Lukisan Tertua di Dunia Ternyata Ada di Indonesia
Oleh Asep Saepudin

Tahu kah kau? Ternyata, lukisan tertua di Dunia ada di Indonesia loh. Lukisan tua tersebut adalah rangkaian gambar, termasuk cap tangan manusia dan lukisan hewan berkaki yang ditemukan pada tahun 1950-an di dinding gua kapur di pulau Sulawesi Indonesia. Pada mulainya, para ahli memperkirakan lukisan tersebut berusia lebih dari 10.000 tahun. Namun, sekelompok peneliti dari Indonesia dan Australia mengungkapkan bahwa lukisan tersebut bisa berumur lebih dari 40.000 tahun, dimana lukisan serupa juga ditemukan di dinding gua di Perancis dan Spanyol.

Lukisan Tertua, Lukisan Tangan di Gua, Lukisan Zaman Purba, Lukisan Manusia Purba.
Lukisan Tertua di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Selama beberapa puluhan tahun setelah serangkaian lukisan gua ditemukan di gua-gua batu kapur dan rock shelter (ceruk di tebing batu) di Sulawesi, para ilmuan menepis anggapan bahwa lukisan tersebut dibuat sekitar 10.000 tahun yang lalu. Iklim yang lembab di kawasan tersebut memang menghancurkan benda-benda peninggalan tua di sana. Namun, menurut temuan sebuah studi terbaru yang dimuat dalam Jurnal Nature, lukisan-lukisan gua Sulawesi jauh lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya, dan mungkin sebenarnya setua awal seni gua Eropa.

Dipimpin oleh Maxime Aubert dan Adam Brumm dari Griffith University di Queensland, Australia, tim peneliti Indonesia dan Australia berangkat untuk meneliti usia lukisan tersebut. Tim penelitian tersebut lebih tepatnya meneliti lapisan kalsium karbonat yang terbentuk di atas lukisan tersebut dengan menggunakan teknik dikenal sebagai penanggalan uranium-thorium. Dengan mengukur tingkat peluruhan uranium yang membentuk thorium, para ilmuwan bisa memperkirakan umur dari lapisan mineral ke tingkat akurasi yang tinggi. Lapisan kalsium karbonat yang menyelimuti lukisan tersebut pastinya lebih muda. Dengan mengukur usia kalsium karbonat yang menyelimuti, peneliti bisa mengasumsikan berapa umur lukisan tangan yang diselimuti di bawahnya.

Setelah memeriksa 12 gambar tangan manusia dan dua penggambaran tokoh hewan yang ditemukan di dinding tujuh gua yang berbeda, para peneliti menemukan bahwa satu gambar tangan berusia setidaknya berumur 39.900 tahun. Meskipun praktek meniup atau penyemprotan pigmen di sekitar tangan yang kemudian ditekan ke permukaan batu ini akan menjadi hal yang umum di kalangan manusia purba setelahnya, lukisan tangan dan hewan di dinding-dinding gua di Sulawesi tampaknya menjadi contoh paling awal dari jenis lukisan tersebut yang diperkirakan sekitar 2.000 tahun lebih tua dibandingkan dengan stensil tangan tertua yang ditemukan di Eropa.

Selain itu, para ilmuwan menemukan bahwa salah satu lukisan hewan di dinding gua tersebut yang menggambaran seekor binatang yang diidentifikasi sebagai babi rusa, diperkirakan berusia sekitar 35.400 tahun. Meskipun stensil tangan yang ada di gua Sulawesi mirip dengan yang ditemukan di Eropa, namun lukisan hewan yang ditemukan di Sulawesi dan di Eropa memiliki perbedaan gaya. Menurut Alistair Pike, seorang arkeolog di University of Southampton (UK) mengungkapkan bahwa lukisan hewan yang ditemukan di Indonesia  hampir seperti dibuat dari sapuan kuas, sedangkan lukisan hewan yang ditemukan di Eropa hampir seperti dilukis dengan jari.

Penemuan usia lukisan tangan dan hewan di gua-gua kapur di Sulawesi, Indonesia, mematahkan asumsi awal para peneliti bahwa seni gua muncul pertama kali akibat dari ledakan kreativitias manusia purba di Eropa Barat sekitar 40.000 tahun yang lalu. Awalnya, banyak para ilmuan mempercayai bahwa manusia purba di Eropa lebih sadar akan diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya; namun hal itu sekarang tidak semuanya benar. Sebaliknya, para peneliti menyimpulkan, tradisi kreatif mungkin muncul secara terpisah, di waktu dan dan tempat yang berbeda. Penemuan ini juga mendukung suatu teori yang menyatakan bahwa lukisan gua merupakan hasil dari tradisi manusia modern pertama yang menyebar dari Afrika, Asia, dan Australia yang kemudian berkembang sampai Eropa.

Profil Penulis:
Nama: Asep Saepudin
Sekolah: SMA 01 Subang
Kelas: XII
Hobi: Membaca sejarah

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah dan guru; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di mading zona siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar