Contoh Perubahan Sosial ~ Di artikel sebelumnya yang membahas definisi perubahan sosial (Baca: Pengertian Perubahan Sosial), dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat yang diindikasikan dengan adanya perubahan dalam hal struktur sosial, fungsi sosial, dan sistem sosial. Nah untuk memperdalam pemahaman kita tentang apa itu yang dinamakan perubahan sosial, kali ini Zona Siswa akan menghadirkan contoh-contoh perubahan sosial yang terjadi dalam masyakarakat. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Perubahan Sosial, Contoh Perubahan Sosial, Contoh Perubahan Sosial Akibat Media Sosial, Contoh Perubahan Sosial Akibat Internet, Contoh Perubahan Sosial Akibat Revolusi Industri.
Contoh Contoh Perubahan Sosial | www.zonasiswa.com

Contoh 1: Media Sosial

Hal yang terasa berdampak besar terhadap hubungan sosial antar masyarakat sejak ditemukannya internet adalah media sosial. Media sosial adalah media bagi orang untuk bersosialisasi dengan sesama, baik dalam hal berkomunikasi, menjalin pertemanan, dan lain sebagainya. Sebelum ada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, masyarakat lebih banyak bersosialisasi dengan sesamanya secara langsung; berkomunikasi tata muka mauapun bermain bersama secara langsung. Namun setelah ada media sosial, hal tersebut tampakanya berubah, terjadi perubahan sosial dalam masyarakat kita khususnya dalam hal berkomunikasi.

Sejak ada media sosial, anak zaman sekarang lebih menyukai menggunakan applikasi 'chatting' yang tersedia. Dengan sekali klik, kita bisa mengirim pesan bahkan mengobrol lewat aplikasi chat tersebut di tempat yang berbeda. Padahal dulu sebelum ada media sosial, dalam menjalin komunikasi, kita harus menemui orang yang mau kita ajak mengobrol dan harus di tempat yang sama, secara langsung. Hal tersebut menimbulkan perubahan dalam hal hubungan sosial dimana kita dulu berkomunikasi dengan orang harus dalam tempat dan waktu yang sama, sekarang dengan adanya media sosial, berkomunikasi dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, tanpa harus berada di tempat yang sama.

Contoh 2: Internet

Internet adalah penemuan manusia yang merubah banyak segi sosial manusia itu sendiri. Perubahan sosial kaitannya dengan internet adalah masuknya budaya asing dengan mudah kedalam kehidupan kita, dengan budaya ketimuran. Dengan internet, segala informasi dapat didapatkan dengan hitungan detik. Contoh mudahkanya adalah informasi tentang mode pakaian atau fashion.

Budaya ketimuran kita cenderung identik dengan pakaian yang sopan, yang cenderung tertutup dan memperlihatkan lekuk tubuh. Namun dengan perkembangan zaman dan teknologi, semuanya berubah. Akses intenet yang tanpa batas dimana informasi berkaitan dengan budaya barat membanjiri otak kita membuat prespektif atau pandangan tentang tata cara berpakian sedikit berubah. Salah satu contoh perspektif yang tampilkan budaya barat adalah cantik itu samadengan sexy. Dulu berhijab adalah tata cara berpaikain dengan menutup aurat dengan tidak mempertontonkan bentuk dan lekuk tubuh. Namun sekarang, tata cara ber-hijab pun bergeser, banyak kaum hawa menanggap dirinya berhijab dengan menutup aurat tapi dengan celana jeans dan kaos ketat diaman lekuk tubuh di pertontonkan.

Contoh 3: Revolusi Industri

Revolusi industri adalah perubahan yang terjadi di masyarkaat Inggris pada pertengahan abad ke-18 berkaitan dengan perubahan dalam hal memproduksi barang dari yang semula dikerjakan secara tradisional beralih dengan menggunakan mesin-mesin yang lebih modern. Sebelum terjadinya revolusi industri, masyarakat Inggris semula hanya bertani. Namun setelah mesin uap ditemukan, masyarakat Inggris yang semula bersifat agraris berpindah menjadi masyarakat Industi.

Indsutri di Inggris saat itu berkembang pesat, yang dampaknya dirasakan tidak hanya oleh masyarakat Inggris saat itu bahkan oleh masyarakat dunia. Di masyarakat Inggris, revolusi industri menyebabkan perpindahan penduduk yang dulunya hidup di pedesaan berpendiah dan berkumpul di kota. Hal tersebut menyebabkan kota-kota di Inggris sesak dan kumuh. Kesenjangan antara buruh pabrik dan pemilik industri juga jauh, kemiskinan membuat tingkat kriminalitas tumbuh bertambah.

Di masyarakat dunia, kebutuhan akan bahan baku produksi serta kebutuhan akan konsumen barang hasil produksi saat terjadinya revolusi Industri, membuat pemerintahan Inggris mengekspansi wilayah atau negara di luar Inggris. Istilah 'penjajahan' pun muncul. Inggris saat itu hampir menjajah sepertiga wilayah atau negara di dunia yang dengan tujuan awalnya adalah untuk memperolah bahan baku produksi dan memasarkan barang produksi. Penjajahan itu sendiri menimbulkan perubahan sosial yang sangat besar terhadap masyarakat di wilayah atau negara dimana Inggris menjajah.

Dari ke-3 Contoh Perubahan Sosial di atas semoga dapat menambah pemahaman kita tentang apa itu yang dinamakan perubahan sosial. Lagi, jika terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupaun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih...

Sharing is caring, itulah ungkapan yang berarti berbagi itu peduli. Jika sobat mempunyai karya (puisi, cerpen, dsb) akan lebih baik jika dibagikan ke orang lain. Siapa tahu ada orang yang terhibur akan puisi atau cerpen yang sobat buat. Untuk itu, yuk kirim karya sobat ke Mading Zona Siswa.

0 komentar:

Posting Komentar