Simbiosis Parasitisme ~ Kata parasit menjadi kunci untuk membedakan simbiosis ini dengan jenis simbiosis lainnya. Sebagai mana kita ketahui parasit merupakan makhluk hidup yang bertahan hidup bergantung pada makhluk inangnya. Hubungan parasit dan tubuh inangnya ditandai dengan hanya pihak parsitlah yang mendapat manfaat sedangkan pihak inang akan mendapat keruguian. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap tentang Simbiosis Parasitisme. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Simbiosis Parasitisme, Pengertian Simbiosis Parasitisme, Definisi Simbiosis Parasitisme, Apa itu Simbiosis Parasitisme, Penjelasan Simbiosis Parasitisme, Contoh Simbiosis Parasitisme, Simbiosis Parasitisme Cacing Pita dan Manusia, Simbiosis Parasitisme Jamur dan Manusia, Simbiosis Parasitisme Kutu Kepala dan Manusia, Simbiosis Parasitisme Benalau dan Pohon, Simbiosis Parasitisme Keong Emas dan Padi, Simbiosis Parasitisme Lintah dan Mamalia, Simbiosis Parasitisme Nyamuk dan Manusia.
Simbiosis Parasitisme antara Kutu Kepala dan Tubuh Manusia

A. Definisi Simibiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup berbeda jenis, tetapi satu makhluk hidup diuntungkan (parasit) dan satu makhluk hidup dirugikan (inang). Misalnya, simbiosis antara cacing pita dengan tubuh manusia, jamur dengan tubuh manusia, kutu kepala dengan tubuh manusia, dan benalu dengan tubuh manusia. Makhluk hidup yang diuntungkan biasa disebut parasit dan makhluk hidup yang dirugikan disebut inang. Parasit yang hidup di luar tubuh inang disebut dengan ektoparasit, sedangkan parasit yang tumbuh di dalam tubuh inang disebut endoparasit. 

B. Contoh Simbiosis Parasitisme

Berikut adalah Contoh dari simbiosis parasitisme yang diantaranya adalah:

1. Cacing Pita dan Tubuh Manusia
Cacing pita hidup secara endoparasit di dalam usus manusia. Manusia dirugikan karena cacing pita mengisap darah dan sari makanan yang dibutuhkan manusia sehingga manusia menjadi kurus dan pucat karena kekurangan darah dan sari makanan. Cacing pita menjadi diuntungkan karena mendapat makanan untuk kelangsungan hidupnya.

2. Jamur dan Tubuh Manusia
Jamur seperti jamur panu hidupnya menempel pada kulit manusia. Jamur diuntungkan karena mendapat makanan dari tubuh manusia. Manusia dirugikan karena selain merasakan gatal, manusia juga kehilangan zat makanan yang diambil oleh jamur.

3. Kutu Kepala dan Tubuh Manusia
Kutu kepala hidup secara ektoparasit di kepala manusia. Kutu diuntungkan karena mendapat makanan atau mengisap darah manusia. Manusia dirugikan karena kehilangan darah dan rasa gatal yang ditimbulkan karena gigitan kutu tersebut.

4. Benalu dan Pohon Avokad
Benalu diuntungkan karena mendapat makanan dengan mengisap sari makanan dari tubuh pohon avokad, sedangkan pohon avokad dirugikan karena kehilangan sari makanan yang diambil oleh benalu.

5. Keong Emas dan Tanaman Padi
Contoh lain dari simbiosis parasitisme bisa kita temukan dalam ekosistem buatan seperti sawah. Keong emas menjadi parasit bagi tanaman padi muda yang baru ditanam. Keong Emas akan memakan batang tanaman padi sampai habis. Sedangkan bagi tanaman padi sendiri akan mati ketika batangnya habis dimakan oleh keong emas.

6. Lintah dan Binatang Mamalia
Di ekosistem darat seperti hutan hujan tropis, terdapat contoh lain dari simbiosis parasitisme. Yaitu lintah, makhluk pemakan darah ini akan menjatuhkan diri kepada hewan mamalia yang lewat didekatnya untuk kemudian dihisap darahnya.

7. Naymuk dan Manusia
Contoh simbiosis parasitisme yang paling mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari adalah antara nyamuk dan manusia. Nyamuk merupakan hewan penghisap darah dan menjadi parasit dalam kehidupan manusia dimana nyamuk sering menggigit dan menghisap darah manusia.

BACA JUGA:

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca penjelasan tentang Simbiosis Parasitisme beserta contohnya. Semoga penjelasan di atas mampu membantu teman-teman sekalian dalam memahami apa itu simbiosis parasitisme beserta contohnya. Tidak lupa, jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) juga ke teman-teman lainnya ya.

0 komentar:

Posting Komentar