PENGERTIAN GEN ~ Di dalam nucleus, terdapat sejumlah kromosom. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya tentang pengertian kromosom, bahwa kromosom berfungsi membawa sifat individu dan membawa informasi genetika. Menurut Suryo (1997) kromosom tersusun atas nukleoprotein, yaitu persenyawaan antara asam nukleat dan protein seperti histon atau protamin. Namun, yang membawa keterangan genetik hanyalah asam nukleat saja. Asam nukleat itu meliputi DNA dan RNA. Bagian dari rantai DNA yang dapat mengkode suatu polipeptida melalui proses transkripsi dan translasi disebut gen. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menjelaskan mengenai apa itu gen. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Gen, Kromosom, DNA, RNA, Pengertian Gen, Definisi Gen, Apa itu Gen, Sifat-sifat Gen, Peranan Gen, Gen
Pengertian & Sifat-sifat Gen | http://www.zonasiswa.com

Gen merupakan salah satu unit bahan genetis. Istilah gen dikemukakan untuk pertama kalinya oleh W. Johanssen pada tahun 1909. Istilah tersebut merupakan pengganti dari istilah determinant factor atau elemen yang pernah dikemukakan oleh Gregor Mendel. Menurut Thomas Hunt Morgan, gen adalah materi yang mengandung satuan informasi genetik yang mengatur sifat-sifat menurun (sifat genetis), yang memenuhi lokus suatu kromosom. Gen memiliki fungsi untuk mengatur berbagai macam karakter fisik maupun karakter psikis dari suatu makhluk hidup. Contoh karakter fisik adalah morfologi, anatomi, dan fisiologi. Sementara itu, contoh karakter psikis adalah pemalu, pemarah, dan pendiam. Setiap makhluk hidup memiliki karakteristik gen yang berbeda, misalnya saja manusia, antar satu orang dan lainnya memiliki perbedaan baik secara fisik maupun fisiologi. Perbedaan tersebut dikarenakan faktor genetis mereka yang pada dasarnya berbeda.

"Dapat disimpulkan bahwa gen adalah substansi genetik terkecil yang terdiri atas sepenggal DNA yang menentukan sifat atau karakter suatu individu melalui pembentukan polipeptida. Oleh karena itu, gen memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol sifat-sifat individu yang diturunkan ke generasi selanjutnya."

Sebagai salah satu materi hereditas (faktor keturunan), gen mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, gen mempunyai fungsi sebagai zarah (zat terkecil serta tidak dapat dibagi-bagi lagi) tersendiri yang terdapat pada kromosom. Kedua, gen memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi genetik dari induk kepada keturunannya. Dan yang terakhir, gen memiliki fungsi untuk mengatur proses metabolisme dan perkembangan.

Gen mempunyai sifat-sifat sebagai berikut, diantaranya adalah; pertama, gen mengandung informasi genetic. Sifat lainnya dari gen adalaha setiap gen memiliki tugas serta fungsi yang berbeda-beda baik dalam hal mengatur proses metabolism dan perkembangan, ataupun dalam hal penyampain faktor genetis. Gen juga memiliki sifat tersendiri yang pada waktu pembelahan mitosis dan meiosis gen dapat mengadakan duplikasi. Yang terakhir, gen ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen, dan gen sebagai zarah yang terdapat dalam kromosom.

Berikut adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan Gen, diantaranya:
  • Gen dominan, yaitu gen yang menutupi ekspresi gen lain, sehingga sifat yang dibawanya terekspresikan pada turunannya (suatu individu) serta biasanya dinyatakan dalam huruf besar, contohnya A.
  • Gen resesif, yaitu gen adalah terkalahkan (tertutupi) oleh gen lain (gen dominan) sehingga sifat yang dibawanya tidak terekspresikan pada keturunannya.
  • Gen heterozigot , yaitu dua gen yang merupakan perpaduan dari sel sperma (A) dan sel telur (a).
  • Gen homozigot, dominan, merupakan dua gen dominan yang merupakan perpaduan dari sel kelamin jantan dan sel kelamin betina, contohnya genotipe AA.
  • Gen homozigot resesif, adalah dua gen resesif yang merupakan hasil perpaduan dua sel kelamin. Misalnya aa.
  • Genotipe, adalah sifat-sifat keturunan yang tidak bisa dilihat, contohnya AA, Aa, dan aa.

Baca juga:
3. Apa itu RNA?

Demikian penjelasan mengenai Apa Itu Gen?, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi para pembaca sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih.. ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, informasi unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading Zona Siswa. Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

0 komentar:

Posting Komentar