Lumba-Lumba (Delphinus Delphis) merupakan hewan yang sangat cerdas dan mereka tampaknya dicintai oleh manusia. Hewan mamalia air ini telah mampu mempesona kita dalam berbagai cara. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mempunyai ikatan yang kuat dalam kelompok mereka, dan mereka telah dikenal sering membantu manusia dalam berbagai situasi termasuk dalam penyelamatan. Ada 43 spesies yang berbeda dari lumba-lumba yang telah diketahui. 38 dari mereka adalah lumba-lumba yang hidup di laut dan 5 jenis lainnya adalah lumba-lumba sungai yang hidup di air tawar. Semua jenis lumba-lumba berada dalam ancaman kepunahan, bahkan 5 jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar sudah sangat langka bahkan dinyatakan punah.

Lumba-Lumba, Deskripsi Lumba-lumba, Nama Ilmiah Lumba-Lumba, Habitat Lumba-Lumba, Jenis-jenis Lumba-Lumba, Info Unik Lumba-lumba.
Mengenal Lebih Dekat Lumba-Lumba | www.zonasiswa.com

Lumba-lumba sangat mahir dalam melompat. Bahkan beberapa dari mereka dapat melompat hingga 30 kaki di udara. Lumba-lumba berenang ke permukaan air pada interval tertentu yang berbeda untuk mendapatkan udara. Sebagaimana kita ketahui, lumba-lumba merupakan mamalia air yang bernapas dengan paru-paru. Saat mengambil udara di permukaan air, lumba-lumba menghabiskan waktu 20 detik sampai 30 menit. Tubuh lumba-lumba dilapisi oleh kulit berwarna keabu-abuan biru yang sangat sensitif terhadap sentuhan manusia dan benda lain yang ada di air.

Berbagai spesies lumba-lumba berada dalam ancaman kepunahan karena beberapa faktor diantaranya adalah rusaknya habitat asli mereka, masalah ketersediaan makanan, pencemaran air, dan bahkan luka atau kematian yang didapat karena terjerat jaring ikan atau menabrak kapal di laut. Untuk itulah konservasi lumba-lumba dibutuhkan untuk menolong mereka agar tetap lestari dikemudian hari. Rata-rata rentang hidup ikan lumba-lumba di alam liar adalah 17 tahun. Akan tetapi, beberapa telah mendokumentasi lumba-lumba bisa hidup sampai umur 50 tahun.

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacean
Keluarga: Delphinidae
Nama Ilmiah: Delphinus Delphis
Jenis: Mamalia
Diet: Karnivora
Ukuran: 2m - 4m
Berat: 100kg - 300kg
Kecepatan Maksimal: 40 km / jam
Rentang Hidup: 20 - 45 tahun
Gaya Hidup: Berkelompok
Status Konservasi: Terancam
Warna: Hitam, Putih, Abu-abu
Jenis Kulit: Kulit Halus
Makanan Favorit: Ikan
Habitat: Laut, Perairan Pantai, Pelabuhan dan Teluk
Hewan Buruan: Ikan, Kepiting, Cumi-cumi
Predator: Manusia, Hiu, Paus Orka

Pengetahuan lebih dalam dan informasi lebih lanjut tentang ikan lumba-lumba merupakan langkah awal untuk konservasi yang lebih baik dan untuk memahami animal luar biasa tersebut. Selain itu, informasi merupakan sejanta dan kontribusi kita untuk melestarikan ikan lumba-lumba dan melindungi habitatnya.

Ikan lumba-lumba telah berinteraksi dengan manusia sudah sejak lama. Selama masa itu, predator mereka yang paling berbahaya dan predator yang membuat populasi mereka menurun drastis adalah kita, Manusia. Meskipun kita semua setuju bahwa ikan lumba-lumba merupakan mahluk luar biasa yang sangat cerdas dan bersahabat, tetapi kita masih saja merupakan acaman besar untuk mereka. 

Meskipun ikan lumba-lumba memiliki 100 gigi, mereka tidak menggunakannya untuk makan. Mereka hanya menggunakan gigi-gigi tersebut untuk mendapatkan makanan untuk kemudian langsung di telan. Ikan lumba-lumba bisa mengkonsumi lebih dari 30 pounds ikan per hari. Mereka biasanya berkelompol dalam berburu dengan memojokkan grombolan ikan mangsanya. Strategi tersebut merupakan salah satu dari banyak strategi yang ikan lumba-lumba gunakan dalam berburu. Strategi lain yang sering digunakan kelompok ikan lumba-lumba dalam berburu adalah meloncat, berenang zig-zag, mengelilingi, dan kombinasi strategi-strategi di atas.

Sebagian besar spesies ikan lumba-lumba hidup di laut tetapi ada beberapa yang bisa hidup di air tawar. Ikan lumba-lumba yang hidup di air tawar sudah sangat langka sekali ditemukan. Beberapa ikan lumba-lumba air tawar bisa ditemukan di sungai Haungho China, sungai Amazon Brazil, dan sungai Mahakam, Indonesia. Sangat menajubkan mengetahui bahwa ada perbedaan yang sangat besar dari ukuran diantara semua spesies ikan lumba-lumba. Yang paling besar bisa berbobot 10 ton dan mempunyai panjang 30 kaki. Yang paling kecil bisa berbobot 90 pound dengan panjang hanya 4 kaki. Spesies dan lokasi hidup merka memainkan perang penting terhadap ukuran tubuh ikan lumba-lumba. Semua spesies ikan lumba-lumba mempunyai tubuh yang didesign untuk bergerak dalam air dengan cepat tanpa mengeluarkan banyak energi. Gerakan tubuh mereka bergantung pada sirip dan ekor mereka dalam menavigasi saat berenang di dalam air.

Melalui penelitian yang dalam, echolocation telah diidentifikasi sebagai elemen kunci dari kehidupan lumba-lumba. Hal ini memungkinkan mereka untuk berkomunikasi di dalam air dengan mengidentifikasi gelombang suara. Ini adalah kemampuan yang kompleks yang berasal dari melon yang terletak di kepala lumba-lumba. Ikan lumba-lumba memiliki penglihatan yang sangat baik, dan mereka dapat melihat apa yang ada di sekitar mereka baik ketika di dalam air atau ketika mereka berada di atas permukaan. Mereka juga memiliki pendengaran yang sangat baik,  10 kali lebih baik daripada manusia. Indera peraba mereka sangat sensitif yang mereka gunakan untuk mempererat hubungan antar lumba-lumba dalam satu kelompok. Namun, indera penciuman mereka tidak terlalu baik. Ikan lumba-lumba mengandalkan kombinasi indera mereka untuk menghindari bahaya, untuk menemukan makanan, dan bersosialisasi.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar