Fakta Unik Gajah ~ Gajah (Loxodonta) merupakan hewan mamalia darat terbesar di bumi. Gajah adalah hewan herbivora denga tubuh besar, kuat, dan kekar. Karena fisiknya tersebut, tidak ada predator yang berani memburu mereka, terkecuali manusia. Ciri khas dari gajah adalah belalai, gading, dan telinga yang dimilikinya. Sebelumnya kita sudah membahas tentang deskripsi Gajah Asia dan Gajah Afrika. Namun, mengetahui deskripsi aja tidaklah cukup. Banyak fakta unik menarik yang perlu teman-teman ketahui tentang gajah. Untuk itu, kami hadirkan fakta-fakta unik-menarik gajah yang belum anda ketahui.

Gajah, Fakta Unik Gajah, Gambar Gajah, Keunikan Gajah,
22 Fakta Unik Gajah Yang Belum Kamu Ketahui | Credit Photo: WWF

  1. Jika seekor gajah meninggal, anggota keluarganya akan merawat tulang-tulangnya dengan sangat baik.
  2. Rata-rata, ukuran telinga gajah Afrika dan gajah Asia sangat berbeda. Telinga gajah Afrika tiga kali lebih besar daripada telinga gajah Asia.
  3. Rata-rata gajah dewasa buang air besar sekitar 36 kilogram per hari!
  4. Baik Gajah Afrika dan Asia menggunakan telinga mereka yang besar mendinginkan suhu tubuh mereka.
  5. Selama Perang Dunia II, bom pertama yang dijatuhkan di Berlin oleh Sekutu menewas satu-satunya gajah di Kebun Binatang Berlin.
  6. Mamalia darat besar ini bisa minum hingga 302 air dalam satu hari.
  7. Mereka dapat mencium bau air dari jarak 3,2 kilometer.
  8. Gajah adalah satu-satunya mamalia yang tidak bisa melompat.
  9. Setiap gajah memiliki bentuk telinga yang berbeda-beda.
  10. Mereka dapat berenang untuk jarak yang cukup jauh.
  11. Walaupun memiliki telinga yang besar, ternyata gajah memiliki pendengaran yang buruk.
  12. Gajah mampu hidup hingga umur 70 tahun.
  13. Seekor gajah akan menghabiskan sekitar 16 jam per hari hanya untuk makan
  14. Gajah adalah hewan yang tidak lama tidur. Mereka hanya tidur sekitar 5 jam setiap malamnya.
  15. Gajah tidur sambil berdiri.
  16. Belalai mereka tidak memiliki tulang. Namun, belalai gajah terdiri dari 150.000 otot dan saraf yang membuatnya sangat felsibel dan kuat.
  17. Kulit gajah sangat keras dengan tebal sekitar 1 inci.
  18. Gajah mampu mengontrol belalainya dengan baik. Dengan belalainya, gajah mampu menghisap air, menyeburkan air, mengangkat batang, memetik daun, hingga mampu mengangkat telur burung tanpa menghancurkannya.
  19. Gajah menggunakan ujung belalainya seperti halnya kita menggunakan jari. Dangan ujung belalainya, gajah mampu menggaruk kulit yang gatal, atau menghapus debu dari mata mereka.
  20. Belalai gajah juga dapat berfungsi sebagai selang.
  21. Belalai gajah mampu menhisap 5 liter air dalam sekali hisap.
  22. Gajah mendengarkan dengan kaki dan telinga. Ketika gajah berbicara, mereka menciptakan suara gemuruh bernada rendah yang hampir tidak terdengar tapi mampu mengirim getaran melalui bumi yang bisa dirasakan oleh kaki mereka.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang Fakta Unik Gajah, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian tentang khasanah flora fauna yang ada di dunia. Apabila ada diantara sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. 

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar