Manfaat Teh Hijau ~ Teh hijau adalah salah satu minuman yang bernilai tinggi dan banyak dikonsumsi di dunia. Selain menjadi minuman yang lezat, teh hijau juga memiliki banyak manfaat yang ampuh karena mengandung antivirus yang signifikan, antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-rongga. 

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam minuman ini dapat memberikan bantuan bagi masalah-masalah kesehatan secara umum dan pada saat yang bersamaan juga mengurangi risiko penyakit kronis dan masalah kesehatan yang lebih serius. Karena mengandung manfaat bagi kesehatan yang sangat besar, teh hijau dapat melakukan perubahan besar bagi kesehatan Kita. Hanya dengan tiga sampai empat cangkir teh hijau  dapat hari ini memberikan bantuan yang besar bagi kesehatan Kita. 

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari teh hijau. 

Teh Hijau, Manfaat Teh Hijau, Manfaat Kesehatan Teh Hijau, Manfaat Kecantikan Teh Hijau, Manfaat Teh Hijau Untuk Kolesterol, Manfaat Teh Hijau Untuk Penuaan, Manfaat Teh Hijau Untuk Kegemukan, Manfaat Teh Hijau Untuk Gula Darah.
10 Manfaat Teh Hijau yang Perlu Kamu Ketahui | www.zonasiswa.com

1. Meningkatkan Kesehatan Otak 

Otak kita membutuhkan pembuluh darah yang sehat agar dapat berfungsi dengan baik. Menurut sebuah penelitian di Swiss, orang yang minum teh hijau secara teratur memiliki aktivitas yang lebih besar di wilayah kerja memori otak mereka. Dalam penelitian juga telah ditemukan bahwa teh hijau membantu menghambat pembentukan plak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson, dua kelainan neurodegeneratif yang paling umum. Teh hijau bahkan menunda kerusakan yang disebabkan oleh Alzheimer dan Parkinson, karena senyawa bioaktif yang ada dalam teh hijau memiliki berbagai efek pelindung pada neuron. Untuk meningkatkan memori Kita dan menangkal penyakit, cukup minum satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari. 

2. Menurunkan Gula Darah 

Teh hijau juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil pada penderita diabetes. Senyawa polifenol dan polisakarida yang ada dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk kedua jenis diabetes (diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2). Teh hijau dapat merangsang produksi insulin di pankreas, mengatur kadar gula darah dan menyerap glukosa pada pasien dengan diabetes tipe 1. Pada diabetes tipe 2, teh hijau membantu mengurangi lonjakan gula darah yang sering menyebabkan komplikasi di mata, jantung dan ginjal. Bagi penderita diabetes, kehadiran teh hijau dalam diet akan sangat bermanfaat. 

3. Mengurangi Tingkat Kolesterol 

Teh hijau juga efektif mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik untuk kolesterol jahat. Penelitian mengenai efek mengkonsumsi teh hijau terhadap kadar kolesterol menunjukkan bahwa teh hijau menurunkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, kolesterol "jahat". Pada saat yang sama, teh hijau membantu meningkatkan tingkat high density lipoprotein (HDL), yang dianggap "baik." Terdapat senyawa tertentu dalam teh hijau yang membantu menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan, sementara secara bersamaan membantu dalam proses ekskresi. Teh hijau juga membantu arteri tetap bersih dengan cara mencegah oksidasi LDL, yang dapat menyebabkan penumpukan plak yang berakibat pada meningkatnya risiko terkena serangan jantung atau stroke. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut 

Kandungan Fluorida yang terdapat didalam teh hijau, polifenol dan katekin dapat secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, bau mulut, gigi berlubang dan berbagai penyakit gusi lainnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition, dengan mengkonsumsi satu cangkir atau lebih teh hijau sehari secara signifikan dapat mengurangi risiko kehilangan gigi. Namun, manfaat teh hijau akan hilang ketika kita menambahkan gula, madu, atau pemanis lain kedalam teh hijau tersebut. 

5. Membantu Menjaga Berat Badan 

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa secangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut. Teh hijau juga dapat secara signifikan mengurangi persentase lemak tubuh, berat badan dan lingkar pinggang. Katekin yang ada dalam teh hijau juga membantu menghasilkan panas dalam tubuh, yang pada akhirnya membakar kalori berlebih. Polifenol dalam teh hijau bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan tingkat di mana tubuh Kita merubah makanan menjadi kalori. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan senyawa lain dalam teh dapat meningkatkan metabolisme, membakar kalori dan memecah lemak. 

6. Mendukung Kesehatan Kulit 

Satu atau dua cangkir teh hijau dapat banyak membantu jika Kita ingin terlihat lebih muda dari usia Kita. Kaya akan Antioksidan dan anti-inflamasi dalam teh hijau dapat melindungi kulit dari efek berbahaya dari radikal bebas, yang menyebabkan kerutan, bintik-bintik cokelat dan penuaan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan teh hijau yang diaplikasikan secara aktual juga dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, teh hijau membantu melawan kanker kulit. 

7. Menurunkan Tekanan Darah 

Konsumsi rutin teh hijau diduga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Ini membantu menjaga tekanan darah turun dengan menekan angiotensin, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Bahkan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, orang yang mengkonsumsi satu-setengah sampai dua setengah cangkir teh hijau secara teratur selama minimal satu tahun dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi sebesar 46% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau. 

8. Mengurangi Risiko Kanker 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan berbagai jenis risiko kanker seperti kanker payudara, prostat, kolorektal, pankreas, esofagus, kandung kemih, paru-paru, dan kanker perut. Bahkan, antioksidan dalam teh hijau 100 kali lebih efektif daripada vitamin C dan 24 kali lebih baik dari vitamin E. Minum sebanyak empat cangkir teh hijau sehari mungkin diperlukan untuk mendapatkan manfaat anti-kanker.

9. Menjaga Tulang Kuat 

Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau membantu mempertahankan kekuatan tulang. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko patah tulang osteoporosis. Hilangnya kepadatan tulang dicegah oleh antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam teh hijau. Teh hijau membantu menekan kerusakan tulang juga meningkatkan jumlah dan aktivitas sel-sel pembentuk tulang. Minum teh hijau setiap hari untuk membantu menjaga kepadatan tulang Kita. 

10. Melawan Penuaan 

Antioksidan, terutama yang dikenal sebagai polifenol dalam teh hijau membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Bahkan, polifenol membantu melawan berbagai tanda-tanda penuaan dan mengobati berbagai penyakit kulit. Tingginya tingkat proanthocyanidins oligomer dalam teh hijau juga diduga membantu memperlambat penuaan dini. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa teh hijau banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. 

Jadi, mulailah hari kita dengan secangkir teh hijau untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar