Manfaat Nanas ~ Nanas adalah buah tropis yang banyak mengandung air dengan mahkota seperti raja yang dihargai tidak hanya untuk rasa manis dan asam khas buah nanas tetapi untuk manfaat kesehatan dari buah nanas yang juga luar biasa.

Buah ini sarat dengan antioksidan, serat, vitamin A dan C, thiamin, kalsium, potasium, fosfor, mangan dan folat. Manfaat lain adalah bahwa nanas rendah sodium dan lemak. Ditambah lagi, karena rendah kalori, nanas diyakini menjadi teman berdiet yang baik. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari nanas. | Zona Siswa

Manfaat Buah Nanas, Buah Nanas, Manfaat Kesehatan Buah Nanas, Manfaat Kecantikan Buah Nanas,
10 Manfaat Buah Nanas yang Perlu Kamu Tahu | www.zonasiswa.com

1. Membantu Pencernaan

Nanas baik untuk pencernaan dan juga menenangkan lapisan lambung dan usus. Nanas yang kaya akan serat baik larut dan tidak larut, dan mengandung bromelain, suatu enzim proteolitik yang memecah protein dan membantu pencernaan. Nanas juga membantu menyembuhkan infeksi saluran usus. Selain itu, jus nanas bekerja sebagai obat cuci perut alami sehingga mengobati sembelit.

2. Meningkatkan Imunitas (Daya Tahan Tubuh)

Nanas dikemas dengan vitamin C, yang sangat penting untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Nanas melindungi tubuh dari virus dan meningkatkan ketahanan terhadap demam, flu, infeksi telinga dan penyakit menular lainnya.

Vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Penumpukan radikal bebas memberikan kontribusi terhadap penumpukan plak pada arteri yang mengarah ke aterosklerosis, penyebab utama penyakit kardiovaskular.

3. Meredakan Morning Sickness (Mual Saat Mengidam)

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan nanas dipagi hari dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh morning sickness (Mual Saat Mengidam). Sebuah pengobatan tradisional juga menyarankan minum jus nanas untuk mengurangi morning sickness.

Hilangnya rasa mual dapat dikaitkan dengan tingginya vitamin dan kandungan mineral pada nanas, khususnya vitamin B6 yang membantu meringankan mual akibat kehamilan.

4. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Nanas adalah buah yang sangat baik bagi Kita yang sedang diet untuk menurunkan berat badan karena nanas mengisi Kita dan memberikan energi tanpa menambahkan terlalu banyak kalori. Satu-setengah cangkir nanas segar memiliki kurang dari 60 kalori. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan serat yang membuat Kita merasa kenyang lebih lama.

5. Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi rutin buah nanas juga mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi karena buah nanas yang sarat dengan potasium dan rendah sodium.

Satu cangkir nanas mengandung sekitar satu mg sodium dan 195 mg potasium. Tingginya tingkat potasium membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan tingkat sodium yang lebih tinggi meningkatkan tekanan darah.

6. Melawan Peradangan

Nanas mengandung bromelain yang bekerja sebagai zat anti-inflamasi alami. Zat ini melawan peradangan yang terkait yang disebabkan tendinitis, keseleo, strain dan cedera otot ringan, dan juga membantu meringankan memar. 

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kaya akan vitamin A, nanas sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi terhadap proses kemunduran makula, penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang tua.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi atau lebih nanas setiap hari dapat menurunkan risiko Kita terkena penurunan makula yang disebabkan karena faktor usia sebesar 36 persen dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi nanas per hari.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Nanas merupakan sumber mineral mangan yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Bahkan, rendahnya tingkat mangan berhubungan langsung dengan kelainan tulang dan pengeroposan tulang yang mengarah ke rendahnya kepadatan tulang dan osteoporosis. Mangan juga melindungi sel dari radikal bebas, sehingga memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit kronis termasuk kanker.

9. Membuat Kulit Bercahaya

Nanas sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kulit bercahaya karena nanas kaya akan kandungan vitamin C yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan meningkatkan kecerahan kulit. Ditambah lagi, enzim pada nanas yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Buah yang kaya akan antioksidan ini juga baik untuk perawatan anti-aging.

10. Mendukung Kesehatan Mulut

Tingginya kandungan vitamin C dalam nanas membantu mencegah pembentukan plak pada gigi dan pada akhirnya mampu mengurangi risiko penyakit gusi. Penelitian menunjukkan bahwa rendahnya asupan vitamin C berkaitan dengan tingginya tingkat penyakit periodontal.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa bromelain pada nanas bekerja sebagai penghilang noda alami. Oleh karena itu, nanas membantu memutihkan dan mencerahkan gigi Kita.

Makanan asam seperti nanas, bagaimanapun, cenderung untuk melunakkan email gigi, membuka jalan bagi kerusakan gigi. Jadi, pastikan Kita membilas mulut Kita secara keseluruhan dengan air setelah makan nanas atau minum jus nanas.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari buah tropis ini, makanlah nanas yang masih segar daripada versi kalengan. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar