Lidah Buaya dianggap sebagai tanaman yang ajaib karena banyak mengandung manfaat kuratif dan penyembuhan. Daun lidah buaya yang berisi gel yang mengandung vitamin seperti A, B1, B2, B3, B6, B12, C dan E, dan asam folat. 

Mineral yang ditemukan di jus lidah buaya adalah zinc, zat besi, natrium, kalsium, kalium, kromium, magnesium dan mangan. Semua nutrisi ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. 

Para ahli kesehatan melihat bahwa lidah buaya sebagai ramuan alami yang serbaguna. Tanaman lidah buaya aman digunakan dari luar maupun dari dalam. Orang-orang di seluruh dunia menggunakan ramuan lidah buaya untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan dari luka bakar ringan sampai dengan kanker. 

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari lidah buaya. 

Lidah Buaya, Manfaat Lidah Buaya, Manfaat Lidah Buaya untuk Kekebalan Tubuh, Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit, Manfaat Lidah Buaya untuk Berat Badan, Manfaat Lidah Buaya untuk Gusi, Manfaat Lidah Buaya untuk Sembelit, Manfaat Lidah Buaya untuk Peradangan, Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat, Manfaat Lidah Buaya untuk Gula Darah, Manfaat Lidah Buaya untuk Jantung, Manfaat Lidah Buaya untuk Kolesterol.
10 Manfaat Lidah Buaya | http://www.zonasiswa.com/

1. Mendorong Kekebalan Tubuh

Lidah buaya kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan untuk membantu memerangi radikal bebas yang ada pada tubuh. Radikal bebas adalah senyawa tidak stabil yang buruk bagi kesehatan Kita dan berkontribusi terhadap proses penuaan. 

Minum jus lidah buaya secara teratur memberikan tubuh pasokan rutin antioksidan yang dapat mendorong dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit 

Lidah buaya merupakan salah satu ramuan alami yang biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit. Lidah buaya mampu menyejukkan kulit, menghidrasi, memelihara dan mempercepat regenerasi jaringan kulit baru. Dengan menggunakan gel lidah buaya yang segar di wajah Kita, Kita dapat menikmati kelembabannya, kulit bercahaya dengan sempurna. 

Selain itu, lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar matahari, lecet, gigitan serangga, reaksi alergi, luka bakar ringan, radang dan masih banyak lagi. Bahkan orang-orang yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan lidah buaya tanpa masalah apapun. 

3. Menagatur Berat Badan dan Tingkat Energi 

Minum jus lidah buaya membantu dalam membersihan sistem pencernaan secara alami. Ada banyak zat makanan yang dapat menyebabkan kelelahan dan keletihan, namun kita dapat mengatasinya dengan minum jus lidah buaya. 

Bila dikonsumsi secara teratur, jus lidah buaya juga akan membantu meningkatkan energi Kita dan membantu menjaga berat badan kita tetap ideal. 

4. Mengobati Gusi yang Sakit

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mulut dan gusi karena mengandung antibakteri yang alami dan sifat antimikroba. Lidah buaya juga mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan pertumbuhan sel dan penyembuhan gusi berdarah juga sariawan. 

Ketika gusi kita sakit, pijat saja gusi Kita dengan gel lidah buaya yang segar. Kita juga dapat mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada sikat gigi Kita sebelum menyikat gigi dan dalam beberapa menit mulut Kita akan merasa jauh lebih baik. Minum jus lidah buaya secara teratur juga membantu mendorong gigi lebih kuat dan sehat. 

5. Menghentikan Sembelit 

Jus lidah buaya memiliki serat alami yang membantu pencernaan dan meningkatkan gerakan usus. Sebagai salah satu obat cuci perut, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit. 

Ketika sembelit, minum jus lidah buaya setiap hari. Perlu diingat bahwa setelah mengambil lidah buaya, dibutuhkan sekitar 10 jam untuk mendapatkan hasil yang efektif. 

6. Menghentikan Peradangan 

Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat luar untuk meringankan peradangan sendi dan mengurangi rasa sakit radang sendi. Kita juga bisa minum jus lidah buaya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Orang yang minum jus lidah buaya selama dua minggu biasanya mulai mengalami penurunan gejala nyeri dan peradangan yang signifikan. 

Lidah buaya juga dianggap sebagai herbal rumah yang sangat baik untuk radang usus ringan karena mengandung sifat anti-inflamasi. 

7. Menghilangkan Jerawat 

Gel lidah buaya digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit untuk mengobati berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat. 

Jerawat adalah masalah yang sangat umum di mana kelenjar sebaceous menjadi lebih aktif dan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak yang bercampur dengan kulit mati, kotoran dan bakteri yang menutup pori-pori kulit, dapat menyebabkan peradangan dan jerawat. 

Ketika gel digunakan pada kulit yang berjerawat dua kali sehari sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam lidah buaya akan membantu menghilangkan jerawat dan bintik-bintik. Kita juga dapat menggunakan produk perawatan kulit dari lidah buaya untuk mengobati luka dan kemerahan yang berhubungan dengan jerawat. 

8. Menstabilkan Tingkat Gula Darah  

Jus lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dengan menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi trigliserida. Untuk hasil terbaik, minum jus lidah buaya secara teratur selama tiga bulan untuk melihat penurunan kadar gula darah yang signifikan. 

Selain itu, suplemen lidah buaya dapat membantu mengobati neuropati perifer (mati rasa tangan dan kaki) yang terkait dengan diabetes. 

9. Mengurangi Serangan Jantung 

Dengan meningkatkan kualitas darah Kita, Kita dapat secara signifikan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke di masa mendatang. Untuk meningkatkan kualitas darah Kita, Kita harus mengkonsumsi lidah buaya secara teratur. 

Lidah buaya menghentikan penggumpalan sel darah secara bersamaan, yang merupakan salah satu penyebab utama dari stroke. Aliran darah yang tepat juga memastikan oksigen dan nutrisi dapat mencapai setiap organ dan sel dalam tubuh Kita. Oksigen yang cukup ke seluruh tubuh juga membantu mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. 

10. Menurunkan Kolesterol Tinggi 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ketika diambil secara internal, gel meningkatkan kualitas darah dan juga menurunkan kolesterol tinggi. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Science Gizi dan Vitaminology menunjukkan bahwa asupan rutin lidah buaya dapat membantu menurunkan produksi kolesterol sekitar 30 persen. Konsultasikan dengan dokter Kita untuk dosis yang tepat dari suplemen lidah buaya untuk mengetahui kondisi spesifik kolesterol kita. 

Dengan banyaknya potensi atau manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya, lidah buaya sangat cocok ditanam dihalaman kita untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang ada. 

Semoga penjelasan mengenai Manfaat Lidah Buaya di atas bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

Sumber: 
www.ncbi.nlm.nih.gov/

0 komentar:

Posting Komentar