Faktor Terjadinya Perubahan Sosial ~ Perubahan sosial secara singkat diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat yang erat kaitannya dalam hal sosial. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Di kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menghadirkan 7 faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yang meliputi faktor penemuan baru, pertumbuhan penduduk, konflik, revolusi, faktor alam, peperangan, dan masuknya kebudayaan lain. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Perubahan Sosial, Faktor Penyebab Perubahan Sosial, Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial, Penemuan Baru Perubahan Sosial, Pertumbuhan Penduduk Perubahan Sosial, Konflik Perubahan Sosial, Revolusi Perubahan Sosial, Faktor Alam Perubahan Sosial, Peperangan Perubahan Sosial, dan masuknya kebudayaan lain Perubahan Sosial.
7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial | www.zonasiswa.com

1. Penemuan Baru

Manusia dengan kemampuan akal pikiran memiliki dorongan-dorongan yang kuat untuk mengadakan kegiatan penelitian sehingga menghasilkan penemuan-penemuan baru. Berkaitan dengan penemuan baru, ada tiga istilah yang harus kita bisa bedakana; discovery, invention, dan inovation. Discovery dapat diartikan sebagai penemuan baru yang bersifat benar-benar baru, belum pernah ditemukan sebelumnya, atau bersifat fundamental/dasar yang dapat dikembangkan menjadi penemuan-penemuan lainnya. Invention lebih kepada penemuan dari hasil pengembangan hasil penemuan dasar (discovery) yang sudah terlebih dahulu ada. Sedangkan inovation lebih ke proses kreatif dalam pembaharuan penemuan-penemuan (baik discovery maupun invention) yang sudah ada untuk selanjutnya diterima, dipelajari, dan diterapkan di masyarakat.

Contoh simpel penemuan baru yang dapat menyebabkan perubahan sosial adalah penemuan telepon sebagai alat komunikasi. Dulu dalam berkomunikasi dengan orang jauh, membutuhkan waktu yang lama melalui surat. Dengan ditemukannya telefon, berkomunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Contoh lainnya adalah penemuan internet, kereta api, mesin, dan teknologi-teknologi modern lainnya.

2. Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk juga dapat menimbulkan terjadinya perubahan sosial. Pertubumahan penduduk di kota yang cenderung pesat dengan banyaknya urbanisasi, perpindahan penduduk dari desa ke kota, berdampak terhadap perubahan sosial. Di kota dimana penduduknya padat terjadi pergeseran nilai-nilai sosial yang berupa perubahan dalam hal keramahan akibat dari persaingan yang begitu ketat. Tidak cuma itu, kepadatan penduduk di kota juga memunculkan terbentuknya kelompok-kelompok sosial baru serta tingginya kriminalitas akibat kesenjangan sosial yang begitu jauh.

Sebaliknya di desa, dimana masyarakat usia produktif lebih memilih mengadu nasib di kota, menyebabkan desa mengalami krisis tenaga kerja, banyak lahan-lahan produktif terbengkalai, yang pada akhirnya membuat desa semakian tertinggal karena potensinya tidak dimanfaatkan.

3. Konflik

Konflik yang terjadi di dalam masyarakat baik antar individu, individu-kelompok, atau antar kelompok dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial seperti perubahan pola hubungan, struktur masyarakat, dan perubahan-perubahan lain. Kon?ik-kon?ik yang berkembang tersebut tidak selalu bersifat negatif. Seringkali kon?ik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat diikuti dengan suatu proses akomodasi yang pada gilirannya justru akan menguatkan ikatan sosial. 

4. Revolusi

Seperti yang di uraikan di contoh perubahan sosial (Baca: Contoh-contoh Perubahan Sosial), revolusi termasuk kedalam penyebab terjadinya perubahan sosial. Dijelaskan di artikel tersebut bagaimana revolusi industri di Inggris menyebabkan perubahan sosial tidak hanya di masyarakat Inggris itu sendiri tapi juga di masyarakat dunia. Revolusi indsutri adalah sebagian contoh dari beberapa revolusi yang terjadi yang tetap membawa dampak terjadinya perubahan sosial.

5. Faktor Alam

Gejala yang terjadi di lingkungan alam dapat menyebabkan perubahan sosial. Misalnya, gempa bumi terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Gempa bumi tersebut menyebabkan masyarakat kehilangan banyak harta benda dan keluarga. Keadaan tersebut memaksa masyarakat membentuk kehidupan kembali melalui lembaga atau organisasi sosial yang baru karena kehidupan lama telah rusak atau hilang. Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat seperti perubahan mata pencaharian, perubahan keluarga, atau perubahan kekayaan.

6. Peperangan

Terjadinya perang di suatu wilayah akan berpengaruh terhadap perubahan kepribadian dari individu-individu sebagai anggota masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Betapa tidak, perang pasti akan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil. Selain itu akan membawa akibat yang berarti bagi masyarakat setempat. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang. Contoh mudahnya,  perang Amerika-Irak telah mengakibatkan perubahan sosial yang besar dalam masyarakat Irak, seperti: tumbangnya rezim Sadam Hussain dan dibubarkannya Partai Baad, munculnya perlawanan bergerilya, perpecahan, dan bahkan dapat menimbulkan perang saudara.

7. Pengaruh Kebuayaan Lain

Di era globalisasi sekarang ini, pengaruh kebudayaan masyarakat lain merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan lagi. Adanya hubungan kerja sama antarnegara serta sarana komunikasi dan informasi yang semakin canggih, seperti televisi, radio, dan internet memudahkan pengaruh kebudayaan masyarakat lain masuk dalam suatu negara. Akibatnya muncul perubahan pada masyarakat yang menerima pengaruh kebudayaan itu. 

Demikianlah penjelasan tentang ke-7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial. Semoga dari penjelasan di atas, kita dapat lebih memahami apa itu perubahan sosial khususnya faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial itu sendiri. Tidak lupa, apa bila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, kritik dan saran dari kalian akan sangat berarti. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar