Apa itu Interaksi Sosial | Secara kodrat, manusia tidak mungkin dapat melangsungkan kehidupannya seorang diri. Artinya, setiap orang memerlukan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Dengan demikian, interaksi sosial merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap orang dalam kehidupan masyarakat.

Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai keinginan dan kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain. Hubungan itu terjadi karena manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya seorang diri. Coba bayangkan bila kalian hidup sendiri tanpa ada satu pun manusia di sekitar kalian. Bagaimana kalian bisa makan, berteduh, atau mengembangkan keturunan? Bagaimana kalian mempertahankan diri dari segala gangguan? Mustahil, ’kan?

Pengertian Interaksi Sosial, Apa itu Interaksi Sosial, Definisi Interaksi Sosial, Ciri-ciri Interaksi Sosial
Pengertian dan Ciri-ciri Interaksi Sosial | www.zonasiswa.com

Dengan demikian, hubungan sosial antarmanusia terjalin dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup bersama. Dalam hubungan itu satu sama lain saling memengaruhi. Seorang penjual sapu keliling membutuhkan jasa seorang sopir angkutan umum untuk mengangkut barang dagangannya ke pasar. Sebaliknya, sang sopir membutuhkan pedagang sapu keliling agar ia dapat memperoleh uang secara halal dengan cara mengantarkannya ke pasar. Hubungan timbal balik seperti itu disebut interaksi sosial. Apakah interaksi sosial itu? Berikut ini Zona Siswa akan menghadirkan Definis Interaksi Sosial untuk para pembaca sekalian.

Secara harfiah interaksi dapat diartikan sebagai suatu tindakan (action) yang berbalasan antarindividu atau antarkelompok. Interaksi sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian. Interaksi sosial melibatkan proses-proses sosial yang bermacam-macam, yang menyusun unsur-unsur dinamis dari masyarakat, yaitu proses-proses tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial.

Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.

Diketahui bahwa interaksi sosial merupakan sebuah proses hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, baik antarindividu, antarindividu dengan kelompok, maupun antarkelompok dengan kelompok dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian dapat diketahui bahwa di dalam interaksi sosial terdapat beberapa ciri sebagai berikut diantaranya adalah:

  1. jumlah pelakunya lebih dari satu orang, 
  2. terjadi komunikasi antarpelaku melalui kontak sosial, 
  3. bersifat timbal balik, positif, dan berkesinambungan,
  4. memiliki maksud dan tujuan yang jelas,
  5. ada penyesuaian norma dan bentuk-bentuk interaksi sosial, dan
  6. pola interaksi sosial terjalin dengan baik harus berdasarkan kebutuhan yang nyata, efektivitas, efisiensi, penyesuaian diri pada kebenaran, penyesuaian pada norma, tidak memaksa mental, dan fisik.

Dapat disimpulkan, interaksi sosial selalu dilakukan oleh setiap individu dalam bermasyarakat. Hal ini dikarenakan kondisi manusia yang terbatas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi sosial adalah hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Melalui interaksi akan terjadi perubahan-perubahan yang memungkinkan terbentuknya halhal baru sehingga dinamika masyarakat menjadi hidup dan dinamis. Oleh karena itu, interaksi sosial merupakan dasar terbentuknya dinamika sosial yang ada di masyarakat.

BACA JUGA:
1. Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
2. Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial
3. Syarat-syarat Interaksi Sosial

Itulah Pengertian Interaksi Sosial, semoga bisa berguna bagi yang membaca. Apabila ada kesalahan baik dalam penulisan kata maupun isi materi, mohon kiranya kritik dan saran yang membantu untuk kemajuan bersama. Terima kasih sudah berkenan berkunjung..

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar