Piramida Ekologi ~ Telah kita ketahui bersama, bahwa komponen-komponen biotik pada rantai makanan ekosistem menempati tingkatan trofi tertentu, seperti produsen menempati tingkat trofi pertama, herbivora menempati tingkat trofi kedua, karnivora menempati tingkat trofi ketiga, dan seterusnya. Struktur trofik dapat disusun secara urut sesuai hubungan makan dan dimakan antar trofik yang secara umum memperlihatkan bentuk kerucut atau piramid. Gambaran susunan antar trofik dapat disusun berdasarkan kepadatan populasi, berat kering, maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofik yang disebut piramida ekologi.

Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menghadirkan penjelasan tentang Piramida Ekologi/Makanan yang mencakup jenis-jenis dan masing-masing gambarnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Piramida Ekologi

Piramida ekologi adalah piramida yang menggambarkan jumlah berat dan energi mulai dari produsen sampai konsumen puncak. Piramida ini dibuat dengan satu asumsi bahwa pada saat terjadi peristiwa makan dan dimakan telah terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke makhluk hidup pemakannya. Piramida ekologi ini berfungsi untuk menunjukkan gambaran perbandingan antar trofik pada suatu ekosistem. Pada tingkat pertama ditempati produsen sebagai dasar dari piramida ekologi, selanjutnya konsumen primer, sekunder, tersier sampai konsumen puncak.

B. Jenis-jenis Piramida Ekologi

Ada 3 jenis-jenis piramida ekologi adalah sebagai berikut.

1. Piramida Jumlah

Dalam rantai makanan, organisme pada tingkatan trofik rendah memiliki jumlah individu lebih banyak. Makin tinggi tingkat trofik, makin sedikit jumlah individunya dalam ekosistem. Jika jumlah individu per satuan luas untuk masing-masing tingkatan tropik digambarkan dalam histogram, akan membentuk semacam piramida yang disebut piramida jumlah

Piramida Ekologi, Jaring Makanan, Rantai Makanan, Penjelasan Piramida Ekologi, Pengertian Piramida Ekologi, Jenis-jenis Piramida Ekologi, Gambar Piramida Ekologi.
Piramida Jumlah

2. Piramida Biomassa

Piramida-piramida jumlah pada ekosistem-ekosistem yang berbeda tidak dapat dibandingkan satu dengan yang lain. Hal tersebut karena pada masingmasing ekosistem, individu-individu yang terlibat di dalamnya tidak sama. Oleh karena itu, muncul yang disebut piramida biomassa. Piramida biomassa berfungsi menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu yang diukur dalam gram.

Piramida Ekologi, Jaring Makanan, Rantai Makanan, Penjelasan Piramida Ekologi, Pengertian Piramida Ekologi, Jenis-jenis Piramida Ekologi, Gambar Piramida Ekologi.
Piramida Biomassa

3. Piramida Energi

Piramida biomassa terkadang tidak memberi informasi aliran energi yang cukup pada ekosistem tertentu. Oleh karena itu, piramida energi dibuat berdasarkan penelitian yang mendalam mengenai aliran energi dan mampu memberikan gambaran akurat mengenai aliran energi. Dalam piramida energi terdapat pengurangan energi dalam tiap tingkat trofik yang terjadi karena beberapa makanan tidak dicerna sempurna menjadi energi. Hanya bagian tertentu dari makanan yang dapat dimakan dan hanya sebagian makanan yang disimpan dalam tubuh karena sisanya digunakan sebagai energi.

Piramida Ekologi, Jaring Makanan, Rantai Makanan, Penjelasan Piramida Ekologi, Pengertian Piramida Ekologi, Jenis-jenis Piramida Ekologi, Gambar Piramida Ekologi.
Piramida Energi

BACA JUGA:

Semoga penjelasan tentang Piramida Ekologi di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman seklian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 komentar:

Poskan Komentar