Manfaat Bawang Putih - Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang paling umum digunakan untuk menambahkan aroma dan rasa pada makanan atau masakan. Tidak cuma itu, bawang putih juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Unsur pengobatan yang utama dalam bawang putih adalah allicin, yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan antioksidan. Selain itu, bawang putih mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, B, B2 dan C, serta protein, kalium, kalsium, zinc, copper, zat besi, selenium, mangan dan banyak lainnya. 

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat membantu Kita untuk melindungi, serta meningkatkan, kesehatan tubuh Kita. Untuk medapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari bawang putih, dianjurkan untuk memakannya dalam keadaan mentah. Ketika dimasak, bawang putih akan kehilangan sebagian besar khasiat pengobatan yang dikandungnya. 

Manfaat Bawang Putih, Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol, Manfaat Bawang Putih untuk Rematik, Manfaat Bawang Putih untuk Berat Badan, Manfaat Bawang Putih untuk Kanker, Manfaat Bawang Putih untuk Hipertensi, Manfaat Bawang Putih untuk Alergi, Manfaat Bawang Putih untuk Batuk, Manfaat Bawang Putih untuk Gula Darah, Manfaat Bawang Putih untuk Sakit Gigi, Manfaat Bawang Putih untuk Pencernaan.
10 Manfaat Kesehatan Bawang Putih | www.zonasiswa.com

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol 

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 600mg sampai 900mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi pembentukan plak arteri sebesar 5% sampai 18%. Sifat antioksidan dalam bawang putih membantu mengikat radikal bebas berbahaya, yang dapat berkontribusi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Bawang putih juga menghalangi hati membuat terlalu banyak LDL. Jadi, ketika bawang putih segar dikonsumsi secara teratur, kadar kolesterol LDL secara signifikan berkurang tanpa menyakiti kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang menguntungkan. 

2. Mengurangi Nyeri Radang Sendi/Rematik

Bawang putih juga telah dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya pada orang dengan gejala rematik. Bawang putih dicampur dengan krim lidah buaya dapat meredakan nyeri pada radang sendi dan sakit karena rematik. Berbagai senyawa kimia yang terkandung dalam bawang putih juga diyakini dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai bentuk radang sendi. 

3. Menurunkan Berat Badan

Banyak peneliti percaya bahwa kandungan anti-inflamasi dalam bawang putih membantu mengatur pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh, yang mana merupakan salah satu faktor utama dalam obesitas. Mengkonsumsi secara teratur bawang putih dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat. 

4. Menghambat Kanker 

Bawang putih membantu mencegah kanker, terutama dari sistem pencernaan. Bawang putih juga mencegah tumor tertentu bertambah besar dan mengurangi ukurananya. Kehadiran alil sulfur dalam bawang putih dapat memperlambat kemajuan pertumbuhan sel kanker. Asupan harian bawang putih penting bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. 

5. Mencegah Hipertensi 

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih juga mengurangi tekanan darah tinggi. Bawang putih bertindak sebagai vasodilator yang membantu untuk melebarkan pembuluh darah, membuat aliran darah lebih lancar. Juga bawang putih memainkan peran besar dalam mencegah pembentukan gumpalan darah. Hal ini membantu untuk menurunkan tekanan darah. Tapi perlu diingat, lebih baik mengkonsultasikan terlebih dahulu ke ahli kesehatan.

6. Melawan Alergi 

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan berbagai jenis alergi. Bawang Putih juga telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas karena alergi. Jus bawang putih mentah adalah pilihan yang baik untuk mengurangi gatal akibat gigitan serangga atau jenis alergi yang lainnya. 

7. Mengobati Batuk 

Bawang putih merupakan sumber vitamin C, B6 dan mineral selenium dan mangan - yang semuanya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Juga, sifat antibakteri membuat bawang putih berkhasiat mengobati batuk dan iritasi tenggorokan lainnya. Bawang putih juga dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan atas. Bawang putih juga sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai gangguan paru-paru seperti asma.

8. Mengatur Kadar Gula dalam Darah 

Bawang putih dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin pada penderita diabetes. Mengkonsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat membantu menstabilkan kadar gula darah serta mencegah diabetes. 

9. Menyembuhkan Sakit Gigi 

Kandungan antibakteri, analgesik dan anesthetizing dalam bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi. Cukup menaruh beberapa minyak bawang putih atau sesiung bawang putih langsung ke gigi yang sakit dan di sekitarnya gusi dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi atau gusi. Perlu diketahui bahwa bawang putih dapat mengiritasi gusi. 

10. Membantu Pencernaan 

Bawang putih membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Bawang putih dapat mencegah penyumbatan pada pankreas lambung dan usus yang bertanggung jawab untuk mencerna nutrisi. Bawang putih juga memicu hati untuk melepaskan racun dari tubuh dan juga melindungi hati dari bahaya. 

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari bawang putih, cobalah untuk memakan bawang putih yang masih segar dan mentah. Mereka yang tidak bisa mentolerir rasa bawang putih mentah dapat mendapatkan khasiat bawang putih dalam bentuk bubuk, pasta atau bentuk pil. Untuk kebanyakan orang, bawang putih tidak menyebabkan efek samping yang serius. Namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, bawang putih dapat menyebabkan iritasi lambung, mulas atau kembung.

Semoga informasi menarik dan unik tersebut di atas tentang Manfaat Bawang Putih bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar