10 Manfaat Yogurt ~ Yogurt adalah susu fermentasi yang mengandung banyak manfaat yang baik dari susu. Berasal dari Eropa Timur, yogurt kini dimakan oleh banyak orang di seluruh dunia saat ini. Selain rasanya yang enak, yogurt memiliki berbagai khasiat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Yogurt sarat akan nutrisi yang menyehatkan. Yogurt adalah makanan yang kaya akan kalsium dengan Bio aktifnya yang membantu penyerapan kalsium tubuh. Yogurt juga mengandung protein yang mudah dicerna. Nutrisi berharga lainnya dalam yogurt adalah riboflavin, vitamin B, asam folat, asam laktat, kalium, fosfor, yodium dan zat besi.

Manfaat kesehatan dari yogurt begitu mengesankan. Banyak orang sadar mengenai kesehatan dengan makan yogurt setiap hari. Dari semua jenis yoghurt di pasaran saat ini, pilihan yang paling menyehatkan adalah yogurt dengan Bio aktif yang hidup (bakteri baik). Jenis yogurt ini biasanya diberi label seperti 'yoghurt probiotik'.

Yogurt, Manfaat Yogurt, Manfaat Kesehatan Yogurt, Manfaat Kecantikan Yogurt.
Inilah 10 Manfaat Yogurt | www.zonasiswa.com

1. Membantu Pencernaan

Yogurt adalah makanan yang mudah dicerna. Selain itu, bakteri baik atau probiotik yang ada di beberapa jenis yogurt membantu pencernaan dalam mencerna makanan lain. Yogurt juga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kondisi pencernaan yang berbeda-beda seperti sembelit, diare dan sakit perut.

2. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Menurut beberapa penelitian, orang yang makan dua cangkir yogurt setiap hari secara langsung selama tiga bulan memiliki tingkat kekebalan sel-sel daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan yogurt.

Bakteri baik dalam yogurt memperkuat usus, membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik dan membuat sistem pencernaan yang kuat. Semua faktor ini pada akhirnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kita, makanlah yogurt probiotik setiap hari.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yogurt dapat membantu Kita menurunkan berat badan dengan cepat. Bakteri baik dalam yogurt probiotik membantu meningkatkan metabolisme dan pencernaan, dan membuat Kita merasa kenyang lebih lama.

Ditambah lagi, tingginya jumlah kalsium dalam yogurt memberikan sinyal ke sel-sel lemak Kita untuk dipompa keluar, sehingga lebih mudah bagi Kita untuk menurunkan berat badan. Asam amino dalam yogurt juga membantu membakar lemak. Untuk menurunkan berat badan, hindari junk food dan mulailah makan yogurt dengan buah sebagai gantinya.

4. Mengatasi Infeksi Vagina

Wanita yang menderita diabetes lebih besar mungkin untuk terkena yeast (mikroorganisme uniseluler yang masuk ke dalam Kingdom Fungi) atau Candida (jamur) yang tumbuh berlebih pada daerah vagina. Yogurt yang merupakan makanan probiotik mengandung Lactobacillus acidophilus yang berkhasiat membantu membunuh jamur. Yogurt juga membantu menyeimbangkan pH di dalam vagina dan dengan demikian mengurangi risiko infeksi jamur. Makan lah enam ons yogurt tanpa gula setiap hari akan mengurangi sebagian besar risiko infeksi jamur pada vagina. 

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Makan terlalu banyak garam adalah salah satu alasan utama di balik terserangnya tekanan darah tinggi. Kalium yang ada dalam yogurt membantu menyerap dan mencuci sodium dari tubuh. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh the High Blood Pressure Research 2012 Scientific Sessions of the American Heart Association, orang yang makan yogurt tanpa lemak setiap hari memiliki 31 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan dengan orang lain yang tidak. Makan setidaknya satu cangkir yogurt rendah lemak setiap hari untuk mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

6. Menurunkan Kolesterol

Yogurt dengan probiotik bisa sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol Kita. probiotik menurunkan sintesis kolesterol dalam hati. Ditambah lagi, ciri khas probiotik juga mengikat asam empedu, yang pada akhirnya membantu menurunkan kolesterol.

Yogurt dapat sangat membantu untuk mengurangi kemungkinan penyakit jantung di antara orang dengan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam the Journal of Dairy Science menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang makan 10,6 ons yogurt yang mengandung probiotik setiap harinya mengalami penurunan lebih besar dalam jumlah kolesterol dan low-density lipoprotein dibandingkan dengan mereka yang makan yogurt jenis lain. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi harus makan dua cangkir yogurt probiotik setiap hari. Yogurt dari Jenis lain kurang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

7. Mencegah Kanker Usus Besar

Yogurt sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus besar Kita. Bakteri Lactobacillus yang ada dalam yogurt adalah jenis bakteri yang ramah untuk usus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus besar dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit usus besar.

Bakteri baik membunuh mikroorganisme berbahaya dalam usus sebelum mereka menjadi karsinogenik (zat yang menyebabkan penyakit kanker). Ditambah lagi, kandungan kalsium yang tinggi dalam yoghurt mengikat produksi kanker asam empedu dan membuat mereka menjauh dari dinding usus. Untuk menjaga usus besar Kita tetap sehat, makanlah yogurt di pagi hari pada waktu perut kosong. Hindari makan yogurt dengan makan malam.

8. Mendukung Kesehatan Mulut

Yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan mulut Kita. Yogurt yang rendah lemak, baik manis ataupun tidak, akan melindungi gigi berlubang dan masalah pada gusi. Hal ini terutama disebabkan oleh asam laktat dalam yogurt yang melindungi gigi serta gusi Kita.

Ditambah lagi, yoghurt adalah sumber kalsium dan protein, dua nutrisi penting yang mendukung kesehatan mulut. Para ahli juga percaya bahwa bakteri baik dalam yogurt membantu mengontrol pertumbuhan bakteri merugikan dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. Hanya dengan mengkonsumsi dua ons yogurt per hari dapat menurunkan risiko penyakit periodontal dan juga membuat gigi Kita lebih sehat.

9. Mencegah Osteoporosis

Kalsium, vitamin D, dan Bio aktif yang hidup dalam yogurt menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini pada akhirnya mampu mencegah osteoporosis, penyakit progresif di mana tulang bertahap menjadi lemah dan rentan terhadap patah tulang. Untuk membantu membuat tulang kuat, selalu mencari yoghurt yang memiliki paling tidak vitamin D. Lihat saja label di belakang produk untuk membantu Kita membeli yogurt yang terbaik.

10. Membuat Rambut Sehat

Yogurt adalah sumber yang kaya zat besi, asam laktat, protein, kalsium, dan nutrisi lain yang baik untuk rambut Kita. Yogurt berkhasiat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan mengurangi gatal dikulit kepala. Ditambah lagi, yoghurt bertindak sebagai kondisioner alami yang baik untuk rambut kering dan rusak dan membantu mendapatkan dan mempertahankan kelembaban rambut. Gunakan satu setengah cangkir yogurt polos pada rambut Kita, biarkan selama 30 menit, lalu bilas rambut Kita dengan sampo. Gunakan perawatan rambut ini seminggu sekali untuk menikmati rambut sehat dan kuat.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Sumber:
www.journalofdairyscience.org/
hyper.ahajournals.org/
www.ncbi.nlm.nih.gov/

0 komentar:

Posting Komentar