PENGERTIAN RNA ~ Unsur genetic yang terkandung dalam suatu sel selain DNA adalah RNA. Di dalam inti sel makhluk hidup, baik sel prokariotik maupun sel eukariotik terdapat asam nukleat yang berupa DNA dan RNA. Tetapi pada sebagian jenis virus tidak mempunyai DNA dan hanya memiliki RNA saja, maka dalam kasus tersebut fungsi RNA menjadi sama dengan DNA, baik sebagai materi genetik ataupun dalam mengatur aktivitas sel. RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibanding DNA. Lalu, apa sebenarnya RNA? Berikut ini Zona Siswa akan menjelaskan secara singkat mengenai definisi RNA. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian RNA, Definisi RNA, Apa itu RNA, Fungsi RNA, Jenis-jenis RNA.
Pengertian dan Jenis-jenis RNA (Ribosa Nucleid Acid) | http://www.zonasiswa.com

RNA (Ribosa Nucleid Acid), atau yang sering disebut asam ribonukleat, merupakan seutas benang tunggal yang tersusun dari molekul gula ribosa, gugus fosfat, dan asam nitrogen. Basa nitrogen yang terkandung dalam RNA terdiri atas golongan purin dan golongan pirimidin. Purin yang terkandung pada Basa nitrogen RNA memiliki dua jenis, yaitu adenin dan guanin; sedangkan golongan pirimidin yang terkandung dalam RNA memiliki jenis sitosin dan urasil. RNA dibentuk oleh DNA di dalam nukleus, melalui proses transkripsi DNA. Hasil transkripsi digunakan RNA untuk sintesis protein dalam sitoplasma sel.

Dapat disimpulkan, RNA (asam ribonukleat) adalah bahan genetis yang dibentuk oleh DNA dan tersusun atas molekul gula, ribusa, gugus fosfat dan asam nitrogen yang berfungsi sebagai unsur pembawa genetis dan mengatur aktivitas sel.

Walaupun memiliki peran yang hampr sama, antara DNA dan RNA berbeda. Letak perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah terletak pada bentuk molekulnya. Molekul RNA memiliki bentuk pita tunggal dan tidak berpiln sedangkan molekul DNA memiliki bentuk pita sepiral ganda.

Ada tiga jenis RNA, yaitu RNA duta (RNA-d), RNA transfer (RNA-t), dan RNA ribosom (RNA-r). Berikut adalah masing-masing penjelasan tentang ketiga jenis RNA tersebut:

a. RNA duta (RNA-d)
RNA-d memiliki fungsi sebagai pembawa informasi genetis. RNA-d memiliki peran sebagai pola cetakan dalam membentuk polipeptida dengan mengatur urutan asam amino dari polipeptida yang disusun. RNA-d sering disebut juga kodon. Istilah kodon disematkan pada RNA-d karena tuganya adalah membawa kode-kode genetik (berupa urutan basa nitrogen) dan sebagai cetakan untuk mensintesis protein.

b. RNA transfer (RNA-t)
RNA-t memiliki fungsi sebagai perjemahkan kodon dari RNA-d dan sebagai pengikat asam amino yang nantinya disusun menjadi protein di dalam ribosom. Pada RNA-t terdapat bagian yang memiliki fungsi sebagai antikodon yang berhubungan dengan kodon dan bagian lain yang berfungsi mengikat asam amino.

c. RNA ribosom (RNA-r)
RNA-r terletak di dalam ribosom. Jenis RNA ini dihasilkan orleh gen khusus yang dapat ditemukan di kromatin pada nukleus.

BACA JUGA:

Demikian penjelasan singkat mengenai Apa itu RNA?, semoga bisa membeirkan informasi yang dibutuhkan. Apabila dari artikel di atas terdapat suatu kesalahan baik berupa isi penjelasan maupun tulisan, mohon kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share ya! Terima kasih.. 

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, informasi unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading Zona Siswa. Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!

0 komentar:

Posting Komentar