Tips Rambut Tebal ~ Rambut rontok adalah masalah umum saat ini. Rambut dianggap sebagai aset yang mampu meningkatkan penampilan fisik seseorang, kebotakan atau penipisan pada rambut adalah masalah yang pastinya setiap orang ingin mengatasinya secepat mungkin.

Beberapa faktor umum yang berkontribusi terhadap penipisan rambut adalah kondisi fisik yang berlebihan atau stres, ketidakseimbangan hormon, kekurangan nutrisi, polusi, alergi, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, kurangnya perawatan rambut secara rutin, dan keturunan.

Jika Kita mengalami penipisan rambut, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan dan produk rambut yang mahal. Ada banyak solusi alami untuk membantu Kita mendapatkan rambut lebih tebal. Berikut adalah 10 cara untuk mendapatkan rambut tebal secara alami.

Tips menebalkan rambut, Cara mendapatkan rambut tebal alami.
Tips Mendapatkan Rambut Tebal Secara Alami | zonasiswa.com

1. Telur

Terapi/perawatan protein secara teratur penting untuk meremajakan rambut menjadi lebih kuat dan tebal. Untuk perawatan protein rambut, bahan terbaik adalah telur.

  • Ambil satu atau dua telur, tergantung pada panjang rambut Kita, dan mengocoknya. Oleskan telur pada rambut yang basah dan biarkan sekitar 30 menit. Cuci rambut Kita dengan air hangat dan sampo. Kita dapat menggunakan pengobatan protein ini sekali atau dua kali seminggu.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampurkan satu kuning telur, satu sendok makan minyak rambut pilihan Kita dan dua sendok makan air. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala Kita secara menyeluruh. Ikuti pengobatan ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut lebih tebal.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga akan menambahkan volume pada rambut Kita. Ditambah lagi, minyak zaitun akan membantu melembutkan dan memperkuat rambut Kita.

  • Pijat rambut dan kulit kepala Kita dengan minyak zaitun hangat dan biarkan selama kurang lebih 30 sampai 45 menit. Bilas rambut secara menyeluruh dan cuci menggunakan sampo ringan. Kita juga dapat menggunakan minyak zaiyun pada rambut Kita semalaman dan kemudian keramas rambut Kita keesokan harinya.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit madu dan menggunakan campuran tersebut pada rambut Kita. Biarkan selama setidaknya 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Gunakan pengobatan ini satu atau dua kali seminggu.

3. Alpukat

Alpukat juga dapat digunakan untuk mendapatkan rambut tebal karena alpukat mampu melembabkan dan menambah volume rambut Kita. Ditambah lagi, vitamin E dalam buah ini berkontribusi terhadap kesehatan keseluruhan dari batang rambut.

  • Buatlah campuran masker rambut yang terbuat dari satu alpukat dan pisang yang sudah dihaluskan, lalu ditambahkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Pijat kulit kepala Kita menggunakan masker tersebut dan diamkan kurang lebih 30 menit sehingga nutrisi yang ada dapat diserap oleh kulit kepala. Langkah terakhir, bilas dan keramas rambut Kita hingga bersih.
  • Kita juga dapat membuat masker pelembab rambut dengan mencampur dua sendok makan minyak gandum dengan setengah alpukat matang yang sudah dihaluskan. Oleskan masker rambut ini pada rambut yang baru dikeramas dan biarkan selama setidaknya 20 menit. Langkah terakhir, bilas dan shampoo rambut Kita secara menyeluruh.

Gunakan salah satu dari masker alpukat rambut ini seminggu sekali.

4. Biji Fenugreek 

Biji fenugreek juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok dan memperoleh pertumbuhan rambut yang lebih baik.

  • Rendam 2-3 sendok makan biji fenugreek dalam air selama delapan sampai 10 jam. Giling biji yang sudah direndam untuk membuat pasta yang halus. Kita juga dapat mencampur dua sendok teh air kelapa di dalamnya. Oleskan pasta pada rambut dan kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit sebelum mencuci rambut Kita dengan air hangat. Ketika dilakukan setiap minggu secara teratur, pengobatan ini akan mencegah kulit kepala menjadi kering dan membantu Kita mendapatkan rambut lebih tebal.
  • Pilihan lain adalah dengan menggunakan air biji fenugreek yang sudah direndam semalaman sebagai bilasan rambut. Hal ini akan mendorong pertumbuhan rambut dan membantu KIta untuk menyingkirkan ketombe. Gunakan sekali atau dua kali seminggu.

5. Indian Gooseberry

Anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri dan sifat exfoliating yang ada dalam Indian gooseberry dapat banyak membantu dalam menjaga kulit kepala yang sehat dan tingkat pertumbuhan rambut yang lebih baik.

  • Campurkan satu sendok makan indian gooseberry atau bubuk amla dalam dua sendok makan minyak kelapa dan panaskan sampai mendidih. Saring minyak dan pijat ke kulit kepala Kita sebelum tidur. Keesokan paginya, sampo rambut Kita seperti biasa. Lakukan ini setiap minggu.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur seperempat gelas air hangat dalam setengah gelas bubuk indian gooseberry dan biarkan selama sekitar 10 menit. Oleskan pasta pada rambut Kita dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya. Jangan shampoo rambut Kita selama beberapa jam. Ikuti pengobatan ini setiap beberapa minggu.
  • Kita juga dapat mengambil buah indian gooseberry dan ekstrak sebagai suplemen makanan untuk menjaga kesehatan rambut.

6. Minyak Jarak (Castor Oil)

Memijat kulit kepala Kita secara teratur dengan castor oil adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan rambut tebal secara alami. Karena viskositas yang tinggi, Castor Oil melapisi rambut secara menyeluruh dan melindungi rambut terhadap kerontokan. Ditambah lagi, Castor Oil yang tinggi akan vitamin E dan asam lemak, hal itu mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

  • Panaskan campuran dari Castor Oil dan minyak kelapa. Hanya dengan menggunakan Castor Oil pun sebenarnya juga akan bekerja tetapi cenderung terlalu tebal.
  • Oleskan campuran tersebut pada kepala dan kulit kepala dan pijat dengan gerakan memutar.
  • Sisir rambut Kita untuk mendistribusikan minyak ke seluruh rambut dan menghapus kekusutan.
  • Tutup rambut dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat.
  • Biarkan selama setidaknya satu jam dan kemudian keramas rambut Kita seperti biasa.
  • Ikuti pengobatan ini sekali seminggu untuk mendapatkan rambut berkilau dan tebal.

7. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Bahan lain yang sangat populer yang dapat digunakan untuk mendapatkan rambut tebal adalah lidah buaya, berkat kualitas melembabkan. Lidah buaya juga akan membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala.

  • Ekstrak gel dari satu atau dua daun lidah buaya dan oleskan gel ke kulit kepala Kita. Diamkan selama 30 menit sebelum membilas rambut KIta dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu secara teratur.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur dua sendok teh air kelapa segar dalam gel lidah buaya dan menggunakannya ke kulit kepala Kita. Biarkan selama sekitar setengah jam sebelum membilasnya dan shampoo rambut Kita. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.
  • Kita juga dapat mengonsumsi satu sendok makan jus lidah buaya setiap hari pada waktu perut kosong untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang lebih baik dan kesehatan secara menyeluruh.

8. Daun Henna

Cara lain yang mudah untuk mendapatkan rambut tebal secara alami adalah dengan menggunakan henna. Daun henna akan memberikan kekayaan warna alami dan membuat rambut kita lebih tebal, lebih lembut dan tidak rentan terhadap kerusakan.

  • Haluskan segenggam daun henna segar dengan sedikit air untuk membuat pasta halus. Biarkan selama dua jam dan kemudian menggunakannya pada rambut Kita. Tutup rambut dengan shower cap. Setelah beberapa jam, cuci dan shampoo rambut Kita secara menyeluruh hingga bersih.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampurkan bubuk henna dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Sebagai pengganti air, Kita juga bisa menggunakan teh hijau untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Simpan pasta henna semalaman. Keesokan harinya, tambahkan satu telur mentah dan dua sendok teh sari lemon ke dalam campuran pasta henna tersebut. Oleskan pasta pada rambut Kita dan biarkan sampai kering sepenuhnya. Langkah terakhir adalah mencuci dan shampoo rambut Kita hingga bersih secara menyeluruh.

Catatan: Pastikan untuk mengenakan sarung tangan saat menggunakan henna dan menerapkan pasta menggunakan sikat rambut untuk menghindari pewarnaan.

9. Biji Rami (Flaxseed)

Kaya akan omega 3 asam lemak dan protein, biji rami juga dapat membantu dalam meningkatkan ketebalan rambut secara alami.

  • Rendam biji rami dalam seperempat gelas air semalaman. Keesokan harinya, rebus biji rami dengan dua gelas air dengan api besar sambil sesekali diaduk. Ketika mengental untuk konsistensi berbuih jelly kemudian matikan api dan saring gelnya. KIta juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial kedalamnya. Biarkan hingga dingin dan kemudian bisa digunakan sebagai gel rambut. Gel biji rami ini sangat baik bagi mereka dengan rambut keriting atau bergelombang.
  • Bahkan makan biji rami yang baru digiling dapat membantu mendapatkan rambut berkilau dan tebal. Kita juga dapat mengambil minyak biji rami.

10. Diet Sehat

Diet sehat kaya protein dan berbagai vitamin dan mineral merupakan syarat mutlak untuk rambut sehat dan tebal. Khususnya protein dan Vitamin B, mendukung ketebalan dan panjang rambut. Jadi, memasukkan lebih banyak susu, telur, yoghurt Yunani (memiliki lebih banyak protein daripada yogurt biasa), unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau segar dalam diet Kita.

Ikuti tips ini dan Kita akan melihat peningkatan tekstur rambut Kita dan ketebalan dalam hitungan minggu. Semoga bermanfaat! Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar