Manfaat Minyak Kelapa - Minyak kelapa telah menjadi bahan makanan pokok yang diakui memiliki berbagai macam khasiat selama berabad-abad di daerah tropis, terutama Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Untuk alasan yang baik itu pula, penggunaan dan popularitas minyak kelapa tumbuh dan berkembang di seluruh dunia. Minyak kelapa mengandung berbagai sumber nutrisi baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebagai mana Kita ketahui, minyak mengandung lebih dari 90 persen lemak jenuh dan sudah lama diyakini tidak sehat. Namun pendapat-pendapat tersebut mulai bergeser seiring banyaknya penelitian yang mengungkapkan tentang efek positif bagi kesehatan yang didapat dari minyak kelapa.

Sebagai contoh, minyak kelapa memiliki khasiat antioksidan, antimikroba, antibakteri, antivirus dan antijamur. Minyak kelapa juga berkhasiat membantu dalam penyerapan mineral lainnya.

Bahkan, minyak kelapa adalah salah satu dari makanan yang diklasifikasikan sebagai "superfood" yang membantu perkembangan kesehatan dan kecantikan dari dalam dan luar.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari minyak kelapa.

Manfaat Minyak Kelapa, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Sistem Kekebalan Tubuh, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Menurunkan Kolesterol, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Mengontrol Gula Darah, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Mengobati Infeksi, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Menghapus Stertch Mark, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pencernaan, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kekuatan Tulang, Manfaat Minyak Kelapa Untuk Penyakit Alzheimer, Manfaat Minyak Kelapa Untuk  Menurunkan Berat Badan.
10 Manfaat Minyak Kelapa yang Belum Banyak Diketahui | Credit Photo Huffington Post

1. Meningkatkan Sistem kekebalan 

Minyak kelapa terdiri dari lemak sehat - asam laurat, asam kaprilat dan asam kaprat yang mengandung antijamur, antibakteri, antivirus dan antimikroba, yang semuanya itu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah sistem kekebalan yang kuat berarti tubuh lebih mampu melawan berbagai virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, candida dan bahkan HIV.

Dengan menambahkan minyak kelapa pada program diet Kita, mampu menjaga sistem kekebalan tubuh Kita sepanjang tahun.

2. Menurunkan Kolesterol 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet dengan penggunaan minyak kelapa dapat meningkatkan tingkat high density lipoprotein (HDL atau kolesterol "baik") dan mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol "jahat") dalam darah Kita.

Minyak kelapa juga mengurangi risiko cedera dan kerusakan arteri serta membantu mencegah aterosklerosis. Kemajuan fungsi minyak kelapa dalam faktor risiko kardiovaskular akan membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dalam jangka panjang.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung bisa mendapatkan manfaat dengan menambahkan minyak kelapa pada makanan mereka setiap harinya untuk mengurangi risiko penyakit tersebut.

3. Kontrol Gula Darah 

Minyak kelapa juga diketahui dapat membantu mengendalikan gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Garvan Institut Riset Medis menemukan bahwa asam lemak rantai karbon sedang (medium) (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) yang ada dalam minyak kelapa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Lemak pada minyak kelapa diserap ke dalam sel dengan mudah dan dengan mudah pula diubah menjadi energi. Proses ini meningkatkan sensitivitas insulin. Minyak kelapa juga mendorong pemanfaatan yang efektif dari glukosa darah, yang berperan penting dalam mencegah serta mengobati diabetes.

Lemak yang terdapat dalam minyak kelapa dapat dikonsumsi pada penderita diabetes tanpa rasa takut.

4. Mengobati Infeksi

Minyak kelapa memiliki antimikroba, antivirus dan antijamur yang membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, virus dan jamur. Ditambah lagi kelembaban dan kelembutan dari minyak kelapa, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati berbagai jenis infeksi jamur. Minyak kelapa sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati infeksi jamur yang dikenal dengan "Candida".

Penggunaan minyak kelapa murni pada kulit yang terinfeksi jamur "Candida" dapat membantu dari proses peradangan, kelembaban yang tinggi pada minyak kelapa juga menjaga kulit dari keretakan atau pengelupasan. Bagi penderita "Candida" diharuskan juga meningkatkan asupan minyak kelapa untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Menghapus 'Stretch Marks'

Pelembab dan antioksidan yang dimiliki minyak kelapa secara efektif dapat mengurangi munculnya 'stretch mark'. Lemak jenuh yang sehat dalam minyak kelapa akan membantu memperkuat dinding sel kulit dan sifat antioksidan membantu melawan radikal bebas dan menyehatkan kulit yang rusak.

Ketika memijat di daerah 'Stretch Marks' minyak kelapa diserap jauh ke dalam kulit dengan sangat cepat. Selain itu, minyak kelapa juga membantu mengobati berbagai masalah kulit termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya.

Untuk mencegah atau mengurangi 'stretch mark', Kita dapat menggunakan minyak kelapa baik dari dalam maupun dari luar.

6. Memelihara Rambut 

Minyak kelapa secara efektif dapat membantu menjaga keindahan rambut agar tetap sehat dan berkilau. Minyak kelapa dianggap sebagai salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut Kita. Minyak kelapa dengan mudah menembus jauh ke dalam batang rambut, sehingga nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut sampai kebagian dalam batang rambut.

Hal ini pada akhirnya dapat membantu mempercepat laju pertumbuhan rambut sekaligus juga memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Ditambah lagi dengan struktur kimia yang unik dari minyak kelapa yang memiliki kekuatan untuk menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari ketombe dan kutu.

Untuk menutrisi dan menyembuhkan rambut yang rusak, pijatlah kulit kepala Kita dengan menggunakan minyak kelapa hangat dua atau tiga kali seminggu.

7. Membantu Pencernaan 

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk sistem pencernaan. Minyak kelapa membantu proses pencernaan dan juga mencegah berbagai masalah perut dan pencernaan seperti gangguan pencernaan, wasir dan sembelit.

Kandungan asam lemak rantai karbon sedang (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) dalam minyak kelapa membutuhkan lebih sedikit energi dan lebih sedikit enzim untuk memecah. Hal ini memungkinkan minyak lebih mudah dicerna dan diserap, yang sangat penting bagi orang yang menderita masalah pencernaan.

Ditambah lagi, minyak kelapa membantu penyerapan nutrisi lain, seperti vitamin, mineral dan asam amino, yang membantu dalam proses pencernaan.

Jika Kita mengalami berbagai masalah pencernaan, kita bisa menambahkan minyak kelapa pada makanan kita. Dalam beberapa hari kita akan mengalami peningkatan kesehatan pencernaan.

8. Meningkatkan Kekuatan Tulang 

Minyak kelapa membantu penyerapan tubuh dari kalsium, magnesium, vitamin D, dan mineral penting lainnya. Kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang.

Telah ditemukan bahwa wanita paruh baya yang rentan terhadap osteoporosis secara signifikan dapat mengurangi risiko mereka dengan asupan minyak kelapa yang rutin.

Para ahli kesehatan bahkan merekomendasikan memberikan ekstra minyak kelapa murni untuk anak-anak kecil agar meningkatkan kekuatan tulang mereka.

9. Melawan Penyakit Alzheimer 

Terdapat hubungan yang kuat antara mengkonsumsi secara teratur minyak kelapa dan pencegahan Alzheimer dan masalah otak lainnya.

Studi kasus seorang dokter anak, Dr. Mary Newport juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat bermanfaat dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Hal ini diyakini bahwa rantai menengah trigliserida yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kadar darah pada tubuh ketone, yang bekerja sebagai bahan bakar otak alternatif. Penelitian lebih lanjut dalam hal ini sekarang sedang berlangsung.

Paling sedikitnya satu porsi sehari minyak kelapa akan meningkatkan fungsi kognitif dan memori bagi semua orang dari berbagai usia, termasuk juga para manula.

10. Menurunkan Berat Badan

Minyak kelapa sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Asam lemak rantai karbon sedang (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) dalam minyak kelapa lebih pendek dan lebih larut dalam air dibandingkan kandungan yang terdapat dalam minyak lainnya seperti minyak zaitun atau canola. Sedangkan asam lemak rantai karbon sedang pada minyak kelapa langsung diserap ke dalam sel, yang berarti lemak dapat segera dibakar sebagai energi bukannya disimpan dalam tubuh.

Telah ditemukan bahwa minyak kelapa sangat efektif dalam mengurangi akumulasi paling berbahaya dari lemak di dalam rongga perut dan di sekitar organ-organ dalam perut.

Lebih jauh, minyak kelapa mudah untuk dicerna dan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Karna semua alasan tersebut, beberapa ahli kesehatan merekomendasikan minyak kelapa untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

Dengan semua manfaat kesehatan yang telah disebutkan, minyak kelapa sangat baik untuk dimasukkan kedalam daftar makanan kita.

Semoga penjelasan tentang Manfaat Minyak Kelapa di atas bisa bermanfaat bagi Sobat sekalian. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share nya ya sobat.

Sumber: 
diabetes.diabetesjournals.org/
www.ncbi.nlm.nih.gov/
www.ctvnews.ca/
www.hindawi.com/
www.journals.elsevierhealth.com/

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah/guru favorit; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading Zona Siswa. Terima kasih... ZONA SISWA | Ikut Mencerdaskan Bangsa

0 komentar:

Posting Komentar