Pengertian Perubahan Sosial ~ Segala sesuatu, baik yang bergerak atau pun tidak, pasti akan mengalami perubahan. Segelas air yang diletakan di meja, tidak akan selamanya sama, pasti akan mengalami perubahan, apakah itu diminum, tumpah, atau pun berubah waranya karena terkena debu. Begitu pula pada kita, Manusia. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang sempurna, dikaruniahi dengan akal dan budi. Karenanya, perubahan demi perubahan muncul, termasuk perubahan dalam bidang sosial. Bagi yang sedang mempelajari Sosiologi, pasti akan bertemu dengan istilah perubahan sosial (social change). Apakah perubahan sosial itu? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menghadirkan penjelasan mengenai definisi perubahan sosial baik secara umum maupun pendapat para ahli. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Perubahan Sosial, Pengertian Perubahan Sosial, Definisi Perubahan Sosial, Apa itu Perubahan Sosial, Apa yang dimaksud dengan Perubahan Sosial, Pengertian Umum Perubahan Sosial, Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli.
Pengertian Perubahan Sosial (Umum dan Pendapat Para Ahli) | www.zonasiswa.com

A. Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum

Disebutkan di atas, manusia dikaruniai oleh Tuhan akal dan budi.  Dengan menggunakan akal dan budi yang dimilikinya, manusia menciptakan suatu teknologi yang bermanfaat dalam hidupnya agar kehidupannya menjadi lebih baik. Penciptaan teknologi itu didasarkan pada pemenuhan kebutuhan manusia yang sangat beragam. Hal itu mengingat manusia adalah makhluk dinamis yang tidak akan pernah merasa puas atau cukup dengan keadaan yang ada dan apa yang telah dilakukan atau dimilikinya. Manusia akan selalu menginginkan hal yang lebih banyak, bahkan yang lebih baik. Sehingga manusia selalu ingin membuat atau menciptakan perubahan-perubahan. Misalnya manusia menciptakan telepon sebagai alat komunikasi dengan tujuan untuk mempermudah interaksi sosial antarmanusia, terutama interaksi jarak jauh.

Perubahan sosial adalah suatu proses yang bermula sejak manusia hidup bermasyarakat. Proses tersebut tidak akan pernah berhenti, karena manusia akan selalu menciptakan atau membuat hal-hal baru di dalam hidupnya. Perubahan sosial adalah sesuatu yang bersifat konstant atau tetap. Artinya, perubahan sosial terjadi terus-menerus tanpa henti. Perubahan sosial sendiri mencakup perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia kaitanya dalam struktur dan hubungan sosial yang bersifat tetap dan tanpa henti.

B. Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahaman kita tentang apa itu perubahan sosial, alangkah baiknya jika kita memahami pengertian-pengertian perubahan sosial dari pakar atau ahli berikut ini:

Selo Soemardjan beranggapan bahwa perubahan sosial yaitu perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang dapat mempengaruhi sistem sosial di dalam suatu masyarakat, termasuk di dalamnya nilai, sikap, serta pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam suatu masyarakat. 

Kingsley Davis beranggapan bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat. 

Robert McIver beranggapan bahwa perubahan sosial adalah perubahan dalam hubunganhubungan sosial atau perubahan terhadap kesinambungan hubungan-hubungan sosial

Parsudi Suparlan mengungkapkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk. 

J.P. Gillin dan J.L. Gillin beranggapan bahwa perubahan sosial adalah sebuah variasi yang berasal dari cara hidup yang sudah diterima karena adanya perubahan-perubahan pada kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, serta ideologi maupun karena terdapatnya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. 

Dari dua pengertian di atas dapat digarisbawahi, bahwa perubahan sosial diindikasikan dengan adanya perubahan dalam hal struktur sosial, fungsi sosial, dan sistem sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat. Struktur sosial adalah suatu bentuk jalinan antara berbagai unsur-unsur sosial yang ada dalam suatu masyarakat. Fungsi sosial adalah bentuk aktif dari masing-masing unsur yang ada dalam suatu masyarakat. Sedangkan sistem sosial adalah jalinan hubungan antara masing-masing unsur yang ada dalam suatu masyarakat sehingga membentuk suatu jalinan hubungan fungsional. 

Demikianlah Pengertian Perubahan Sosial baik secara umum atau menurut para ahli. Semoga dari uraian di atas, kita dapat lebih paham tentang apa itu perubahan sosial (social change). Tidak lupa, jika terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, kritik dan saran dari pembaca sekalian akan sangat berharga. Terima kasih...

Ayoo kirimkan karya kalian (puisi, cerpen, profil sekolah, dll) ke Mading Zona Siswa, dan jadikan karya kalian dibaca ribuan orang perharinya.

0 komentar:

Posting Komentar