini juga menyediakan tempat menyelam yang fantastis karena kekayaan kehidupan lautnya. Sebagai pengekspor gula utama selama berabad-abad, perkebunan besar di Grenada sekarang menjadi perkebunan indah yang telah diubah menjadi hotel dan resor.

7. Kepulauan Marshall - 181 km²

Kepulauan Marshall, yang secara resmi disebut Republik Kepulauan MarshalI, adalah sebuah negara kepulauan yang dapat ditemukan di Samudera Pasifik, kira-kira berada disetengah perjalanan dari Negara Bagian Hawaii ke benua Australia. Kepulauan Marshall merupakan bagian dari Mikronesia. Daerah yang dikelilingi kepulauan ini sangat biodiverse, dan mencakup lebih dari 800 spesies ikan serta 160 karang. Daerah di sekitar Kepulauan Marshall juga dijumpai sejumlah bangkai kapal bekas perang dunia dulu. Dengan luas 181 kilometer persegi, Kepulauan Marshall adalah negara terkecil ketujuh di dunia.

6. Liechtenstein - 160 km²

Sebuah negara berbahasa Jerman, inilah satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya berada di Pegunungan Alpen. Terletak antara Swiss dan Austria, Liechtenstein adalah negara terkaya di dunia oleh PDB per kapita, dengan tingkat pengangguran terendah (1,5%). Masuk ke negara ini sedikit rumit, karena tidak ada bandara di dalam perbatasannya. Pengunjung harus melalui Bandara Zurich Swiss untuk mencapai negara Alpine yang masih diperintah oleh seorang pangeran! Dengan 160 kilometer persegi, Liechtenstein adalah negara terkecil keenam di dunia.

5. San Marino - 61 km²

Dikelilingi sepenuhnya oleh Italia, San Marino juga dikenal sebagai Republik San Marino. Dengan total 61 kilometer persegi, menjadikan San Marino menjadi negara terkecil kelima di dunia. San Marino mengklaim sebagai negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia, dan juga merupakan salah satu negara terkaya dalam hal PDB per kapita. Negara terkecil ke-3 di Eropa ini memiliki populasi hanya 30.000.

4. Tuvalu - 26 km²

Dahulu dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu terletak di Samudra Pasifik timur laut Australia. Dengan total 26 kilometer persegi, Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia. Ada sekitar 10.000 penduduk, dengan hanya memiliki 8 km jalan, dan hanya satu rumah sakit yang ada di pulau utama. Negara ini pernah menjadi wilayah Inggris namun merdeka pada tahun 1978. Karena lokasi negara lebih jauh, pariwisata tidak terlalu signifikan. Pada tahun 2010, kurang dari 2.000 pengunjung datang ke Tuvalu, dengan 65% dari mereka datang untuk bisnis.

3. Nauru - 21 km²

Sebuah negara kepulauan yang terletak di sebelah timur Australia, Nauru adalah negara kepulauan terkecil di dunia. Diketahui pada tahun 1980an untuk pertambangan fosfat yang booming tapi sekarang menjadi pulau yang sepi dari turis. Dahulu dikenal sebagai Pulau Pleasant, sumber daya fosfatnya sekarang habis, menyebabkan tingkat pengangguran nasional 90%, dan sisanya 10% dipekerjakan oleh pemerintah. Nauru juga dikenal sebagai negara dengan orang yang paling gemuk di dunia, dengan 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Karena ini, Nauru juga merupakan rumah bagi diabetes tipe 2 tingkat tertinggi di dunia, dengan 40% penduduknya menderita penyakit ini. Nauru memiliki total 21 kilometer persegi, yang menjadikannya negara terkecil ketiga di dunia.

2. Monaco - 2 km²

Terletak di Riviera Perancis, Monaco adalah rumah bagi jumlah jutawan dan miliarder terbesar di dunia. Ini juga merupakan negara terkecil kedua di dunia, dengan luas wilayah hanya 2 kilometer persegi. Dikenal dengan industri pariwisata, Monaco merupakan taman bermain favorit orang kaya dan terkenal. Dibatasi oleh Prancis di tiga sisi dan di satu sisi oleh Laut Mediterania, penduduk Monaco kebanyakan berbahasa Prancis. Dengan populasi lebih dari 36.000, Monaco adalah negara berpenduduk paling padat di dunia. Acara tahunan yang paling populer adalah lomba Formula 1, dengan trek yang melewati jalanan kota.

1. Kota Vatikan - 0,44 km²

Negara terkecil di dunia adalah Vatikan, yang juga dikenal sebagai Tahta Suci. Dengan hanya 0,44 kilometer persegi, Vatican City adalah negara terkecil di dunia. Negara ini sepenuhnya berada di tengah-tengah ibukota Italia-Roma dan merupakan pusat Gereja Katolik. Vatikan juga merupakan rumah bagi gereja terbesar di dunia - Basilika Santo Petrus, yang memegang beberapa karya seni Renaisans yang paling penting seperti The Pieta dan Penciptaan Adam. Penghasilannya berasal dari sumbangan sukarela dari lebih dari 1 miliar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Sisa ekonominya berasal dari penjualan perangko, kenang-kenangan wisata, dan biaya masuk museum.

Itulah ke-10 negara terkecil di dunia semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar