Syarat-syarat Interaksi Sosial ~ Sebagaimana kita ketahui, interaksi sosial adalah adalah hubungan sosial antara satu orang atau lebih secara timbal balik dalam kerjasama, konflik, atau pun persaingan. Dalam interaksi sosial, paling tidak ada dua syarat yang harus dipenuhi. Apakah syarat-syarat interaksi sosial tersebut? Nah, Zona Siswa pada kesempatan kali ini akan menghadirkan penjelasan mengenai syarat-syarat interaksi sosial. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Interaksi Sosial, Syarat-syarat Interaksi Sosial, Syarat Interaksi Sosial, Kontak Sosial, Komunikasi, Kontak Sosial Sebagai Syarat Interaksi Sosial, Komunikasi Sebagai Syarat Interaksi Sosial.
Apa Saja Syarat Interaksi Sosial? | www.zonasiswa.com

Gillin dan Gillin mengatakan tidak semua hubungan sosial bisa disebut interaksi sosial. Suatu hubungan sosial dikatakan interaksi sosial apabila terdapat dua syarat yang terpenuhi. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial tersebut adalah adanya kontak sosial (social contact) dan komunikasi (communication).

1. Kontak Sosial (Social Contact)

Syarat pertama terjadinya interaksi sosial adalah kontak sosial. Apa itu kontak sosial? Kontak sosial yaitu hubungan sosial yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Sebagai contohnya, sentuhan, percakapan, maupun tatap muka. Namun, seiring dengan perkembangan zaman serta majunya teknologi saat ini telah memungkinkan terjadinya kontak sosial yang bersifat tidak langsung. Di mana pihak-pihak yang bersangkutan menggunakan media perantara untuk melakukan kontak sosial seperti e-mail, SMS, telepon, dan lain-lain.

Kontak sosial tersebut dapat berlangsung dalam tiga bentuk, yaitu sebagai berikut.

  1. Antara orang-perorangan, contohnya jika seorang siswa belajar dari seorang guru di sekolah.
  2. Antara orang-perorangan dengan suatu kelompok orang ataupun sebaliknya, contohnya antara partai politik dengan anggotanya.
  3. Antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya, contohnya dua buah organisasi pecinta alam berkerja sama untuk melestarikan lingkungan.

Suatu kontak dapat juga bersifat primer atau sekunder. Apa itu primer dan sekunder. Mari lihat penjelasan di bawah ini:

  1. Kontak primer terjadi jika suatu kontak sosial terjadi secara langsung yang berupa bertatap muka, berjabat tangan, berbicara secara langsung tanpa melalui perantara apa pun.
  2. Sebaliknya, kontak sekunder terjadi kalau disertai perantara, misalnya menggunakan alat komunikasi telefon, email, dan lain sebagainya.

2. Komunikasi (Communication)

Syarat kedua terjadinya interaksi sosial yaitu komunikasi. Komunikasi terjadi setelah kontak sosial berlangsung. Pada umumnya komunikasi mengacu pada proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respons tertentu.

Komunikasi terjadi kalau seseorang memberi arti pada perlakuan orang lain dengan menyampaikan suatu perasaan. Orang yang bersangkutan lalu menerima kemudian memberi reaksi pada perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Pentingnya kontak dan komunikas tidak terlepas dari tujuannya yaitu untuk terwujudnya interaksi sosial serta dapat diuji terhadap suatu kehidupan terasing (isolation). Adanya kehidupan terasing yang sempurna terjadi, kalau ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengadakan interaksi sosial dengan pihak-pihak lain. 


Demikin Syarat-syarat Interaksi Sosial, semoga bisa berguna bagi yang membaca. Apabila dari penjelasan di atas terdapat kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih..

0 komentar:

Posting Komentar