Masyarakat Madani ~ Menurut pendapat Nucholis Madjid, masyarakat madani merupakan tatanan sosial yang mempromosikan toleransi, demokrasi, kesopanan serta menghargai eksistensi pluralisme. Toleransi, demokrasi, kesopanan, dan saling menghargai merupakan unsur dari masyarakat madani. Pertanyaanya, seberapa madani kah masyarakaat Indonesia? Nah berikut adalah deskripsi atau gambaran tentang perkembangan masyarakat madani di Indonesia. Semoga apa yang dijelaskan di bawah ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Yuk langsung saja dibaca! Check this out!!!

Masyarakat Madani, Pengertian Masyarakat Madani, Masyarakat Madani Adalah, Ciri-ciri Masyarakat Madani, Karakteristik Masyarakat Madani, Masyarakat Madani di Indonesia, Konsep Masyarakat Madani, Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani,
Perkembangan Masyarakat Madani di Indonesia | www.zonasiswa.com

Di Indonesia, gagasan masyarakat madani mulai dibicarakan dengan hangat sebagai dampak perubahan politik di Eropa Timur. Pembahasan gagasan masyarakat madani menandakan bahwa di Indonesia telah terjadi kesadaran untuk mengembangkan model gerakan yang bersifat madani. Gagasan masyarakat madani sebenarnya telah lahir sejak awal kemerdekaan Indonesia. Kelahiran gerakan perlawanan sosial melawan struktur otoriter kolonialisme saat itu, merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat madani telah terbentuk dalam sejarah Indonesia.


Menurut Ryaas Rasyid, relevansi masyarakat madani dengan Indonesia didasarkan pada alasan karena kita juga memiliki keinginan untuk membangun masyarakat yang bisa mencipta yang maksimal. Membangung masyarakat madani diperlukan untuk membangun masyarakat yang bisa menyerap nilai demokrasi dalam pembangunan, sehingga diharapkan terjaganya sistem politik dan pemerintahan yang lebih demokratis dari waktu ke waktu.

Jika kita tarik mundur untuk melihat sejarah pemerintahan Orde Baru. Pada saat itu, sebagian besar hak demokratis masyarakat dibelenggu didasarkan atas slogan stabilitas politik dan keamanan. Cara pemerintah Orde Baru untuk membelenggu hak demokrasi masyarakat pada saat itu adalah dengan menontrol secara ketat melalui sejumlah peraturan semua organisasi sosial dan politik.

Hal tersebut nyatanya kontras dengan nilai-nilai masyarakat madani yang menjunjung tinggi demokrasi. Setelah beberapa tahun di bawah rezim orde baru, aspirasi kebebasan bergejolak di dalam seluruh masyarakat Indonesia. Tidak ada yang bisa membendung jika kesadaran itu sampai pada titik akumulatif. Berbagai tekanan yang menghadapi kesadaran politik pada akhirnya akan menyebabkan gelombang tuntutan untuk perubahan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila jatuhnya rezim Orde Baru lebih karena tekanan kuat dari semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, sebuah pertemuan antara tekanan politik dan kesadaran politik telah menjadi harapan bagi Indonesia untuk mewujudkan masyarakat madani yang diharapkan bisa menjadi jalan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Membangun masyarakat madani merupakan bagian dari upaya transisi menuju demokrasi melalui pengembangan budaya politik yang demokratis. Jika budaya demokrasi berakar di hati setiap warga negara, cita-cita masyarakat madani yang kuat dan efektif dapat terwujud.


Jika disimpulkan, demokrasi adalah mekanisme masyarakat madani. Ini berarti bahwa proses demokrasi adalah jalan bagi masyarakat madani untuk terbentuk. Jika demokrasi bisa terwujud, orang bisa menemukan kebebasan dan kebebasan dalam aktivitasnya. Masyarakat juga berpartisipasi aktif dan mengawasi atau mengendalikan jalannya pemerintahan. Selain itu, masyarakat memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan negara dan negara dengan selalu berperilaku sesuai dengan norma dan hukum yang telah ditetapkan bersama. Ciri-ciri demikian pada dasarnya adalah ciri-ciri masyarakat madani. Dengan demikian, keberhasilan dalam mewujudkan kehidupan demokrasi mencerminkan keberhasilan dalam mewujudkan masyarakat madani.

Setelah rezim otoriter tumbang, rezim reformasi pun lahir. Kebebasan berpendapat, demokrasi dan toleransi menjadi produk utama reformasi. Timbulah pertanyaan? Seberapa demokratis kah pemerintahan di era reformasi? Sudah madani kah masyarakat di Indonesia? Untuk tahu jawabanya, kalian bisa lihat sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai Masyarakat Madani di Indonesia, semoga dari penjelasan di atas kita dapat menilai sudah demokrastiskah dan sudah madanikah masyarakat di era pemerintahan yang sekarang. Apabila ada kesalahan penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran dari teman-teman sekalian akan sangat berharga. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya ya. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar