Simbiosis Mutualisme ~ Simbiosis bisa diartikan sebagai suatu hubungan ekologis antara organisme-organisme dari dua spesies yang berbeda yang hidup bersama dalam satu lingkungan. Terdapat tiga jenis simbiosis yang terjadi dalam suatu ekosistem, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan membahas secara lengkap tentang apa itu simbiosis mutualisme dan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Simbiosis Mutualisme, Pengertian Simbiosis Mutualisme, Definisi Simbiosis Mutualisme, Apa itu Simbiosis Mutualisme, Contoh Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Mutualisme Lebah dan Bunga, Simbiosis Mutualisme Jamur dan Ganggang, Simbiosis Mutualisme Badak dan Burung Jalak, Simbiosis Mutualisme Kacang Tanah dan Bakteri Rhizobhium, Simbiosis Mutualisme Triconympha sp. dan Rayap, Simbiosis Mutualisme Dinoflegellata dan Koral.
Simbiosis Mutualisme antara Lebah dan Bunga

A. Definisi Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup yang keduanya saling diuntungkan, misalnya, simbiosis antara bunga dan lebah, jamur dan ganggang, burung jalak dan badak, serta kacang tanah dan bakteri Rhizobium.

B. Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang terjadi dalam suatu ekosistem.

1. Lebah dan Bunga
Lebah mendapatkan madu sebagai makanannya, sedangkan bunga terbantu penyerbukannya oleh lebah. Pada saat mengisap madu, benang sari akan terbawa oleh lebah sehingga pada saat lebah mengisap madu bunga lain, benang sari yang menempel tadi akan menempel di kepala putik bunga lain sehingga terjadilah penyerbukan.

2. Jamur dan Ganggang
Ganggang memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan energi atau makanan yang dibutuhkan oleh jamur. Pada proses fotosintesis diperlukan air dari dalam tanah. Untuk memperolehnya, dibantu oleh jamur yang memiliki rizoid (bukan akar sejati). Tanpa air, tidak akan terjadi fotosintesis dan tanpa klorofil juga tidak akan terjadi fotosintesis. Dapat dikatakan bahwa antara jamur dan ganggang saling diuntungkan.

3. Badak dan Burung jalak
Burung jalak akan memakan kutu-kutu yang terdapat pada kulit badak sehingga badak terhindar dari rasa gatal yang disebabkan oleh kutu tersebut, sedangkan burung jalak juga diuntungkan karena dapat memperoleh makanan dengan memakan kutu tersebut.

4. Kacang tanah dan Bakteri Rhizobium
Kacang tanah dan bakteri saling diuntungkan. Bakteri Rhizobium dapat mengikat nitrogen dari udara yang kemudian dimanfaatkan oleh tanaman kacang tanah, sedangkan bakteri terlindungi dan mendapatkan air dan nutrisi dari bintil-bintil akar kacang tanah.

5. Triconympha sp. dan Rayap
Triconympha sp. merupakan makhluk hidup yang tergolong kedalam filum Zoomastigophora. Zooflagellata sangat beragam, banyak yang hidup bebas di habitat tanah atau air, bersimbiosis, hidup di dalam organisme lain dengan hubungan mutualisme atau parasitik. Simbiosis mutualisme terjadi diantara Triconympha sp. dan Rayap. Triconympha sp. yang hidup dalam usus rayap mempunyai kemampuan mengurai selulosa, memberi kemampuan pada rayap untuk mengonsumsi kayu.

6. Dinoflagellata dan Koral
Contoh simbiosis mutualisme yang lain adalah antara Dinoflagellata dan Koral. Koral merupakan anggota dari kelas Anthozoa. Untuk bisa bertahan hidup, Koral melakukan simbiosis mutualisme dengan Dnioflagellata, sejenis ganggang laut. Koral dengan polipnya melindungi dinoflagella, sedangkan dinoflagella menyediakan oksigen dan mendaur ulang sisa metabolisme koral.

7. Jamur dan Pohon Pinus
Pohon pinus dapat hidup dengan subur karena terjadinya simbiosis antara jamur melalui hifanya yang masuk dalam akar tanaman pinus. Pinus akan mendapatkan air serta unsur-unsur hara dan jamur tersebut akan mendapatkan zat organiknya. Jamur ini dinamakan mikoriza. Jamur yang membentuknya biasanya dari golongan Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.

BACA JUGA:

Demikian penjelasan tentang Simbiosis Mutualisme dan contohnya, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar