Simbiosis Komensalisme ~ Dalam suatu ekosistem, terjadinya hubungan timbal balik antar makhluk hidup di dalamnya merupakan hal yang pasti. Karena pada dasarnya suatu makhluk hidup mampu bertahan hidup karena ada makhluk hidup dan komponen lain. Hubungan yang terjadi antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem beragam; ada yang saling menguntungkan (mutualisme), ada yang merugikan (parasitisme) ada juga yang tidak merugikan atau menguntungkan (komensalisme). Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan tentang Simbiosis Komensalisme yang mencakup pengertian dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Simbiosis Komensalisme, Penjelasan Simbiosis Komensalisme, Pengertian Simbiosis Komensalisme, Definisi Simbiosis Komensalisme, Apa itu Simbiosis Komensalisme, Contoh Simbiosis Komensalisme, Contoh-contoh Simbiosis Komensalisme, Simbiosis Komensalisme Anggrek dan Pohon, Simbiosis Komensalisme Ikan Hiu dan Ikan Remora, Simbiosis Komensalisme Ikan Badut dan Anmeon Laut.
Simbiosis Komensalisme antara Ikan Badut dan Anemon Laut

A. Definisi Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup berlainan jenis, salah satu makhluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup yang lain tidak dirugikan, misalnya, simbiosis antara anggrek dan pohon mangga; antara ikan hiu dan ikan remora.

B. Contoh Simbiosis Komensalisme

Berikut adalah beberapa contoh dari simbiosis komensalisme, diantaranya adalah:

1. Anggrek dan Pohon Mangga
Anggrek dapat hidup dengan menempel pada batang pohon mangga dan pohon mangga yang ditempelinya tidak dirugikan karena anggrek dapat membuat makanan sendiri sehingga tidak mengisap makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya.

2. Ikan Hiu dan Ikan Remora
Ikan remora yang selalu berdekatan dengan ikan hiu dapat memperoleh makanan dari sisa-sisa makanan yang dimakan ikan hiu. Selain itu, ikan remora mendapat tempat berlindung dari hewan-hewan pemangsa. Ikan hiu tidak dirugikan karena keberadaan kawanan remora kecil ini.

3. Ikan Badut dan Anemon Laut
Ikan badut (itu loh ikan di film kartu terkenal 'Finding Nemo) dan anemon laut adalah contoh sederhana dari simbiosis komensalisme. Ikan badut memanfaatkan tentakel anemon laut yang berbisa untuk melindungi dirinya dari predator. Ikan badut diketahui menempati anemon laut sebagai temapat tinggal. Sedangkan anemon laut tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian dari tindakan ikan badut tersebut.

BACA JUGA:

Demikian penjelasan tentang Simbiosis Komensalime beserta contohnya. Semoga pejelasan di atas bisa mampu menjawab pertanyaan teman-teman sekalian tentang apa itu simbiosis komensalisme dan contoh-contohnya. Jika ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 komentar:

Poskan Komentar