Wanita berKARYA bukan Wanita berSENSASI
Oleh Deta Rosa Selviani

Wanita bukanlah sosok yang lemah yang hanya berdiri dibelakang pria, bukanlah sosok yang mudah disakiti oleh pria dan bukan lah sosok yang hanya bisa berdiam diri tanpa melakukan perubahan untuk diri maupun orang lain. Namun sebaliknya dia adalah sosok yang cukup tangguh untuk menjadi partner yang sepadan untuk pria dan sosok yang lembut penggerak perubahan dunia.  

Wanita pada zaman modern ini bukan lagi seperti wanita yang hidup pada zaman RA. Kartini dengan wanita yang diskriminasi dan sama sekali tidak mempunyai ruang gerak yang bebas, jangankan untuk mengubah nasib untuk berkarya untuk menciptakan sesuatu hal yang berguna untuk diri nya maupun orang lain adalah hal yang sangat tidak mungkin; apalagi lari dari kebodohan yang membelenggu dan mau terlepas dari diskriminasi yang telah membudaya pun sangatlah tidak mungkin. Namun wanita yang pada zaman modern ini haruslah wanita yang cerdas dan berwawasan luas, membekali diri dengan pengetahuan yang benar sehingga bisa membuat karya perubahan bagi lingkungan nya. Wanita yang sekarang  tidak boleh hanya cetar membahana ter ala-ala karena sensasi yang dibuat tetapi menjadi sosok yang dipandang dan dibanggakan karena karya-karya yang mampu menginspirasi dan berguna banyak orang.

Mading Zona Siswa, Opini, Informasi Unik, Informasi Bermanfaat.
Wanita berKARYA bukan Wanita berSENSASI Oleh Deta Rosa Selviani

Wanita yang mampu berkarya—menginspirasi merupakan seseorang yang hati nya hancur apabila melihat kekacauan disekitarnya lalu tangan nya terulur untuk meringankan beban orang-orang yang membutuhkan dan mengubahnya untuk menjadi lebih baik karena apalah arti tergerak apabila tidak bertindak, uluran tangan nya bukan untuk pencitraan, tapi bentuk kasih sayang diwujud nyatakan. Apakah wanita seperti itu pantas dibilang wanita hebat? IYA, karena mereka mampu melakukan perubahan terhadap lingkungan dan dengan ikhlas membantu sekitarnya. Berbeda dengan wanita yang hanya bisa nya bersensasi yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan apa yang terjadi dengan lingkungan, wanita seperti itu hanya memikirkan bagaimana cara membuat diri nya terkenal dan bagaimana agar sensasi nya dikenal dan mendapat banyak respon dari orang banyak dan tidak peduli mau respon nya positif atau negatif yang penting diri mereka terkenal. Apakah wanita seperti itu pantas dibilang wanita hebat? TIDAK, ingat wanita hebat adalah wanita yang mampu melakukan perubahan lewat karya yang diciptakanya bukan karena sensasi nya.

Wanita sekarang haruslah berkarya menginspirasi jangan hanya membuang-buang waktu saja dengan hal yang tidak berguna atau membuat sensasi-sensasi yang tidak jelas dan jika seorang wanita ingin bersensasi jangan lah bersensasi dalam hal yang tercela dan sombong yang hanya menimbulkan hujatan negatif tapi bersensasi lah lewat karya-karya yang hebat yang mampu menimbulkan perubahan yang baik dalam hidupnya dan orang lain. Dan ingat jangan lah terkenal karena sensasi tetapi terkenal lah lewat karya hebat. 

Bisa kita ambil contoh seorang artis Dian Sastrowardoyo yang mampu berkarya dengan mendirikan sekolah gratis perempuan sejak november 2009, yang bernama “Yayasan dian sastrowardoyo” melalui yayasan ini, dian berharap bisa mencerdaskan perempuan bangsa dan menciptakan wanita-wanita yang berkualitas nanti nya. Sehingga kita bisa lihat sendiri seorang artis mampu berkarya mContoh analisis kompleks wilayah diterapkan dalam perancangan kawasan permukiman. Langkah awal, dilakukan identifikasi wilayah potensial di luar Jawa yang memenuhi persyaratan minimum, seperti kesuburan tanah dan tingkat kemiringan lereng. Langkah kedua, identifikasi aksesibilitas wilayah. Dari hasil identifikasi ini dirumuskan rancangan untuk jangka panjang dan jangka pendek untuk pengembangan kawasan tersebut.mampu mempunyai gagasan perubahan dan menepis bahwa dunia artis tidak hanya penuh sensasi saja membuktikan bahwa bisa berkarya. Dan seorang anak petani mantan TKW bernama Heni mendirikan sekolah gratis untuk para anak yang tidak mampu didesa nya sehingga ia bisa membuktikan walaupun terlahir dari keluarga yang sederhana namun ia mampu berkarya melakukan perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Ingat tak masalah dicibir asal tetap berkarya daripada dipuja-puji karena sensasi belaka dan menjadi sosok yang inspiratif bukanlah hal yang sulit setiap orang bisa menjadi sosok seperti itu dari mana pun mereka berasal yang penting ada niat dan kemauan yang keras untuk melakukan perubahan. 

Semoga disekitar kita semakin banyak sosok wanita yang hebat yang mampu menginspirasi lalu nanti nya akan dikenang dan diingat selalu karena karya prestasi dan keindahan hati bukan karena sensasi yang hanya menuai hujatan negatif disana-sini dan jangan kita biarkan RA. Kartini menangis melihat perilaku wanita sekarang. Mari cerdaskan diri kita untuk dapat mencerdaskan perempuan bangsa dan ikut melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Stop berSENSASI saatnya berKARYA!!! Teruslah berKARYA bukan berSENSASI!!!

Profil Penulis:
Nama: Deta Rosa Selviani
TTL: Lampung,13 desember 1997
Alamat: Lampung, Panaragan Tulang bawang barat
Sekolah: Universitas Pamulang
Hobby: Membaca segala buku
Alamat facebook: Deta rosa selviani

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar