Fakta Unik Lukisan Mona Lisa ~ Pernahkah kalian mendengar lukisan ‘Mona Lisa’? Tentunya pernah dong! Itukan salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Yang membuat lukisan itu terkenal bukan hanya ‘senyum’ misterius yang membuat yang melihat bertanya-tanya. Ada hal lain juga yang membuat lukisan tersebut disukai. Nah, salah satu daya tarik lukisan tersebut adalah ada banyak fakta unik dibalik lukisan tersebut. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang lukisan Mona Lisa yang mungkin kamu belum ketahui.

Fakta Unik, Lukisan Mona Lisa, Informasi Unik, Mona Lisa, Fakta Lukisan Monalisa, Mading Zona Siswa
7 Fakta Unik Lukisan Monalisa Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

1. “Mona Lisa” Bukanlah Nama Aslinya.

Perempuan yang menjadi objek lukisan tersebut sebenarnya bukan bernama Mona Lisa. Nama perempuan dari lukisan tersebut sebenarnya Lisa Gherardini, istri dari Francesco Del Giocondo. Nama Mona Lisa mungkin berasal dari bahasa italia yaitu ‘Monna Lisa’ yang berarti ‘My lady Lisa’ atau ‘Isteriku Lisa’.

2. Napoleon Sangat Mengaggumi Mona Lisa, Bahkan Keterunannya

Tahu kan Kaisr Perancis yang bernama Napoleon? Nah, si Napoleon itu ternyata pengagum berat lukisan Mona Lisa. Lukisan tersebut dulunya tergantung di kamar tidur Napoleon. Dikatakan, Napoleon menghabiskan banyak waktu hanya untuk melihat lukisan tersebut. Kecantikan wajah Mona Lisa membuatnya jatuh hati pada Teresa Guadagni yang sebenarnya adalah keturunan dari Lisa Gherardini.

3. Lukisan Mona Lisa tidak Besar

Jika kita search di google images, seakan lukisan Mona Lisa itu besar. Nyatanya, lukisan tersebut terbilang kecil. Lukisan Mona Lisa di lukis di kanvas berukuran 12 inci dengan berat tidak lebih dari 8 kilogarm.

4. Berapakah Harga Lukisan Mona Lisa?

Pernakah kalian bertanya berapa harga Mona Lisa? Sebenarnya tidak dijual atau belum ada orang yang menawar sih, tapi dari fakta berikut kita bisa mentaksir harganya. Pada tahun 1960, Lukisan Mona Lisa pernah diasuransikan $100 million dalam pameran tour atau jika dirupiahkan sekitar 1 triliun. Itu asuransinya saja, terlebih itu pada tahun 1960.  

5. Banyak Orang Jatuh Cinta pada Sosok Mona Lisa

Senyum cantik lukisan Mona Lisa membuatnya jatuh hati. Percaya? Di Musium Louvre terdapat banyak lukisan indan nan cantik, tapi hanya lukisan Mona Lisa yang sering mendapat surat cinta dari penggemarnya. Fakta unik lainnya, lukisan Mona Lisa memiliki kota surat tersendiri di Musium Louvre, dan ribuan surat masuk dari ribuan penggemar setiap harinya.

6. Banyak Orang Patah Hati Karena Lukisan Mona Lisa

Banyak yang jatuh cinta pada Mona Lisa, tapi banyak juga yang patah hati karenanya. Mungkin karena cinta mereka tak terbalak kali ya. Saking patah hatinya, di tahun 1852, seroang seniman bernama Luc Maspero menjatuhkan dirinya sendiri dari lantai 4 hotel Parisian dengan meninggalkan surat yang berisi “For years I have grappled desperately with her smile. I prefer to die.” atau “Bertahun-tahun saya telah bergulat mati-matian dengan senyumnya. Saya lebih memilih untuk mati”.

7. Lukisan Mona Lisa Pernah Dicuri

Pada tahun 1911, lukisan Mona Lisa pernah di curi dari Musium Louvre. Banyak orang merasa terpukul ketika Mona Lisa hilang. Ribuan orang pada saat itu datang ke Musium Louvre hanya untuk menatap dinding kosong dimana Mona Lisa dulunya tergantung. Selama dua tahun, orang-orang tidak tahu siapa yang telah mencuri Lukisan tersebut, terlebih mereka juga bertanya-tanya, Lukisan Mona Lisa ada dimana. Setalah disembuinyikan selama 2 tahun, akhirnya keberadaan Mona Lisa bisa diketahui dan pencurinya juga terungkap.

Pencuri lukisan Mona Lisa sebenarnya adalah seroang karyawan yang bekerja di Musium Louvre. Dia bernama Vincenzo Perugia, seorang dengan kebangsaan Italia. Perugia beranggapan bahwa Mona Lisa adalah lukisan hasil karya da Vinci, orang Itali. Baginya, lukisan Mona Lisa bukanlah milik Perancis, tapi Italia. Setalah mengacam akan menjualnya ke dealer seni Florence. Akhirnya, Perugia mendapatkan apa yang diinginkannya yaitu Mona Lisa mengadakan tour seni ke seluruh Italia seblum kembali ke Perancis.

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah dan guru; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading zona siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar