Fakta Unik Harimau ~ Harimau (Panthera tigris) adalah kucing terbesar di dunia dengan tubuh yang bisa tumbuh sekitar 2,5 meter. Harimau adalah jenis kucing besar yang paling kuat dari semua kucing besar dan merupakan hewan asli dari Asia timur dan Asia selatan. Selama 100 tahun terakhir, mereka telah kehilangan 93% dari daerah mereka. Bahkan ada beberapa subspecies harimau seperti jenis harimau jawa dan harimau bali yang telah dinyatakan punah. Populasi global harimau di alam diperkirakan berjumlah antara 3.062 hingga 3.948 ekor saja. 

Fakta Unik Hewan, Fakta Unik Harimau, Keunikan Harimau, Deskripsi Harimau, Tentang Harimau, Info Menarik Harimau.
23 Fakta Unik Harimau yang Mengaggumkan | Credit Photo WWF

  1. Nama Latin untuk harimau adalah 'Panthera tigris'.
  2. Mereka dapat hidup hingga 26 tahun di penangkaran dan di alam liar.
  3. Harimau lebih menyukai habiatat seperti hutan, padang rumput dan rawa bakau.
  4. Ada enam spesies harimau yang masih bertahan yaitu, harimau Bengal, Indocina, Malaya, Siberia, Cina Selatan dan Sumatera.
  5. Sedengakan tiga spesies harimau lainnya sudah mengalami kepunahan yaitu Harimau Bali, Caspian, dan Jawa.
  6. Harimau putih sebenarnya adalah harimau Bengal yang mengalami gen resesif dan inbreeding.
  7. Selain harimau putih, ada juga harimau yang memiliki warna putih emas. Diperkirakan masih sekitar 30 ekor dipenangkaran.
  8. Jika diukur dari kepala sampai ekor, panjang harimau dewasa berkisar antara 3,3 meter.
  9. Harimau dewasa memiliki berat sekitar 310 kg.
  10. Setiap harimau memiliki garis-garis yang unik dan berbeda setiap harimau. Garis-garis tersebut befungsi layaknya sidik jari pada manusia. Para peneliti biasa membedakan antara harimau satu dan lainnya menggunakan pola garis-garis pada tubuh mereka.
  11. Harimau adalah hewan soliter. Artinya, mereka cendurung hidup sendiri.
  12. Mereka adalah jenis hewan yang suka terhadap air. Diketahui, harimau merupakan hewan yang memiliki kemampuan berenang yang baik.
  13. Mangsa harimau beragam, tergantung habitat yang mereka tinggali. Mangsa mereka adalah kijang, babi hutan, kerbau, unta, ikan, dan kuda.
  14. Menariknya, harimau mampu bertahan selama dua minggu tanpa makan.
  15. Mereka dapat menghabiskan sekitar 34 kilogram daging sekali makan.
  16. Metode yang digunakan harimau dalam memburu mangasanya adalah diawali dengan mengendap-endap, kemudian menyergapnya dengan cengkraman yang kuat sebelum mengigitnya.
  17. Mereka mampu membuat lompatan horizontal hingga 10 meter.
  18. Harimau rata-rata mampu melahirkan anakan harimau antara 1 sampai 3 anak saja. Namun, tercatat ada harimau yang mampu melahirkan hingga 6 anak.
  19. Anak harimau yang baru dilahirkan mengalami kebutaan. Setelah empat belas hari, anak harimau baru membuka bisa melihat.
  20. Setelah empat belas hari, anaknya akan membuka mata mereka.
  21. Anakan harimau membutuhkan waktu sekitar dua atau dua setengah tahun untuk memisahkan diri dari induknya.
  22. Harimau adalah hewan yang sangat terancam. Mereka oleh manusia untuk diambil bulu, daging, dan cakarnya.
  23. Harimau dijadikan sebagai hewan nasional oleh beberapa negara diantaranya Bangladesh, India, dan Malaysia. 

Semoga Fakta Unik Harimau di atas bisa memberi informasi bagi sobat sekalian dan tentunya bisa bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar