Bitcoin ~ Dengan kenaikan harga bitcoin yang eksponensial, banyak orang ingin memilikinya sebagai bentuk investasi. Tapi sebelum membelanjakan uang kamu untuk membeli bitcoin, yuk baca dulu fakta-fakta unik dan menarik seputar bitcoin berikut.

10 Fakta Bitcoin yang Paling Menarik ~ Zona Siswa

Bitcoin, Fakta Menarik Bitcoin, Fakta Mengejutkan Bitcoin, Fakta Lucu Bitcoin.
10 Fakta Menarik tentang Bitcoin

1. Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, masih menjadi sosok misteri
Satoshi Nakamoto adalah nama yang digunakan oleh orang yang mendesain bitcoin tapi masih ada keraguan tentang identitas sebenarnya. Selama bertahun-tahun, banyak orang telah dikaitkan dengan sosok tersebut, termasuk Nick Szabo, Dorian Nakamoto, Hal Finney, Craig Steven Wright, dan lainnya. Beberapa orang menganggap Nakamoto mungkin merupakan nama dari tim yang terdiri dari beberapa orang. Pada Mei 2017, Nakamoto diyakini memiliki sekitar 1 juta bitcoin dengan nilai lebih dari $ 2 miliar.

2. Bitcoin terbatas jumlahnya
Kamu mungkin sudah pernah mendengar tentang pertambangan bitcoin, proses yang menggunakan bitcoin dihasilkan secara digital. Jadi, apakah ini berarti ada jumlah bitcoin yang tak terbatas? Bukan itu masalahnya. Jadwal yang telah ditentukan telah membatasi jumlah bitcoin. Mereka perlahan mendekati total 21 juta dan proses penambangan semakin sulit setiap harinya.

3. Tidak mungkin mengetahui detail pengirim / penerima
Alamat bitcoin adalah string panjang dari 34 karakter alfanumerik. Dengan menggunakan alamat itu, tidak mungkin memberi tahu penerima. Mungkin, inilah alasan mengapa sebagian besar transaksi ilegal dilakukan dengan menggunakan bitcoin. Untuk melindungi privasi lebih jauh lagi, sebagian besar program dompet memberi pengguna ID portofolio, yang juga digunakan sebagai nama pengguna.

4. Pizza adalah barang pertama yang dibeli dengan menggunakan bitcoin
Bitcoin telah telah ada sejak tahun 2010. Saat pertama kali digunakan untuk melakukan pembayaran, seorang programmer dari Florida, Laszlo Hanyecz menghabiskan 10.000 Bitcoin untuk membeli dua pizza Papa John pada tahun 2010. Padahalsatu Bitcoin saat ini berharga sekitar $ 15.000.

5. Jaringan Bitcoin jauh lebih hebat dibanding superkomputer
Menurut para ahli, jaringan Bitcoin memiliki daya komputasi 2.046.364 Pflop/s. Jika kamu menggabungkan daya komputasi dari 500 superkomputer terkuat, kamu hanya akan mendapatkan daya 274 Pflop/s.

6. Bitcoin telah dikirim ke luar angkasa
Pada tahun 2016, Genesis Mining, penyedia pertambangan awan bitcoin, mengatur bitcoin ke luar angkasa. Ini dilakukan dengan menggunakan model bitcoin 3D dan dompet kertas bitcoin, yang terkait dengan balon cuaca. Seluruh perjalanan direkam menggunakan GoPro yang difokuskan pada model dan dompet. Begitu balon cuaca mencapai ketinggian 20 kilometer, tim ground melakukan transaksi ke dompet kertas. Transfer lain dilakukan ke dompet setelah mencapai ketinggian maksimum 34 km.

7. Transfer bitcoin tidak dapat diubah
Transaksi bitcoin, mata uang pilihan yang terlibat dalam transaksi barang ilegal, tidak dapat dibalikkan. Tidak seperti platform populer seperti PayPal, kamu tidak mendapatkan kesempatan kedua saat melakukan transaksi.

8. FBI memiliki salah satu dompet bitcoin terbesar di dunia
Ketika FBI menutup operasi Silk Road, organisasi itu juga menyita aset pemiliknya. Dalam proses itu, FBI juga menjadi salah satu pemilik bitcoin terkaya di dunia, Sebuah laporan dari majalah Wired mengklaim bahwa FBI mengendalikan sebanyak $ 120 juta.

9. Kehilangan dompet bitcoin berarti kehilangan bitcoin tersebut
Sama seperti kamu menyimpan uang di rekening bank online, bitcoin kamu disimpan di dompet bitcoin. Ini adalah dompet penyimpanan yang sangat aman. Tapi, jika kamu kehilangannya, bitcoin kamu akan hilang untuk selamanya. Juga tidak mungkin seseorang menggunakan bitcoin kamu dari dompet sampai kamu memberikannya kepada mereka. Juga, jika kamu memiliki alamat bitcoin, kamu bisa melihat jumlah bitcoin pemiliknya.

10. Bitcoin diprediksi akan jatuh
Sejak diluncurkan, dalam satu dekade terakhir, bitcoin telah menjadi salah satu fenomena terpenting di dunia digital. Harganya sudah menyentuh ribuan dollar. Namun, harga terus berfluktuasi dan tetap stabil. Prediksi juga telah dibuat bahwa bitcoin mungkin jatuh di masa depan jika mengikuti jalur saat ini. Ini karena sejumlah kecil orang, sekitar 10, mengendalikan sebagian besar bitcoin. 

Demikianlah fakta unik menarik tentang bitcoin semoga bermanfaat. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih…