Jaring Makanan ~ Dalam ekosistem, aliran energi biasanya tidak sesederhana seperti yang diuraikan dan digambarkan di artikel sebelumnya yang membahas tentang rantai makanan. Proses makan dan dimakan pada umumnya tidak terjadi dalam urutan yang linier, tetapi terjadi dalam proses yang kompleks. Proses rantai makanan yang saling menjalin dan kompleks tersebut dinamakan jaring makanan. Nah, pada kesempatan kali Zona Siswa akan mencoba melanjutkan artikel sebelumnya dengan membahas secara singkat apa itu jaring makanan dengan contoh dan gambarnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Jaring Makanan, Ekosistem, Penjelasan Jaring Makanan, Contoh Jaring Makanan, Gambar Jaring Makanan, Rantai Makanan, Apa itu Jaring Makanan, Pengertian Jaring Makanan.
Jaring Makanan: Penjelasan, Contoh, & Gambar

Jika dalam rantai makanan dapat ditarik satu garis lurus, pada jaring-jaring makanan ini, peristiwa makan dan dimakan tidak sesederhana yang kalian bayangkan karena satu makhluk hidup dapat memakan lebih dari satu jenis makanan dan satu makhluk hidup dapat dimakan oleh lebih dari satu makhluk hidup sehingga garis yang terjadi saling bersilangan.

Dalam kehidupan ini, rantai makanan dapat saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga dapat membentuk suatu jaring-jaring yang sangat kompleks. Keadaan inilah yang disebut dengan jaring-jaring makanan. Perhatikan Gambar Jaring Makanan di atas.

Contoh:

Di tingkat tumbuhan, padi dan tumbuhan hijau lainnya dimakan oleh konsumen tingkat pertama (premier) yaitu belalang dan kupu-kupu. Hewan konsumen premier lainnya adalah tikus namun hanya memakan padi saja. Energi yang tikus dapat dari memakan padi, dimakan juga oleh serigala, elang, dan ular. Sedangkan belalang dan kupu-kupu dimangsa oleh katak, dan burung sebagai hewan konsument tingkat sekunder. Selain memakan belalang dan kupu-kupu, katak dan burung juga memakan hewan konsumen tingkat primer lainnya seperti lalat dan capung. Katak dan burung sebagai juga tidak luput dari buruan hewan konsumen tingkat tersier yaitu ular. Sedangkan ular sendiri dimakan juga oleh hewan konsumen tersier paling atas yaitu burung elang.

BACA JUGA:

Semoga artikel mata pelajaran biologi di atas tentang Jaring Makanan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih...

0 komentar:

Poskan Komentar