10 Universitas Tertua di Dunia ~ Bagi sobat sekalian yang sekarang duduk di kelas 12, pastinya lagi pilah pilih universitas yang akan ditunju setelah lulus sekolah nanti. Kata universitas pertama kali disebutkan dan diciptakan di Italia, tepatnya di universitas pertama yaitu Universitas Bolognia. Kata tersebut adalah ‘Universitas Magistrorum et Scholarium’ yang artinya komunitas guru dan pelajar. Tau tidak kalian? Ternyata beberapa universitas di dunia ini memegang universitas tertua loh. Nah berikut adalah daftar universitas tertua di dunia. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Info Unik, Info Menarik, Fakta Unik, Fakta Menarik, Universitas Tertua di Dunia, 10 Universitas Tertua di Dunia.
Oxford ~ Salah Satu dari Universitas Tertua di Dunia

10. University of Valladolid (Valladolid, Spanyol, Didirikan pada 1241)

Pada posisi 10 di antara universitas tertua di dunia, The University of Valladolid (UVa) adalah sebuah universitas publik di Spanyol yang didirikan pada tahun 1241.  UVa didirikan oleh Alfonso VIII dari Kastilia, antara tahun 1208 dan 1212. The University of Valladolid adalah sebuah universitas publik di kota Valladolid, provinsi Valladolid, di wilayah otonom Castile-Leon, Spanyol. Universitas ini saat ini memiliki 31.780 mahasiswa dan lebih dari 2.000 pengajar.

9. University of Siena (Siena, Italia, Didirikan pada 1240)

The University of Siena di Siena, Tuscany adalah salah satu universitas tertua dan universitas yang didanai publik pertama di Italia. Universitas Siena didirikan pada 1240. Universitas tersebut memiliki sekitar 20.000 siswa pada tahun 2006 yang jumlahnya hampir setengah dari total penduduk Siena sendiri yaitu sekitar 54.000 jiwa. Hari ini, University of Siena terkenal akan jurusan Hukum dan Kedokterannya. Pada awalnya, universitas tersebut dinamakan Studium Senese yang didirikan oleh Komune dari Siena di 1240. 

8. University of Toulouse (Toulouse, Prancis, Didirikan pada 1229)

Diurutan ke-8 ada Université de Toulouse dari Perancis yang didirikan pada tahun 1229. Université de Toulouse merupakan konsorsium universitas-universitas Prancis, grandes écoles dan lembaga pendidikan tinggi dan penelitian lainnya. Universitas ini disebut-sebut sebagai salah satu universitas yang paling awal didirikan di Eropa pada 1229. Pada awalnya, universitas ini hanya mengarkan teologi yang pada saat itu diajar oleh Raymond VII. Uskup Foulques de Toulouse merupakan salah satu pendiri Universitas. Di antara dosen pertama mengajar di universitas tersebut adalah: Jean de Garlande, Roland dari Cremona. Fakultas lain seperti hukum dan kedokteran ditambahkan kemudian.

7. University of Naples Federico II (Naples, Italia, Didirikan pada 1224)

The University of Naples Federico II adalah sebuah universitas yang terletak di Naples, Italia. Universitas ini didirikan pada tahun 1224 dengan 13 fakultas. Universitas ini dinyatakan sebagai universitas negeri tertua di dunia dan salah satu lembaga akademis tertua yang masih terus beroperasi. Universitas ini dinamakan atas pendirinya yaitu Frederick II. The University of Naples Federico II didirikan oleh kaisar dari Kekaisaran Romawi Suci, Frederick II, pada tanggal 5 Juni 1224. Salah satu siswa yang paling terkenal dari universitas ini adalah teolog Katolik Roma dan filsuf yaitu Thomas Aquinas.

6. University of Padua (Padua, Italia, Didirikan pada 1222)

Universitas Padua atau sering disebut juga sebagai ‘Italia Università degli Studi di Padova’ (UNIPD) adalah universitas Italia utama terletak di kota Padua, Italia. The University of Padua didirikan pada tahun 1222 sebagai sebuah sekolah hukum dan merupakan salah satu universitas paling terkemuka pada awal masa Eropa modern.  Pada tahun 2010 universitas ini memiliki sekitar 65.000 mahasiswa. Universitas ini didirikan oleh para sarjana dan profesor setelah meninggalkan Universitas Bologna untuk mencari kebebasan berakademik atau ‘Libertas Scholastica’. Mata kuliah yang pertama diajarkan pada universitas tersebut adalah hukum dan teologi.

5. Universitas Salamanca (Salamanca, Spanyol, Didirikan pada 1218)

Di posisi ke-5, terdapat Universitas Salamanca dari Spanyol. Universitas ini terletak di kota Salamanca, bagian barat Madrid, di daerah otonom Castilla dan León. Universitas ini didirikan pada 1134 dan diberi Royal piagam dasar oleh Raja Alfonso IX di 1218. Universitas ini merupakan universitas tertua di Spanyol dan merupakan salah satu dari 3 universitas tua yang masih beroprasi sampai sekarang. Universitas ini, uniknya, adalah institusi pertama yang mendapat gelar formal ‘University’ yang diberikan oleh Raja Alfonso X di 1254 dan diakui oleh Paus Alexander IV tahun 1255.

4. University of Cambridge (Cambridge, Inggris, Didirikan pada 1209)

Di urutan ke-4 terdapat Universitas Cambridge dari Inggris yang didirikan pada tahun 1209. Universitas ini didirikan oleh para sarjan yang meninggalkan Oxford dikarenakan eksekusi dua mahasiswa di tahun 1209. Universitas Cambridge adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di Cambridge, Inggris Raya. Ini adalah universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris (setelah University of Oxford). Universitas Cambridge, karena mungkin didirikan oleh para sarjana dari Oxford, memiliki banyak ciri umum yang hampir sama. Rivalitas antara Cambridge dan Oxford pun memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan sampai sekarang ini.

3. University of Oxford (Oxford, Inggris, Didirikan pada 1167)

Di urutan ke-3, terdapat Universitas Oxford dari Inggris yang didirikan pada tahun 1167. Bukti pasti kapan sebenarnya universitas ini didirikan masih simpang siur. Banyak orang menganggap bahwa universitas ini merupakan universitas di dunia dimana universitas ini sudah dibentuk pada tahun 1096 dan berkembang pesat dari 1167 ketika Henry II melarang pelajar Inggris untuk belajar di Universitas Paris. Akan tetapi, terdapat pendapat lain yang menyatakan bawah sebenarnya universitas ini didirikan pada tahun 825, namun dokumen-dokumen ini tidak pernah diterbitkan di publik.

2. University of Paris (Paris, Prancis, Didirikan pada 1150)

Di posisi runner-up, terdapat University of Paris dari Prancis yang didirikan pada tahun 1150. Universitas ini sering disebut sebagai Sorbonne atau La Sorbonne setelah lembaga perguruan tinggi (College de Sorbonne) didirikan sekitar 1257 oleh Robert de Sorbon. Universitas ini sempat vakum satu abad antara tahun 1793-1896. Faktanya, universitas ini tidak sepenuhnya berpusat di Sorbonne. Dari 13 fakultas, hanya 4 fakultas saja yang menggunakan bangunan bersejarah Sorbonne.

1. University of Bologna (Bologna, Italia, Didirikan pada 1088)

Di urutan pertama, terdapat Universitas Bologna, Italia yang didirikan pada tahun 1088. Universitas ini disebut juga ‘Alma Mater Studiorum’ atau ‘Ibu dari berbagai pelajaran’ Tanggal pendiriannya masih tidak pasti, namun diyakini oleh sebagian besar peneliti bahwa Universitas Bologna telah berdiri sejak tahun 1088. Universitas ini menerima piagam dari Frederick I Barbarossa pada tahun 1158, namun pada abad ke-19, sebuah komite sejarawan yang dipimpin oleh Giosue Carducci menelusuri tahun berdirinya Universitas yang merujuk pada tahun 1088, yang membuatnya menjadi universitas tertua di dunia.

Demikian 10 Universitas Tertua di Dunia. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita semua. Share (bagikan) artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih…

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

0 komentar:

Poskan Komentar