Fotosintesis ~ Fotosintesis dapat diartikan sebagai proses pembentukan karbohidrat dan oksigen dari karbondioksida dan air dengan bantuan energi cahaya matahari. Proses fotosintesis tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi fotosintesis? Secara umum faktor yang mempengaruhi fotosintensis ada dua, yaitu faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar). Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan mengenai ke-dua faktor yang mempengaruhi Fotosintesis tersebut. Semoba bermanfaat. Check this out!!!

Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis, Fotosintesis, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Faktor Temperatur, Faktor Intensitas Cahaya, Faktor Kandungan Air, Faktor Kandungan Mineral, Faktor Kandungan CO2, Faktro Kandungan O2.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis (Internal & Eksternal)

A. Faktor Internal

Faktor internal fotosintesis lebih merujuk kepada faktor gen/hereditas suatu tumbuhan itu sendiri. Tumbuhan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap kondisi lingkungan untuk menjalankan kehidupan normal. Ada beberapa tumbuhan yang memiliki kelainan genetis, seperti tidak mampu membentuk kloroplas/albino. Hal tersebut disebabkan oleh karena faktor genetis yang tidak memiliki potensi untuk membentuk kloropas.

B. Faktor Eksternal

Aktivitas fotosintesis sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti temperatur, intensitas cahaya matahari, kandungan air dan mineral, serta kandungan CO2 dan O2.

1. Temperatur
Sebagaimana kita ketahui, aktivitas fofosintesis merupakan reaksi yang menggunakan enzim, sedangkan kerja enzim dipengaruhi oleh temperatur. Aktivitas fotosintesis tidak berlangsung pada suhu di bawah 5°C dan di atas 50°C. Mengapa demikian? Temperatur optimum fotosintesis sekitar 28–30°C. Tumbuhan yang hidup di daerah tropis memiliki enzim yang bekerja secara optimum karena tumbuh di lingkungan yang memiliki kisaran suhu optimum.

2. Intensitas Cahaya
Semakin tinggi intensitas cahaya matahari, semakin tinggi pula aktivitas fotosintesis. Hal ini terjadi jika didukung oleh tersedianya CO2, H2O, dan temperatur yang sesuai. Kenaikan aktivitas fotosintesis tidak akan terus berlanjut, tetapi akan berhenti sampai batas keadaan tertentu karena tumbuhan memiliki batas toleransi. Lamanya waktu pencahayaan sangat berpengaruh terhadap proses fotosintesis. Pada musim hujan, lama pencahayaan menjadi pendek yang mana berdampak pada aktivitas fotosintesis yang berkurang.

3. Kandungan Air dalam Tanah
Air adalah bahan dasar pembentukan karbohidrat (C6H12O6). Air adalah media tanam, penyimpan mineral dalam tanah, dan mengatur temperatur tumbuhan. Kurangnya kapasitas air dalam tanah akan memperlambat pertumbuhan tumbuhan. Kurangnya air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada klorofil sehingga daun menjadi berwarna kuning. Rusaknya klorofil tentu dapat mengganggu aktifitas fotosintesis.

4. Kandungan Mineral dalam Tanah
Mineral berupa Mg, Fe, N, dan Mn adalah unsur yang berperan dalam proses pembentukan klorofil. Tumbuhan yang hidup pada lahan yang kekurangan Mg, Fe, N, Mn, dan H2O akan mengalami klorosis atau penghambatan pembentukan klorofil sehingga daun berwarna pucat. Rendahnya kandungan klorofil dalam daun akan memperlambat terjadinya fotosintesis.

5. Kandungan CO2 di Udara
Kandungan CO2 di udara, sekitar 0,03%. Peningkatan konsentrasi CO2 hingga 0,10% meningkatkan laju fotosintesis beberapa tumbuhan hingga dua kali lebih cepat. Tetapi, keuntungan ini terbatas karena stomata akan menutup dan fotosintesis terhenti jika konsentrasi CO2 melebihi 0,15%.

6. Kandungan O2
Kurangnya kandungan O2 di udara dan dalam tanah akan memperlambat respirasi dalam tubuh tumbuhan. Rendahnya respirasi akan mengakibatkan rendahnya penyediaan energi. Hal ini menyebabkan aktivitas metabolisme terlambat khususnya fotosintesis.

BACA JUGA:
1. Pengertian Fotosintesis
2. Proses dan Reaksi Kimia Fotosintesis

Demikian penjelasan tentang Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis, semoga menjadi bahan bacaan yang berguna bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih… ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Ayo kirimkan karya sobat berupa puisi, informasi unik, cerpen, cerbung, dan lainnya di Mading Zona Siswa. Dan jadikan karya sobat dibaca oleh ribuan orang setiap harinya. Buruan, kirim yang banyak!!!