Definisi Lembaga Sosial ~ Dalam sistem sosial, lembaga sosial memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dan batin, kehadiran lembaga sosial mutlak diperlukan, terutama untuk mengendalikan dan mengatur aktivitas baik individu maupun kolektif dalam masyarakat. Tanpa institusi sosial, manusia tidak akan bisa menentukan arahannya sendiri, karena tidak ada batasan norma yang melintang.

Bagi yang masih bertanya-tanya tentang apa itu lembaga sosial, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan menghadirkan pengertian lembaga sosial secara lengkap baik dari segi bahasa maupun pendapat para ahli. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Lembaga Sosial, Pengertian Lembaga Sosial, Definisi Lembaga Sosial, Apa itu Lembaga Sosial, Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli, Pengertian Lembaga Sosial Menurut Koentjaraningrat,
Pengertian Lembaga Sosial Menurut Bahasa dan Pendapat Para Ahli | zonasiswa.com

A. Apa itu Lembaga Sosial?

Lembaga sosial memiliki banyak istilah, ada yang menyebutnya dengan pranata sosial, ada juga yang menyebutnya dengan institusi sosial. Akan tetapi, ketiga istilah tersebut, lembaga/pranata/institusi merujuk pada istilah bahasa inggris yaitu 'social institution'. Sebelum membahas lebih jauh tentang lembaga sosial, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu tentang apa itu lembaga/institusi serta perbedaannya dengan asosiasi. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman antara pemahaman lembaga dan asosiasi.

Istilah lembaga/institusi merujuk pada sistem norma atau aturan yang ada, sedangkan asosiasi merupakan kelompok orang terorganisasi yang bertugas melaksanakan aktivitas tersebut. Kita ambil contoh bank. Bank merupakan suatu lembaga perbankan dimana bank membuat dan menerapkan tata cara atau prosedur atau norma yang mengatur orang atau sekelompok orang dalam melakukan aktivitas dalam kelembagaan bank guna untuk mencapai suatu tujuan. Asosiasi di lain sisi, dicontohkan sebagai pekerja dan nasabah bank tersebut yang melakukan tata cara atau prosedur atau norma yang dibuat oleh bank. Setiap lembaga sosial mempunyai kumpulan asosiasi, dan melalui asosiasi itulah norma-norma lembaga dilaksanakan.

Dengan demikian lembaga sosial merupakan sistem norma khusus yang mengatur serangkaian tindakan yang terpola untuk kebutuhan khusus manusia dalam kehidupan masyarakat.

B. Memahami Lembaga Sosial Menurut Pakar

Agar lebih jelas dalam menarik kesimpulan tentang definisi lembaga sosial, perlu untuk mempelajari beberapa pengertian dari lembaga sosial menurut para ahli Sosiologi sebagai berikut.

  1. Teori P.B. Harton dan C.L. Hunt
    Secara teoritis, Harton dan Hunt menjelaskan bahwa lembaga sosial merupakan sistem norma yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan masyarakat yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selanjutnya juga dijelaskan bahwa, lembaga sosial juga bisa diartikan sebagai keseluruhan perilaku atau kebiasaan yang terkait dengan kebutuhan dasar manusia.

  2. Teori Bruce J. Cohen
    Menurut Cohen, apa yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah sistem pola sosial yang tertata rapi dan bersifat permanen, mengandung perilaku tertentu yang solid dan terpadu agar dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam kehidupan.

  3. Robert Mac Iver dan C.H. Page
    Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah dibuat untuk mengatur hubungan antara orang-orang yang tergabung dalam kelompok masyarakat.

  4. Leopold Von Wiese dan Howard Becker
    Lembaga sosial adalah jaringan hubungan antara manusia dan antar kelompok yang berfungsi menjaga hubungan dan pola hidupnya, sesuai dengan kepentingan dan kepentingan individu dan kelompok.

  5. Koentjaraningrat
    Antropolog Indonesia ini mengatakan bahwa institusi sosial adalah sistem perilaku dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia.

  6. Soerjono Soekanto
    Soerjono Soekanto menggunakan istilah lembaga sosial mengingat institusi yang intinya adalah seperangkat norma semua tingkatan yang berkisar pada kebutuhan dasar dalam kehidupan masyarakat.

  7. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
    Lembaga sosial adalah kumpulan berbagai cara berperilaku yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur hubungan sosial.

  8. W.G. Sumner
    Sumner mengungkapkan definisi lembaga sosial sebagai tindakan, cita-cita, sikap, dan peralatan budaya yang memiliki sikap kekal dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Institusi berfungsi untuk memiliki keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.

Berdasarkan teori dan konsep tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, lembaga sosial merupakan sistem norma tentang kegiatan masyarakat yang diarahkan untuk membangun kehidupan masyarakat dan memenuhi semua kebutuhan dasar manusia.

Demikianlah Pengertian Lembaga Sosial, baik dari segi istilah maupun pendapat para ahli, semoga kita bisa lebih memahami tentang apa itu lembaga sosial. Apabial ada suatu kelalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, kritik dan saran pembaca sekalian akan sangat berharga. Jangan lupa kirimkan karya teman-teman sekalian (puisi/cerpen/dll) ke Mading Zona Siswa. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar