SEJARAH DIBALIK DAHSYATNYA BOM HIROSHIMA DAN NAGASAKI
Oleh Naili Adilah

Perang Dunia II merupakan sejarah kelam dunia yang patut kita pelajari supaya nanti kita tidak mengulanginya. Ya memang itu sih letak tujuannya belajar sejarah. Seperti yang kita sudah ketahui, Perang Dunia II melibatkan banyak negara yang terbagi ke dalam dua kelompok; kelompok barat dan kelompok timur. Satu-satunya negara Asia yang ikut berpartisipasi (maksudnya berperang) dalam perang adalah Jepang. Terseretnya Jepang ke dalam PD II tidak lain tidak bukan karena ambisinya untuk menjajah semua wilayah Asia (Padahal waktu itu Asia banyak dijajah oleh negara-negara Kelompok Barat; Inggris, Belanda, Amerika). Ambisi Jepang saat itu hampir berhasil. Hampir semua bekas jajahan Eropa dan Amerika berhasil direbut oleh Jepang. 

Singat cerita, Jepang bersama dengan Jerman dan Itali berperang melawan Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan negara lainnya. Kekalahan Jerman oleh gabungan tentara Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia membuat Jepang terpojok dan memilih untuk ‘bermain’ bertahan mempertahankan wilayah kekuasaannya. Tidak seperti Jerman dan Italia yang mengaku kalah, Jepang tidak merasa dirinya kalah. Amerika Serikat, oleh karena itu, ingin melakukan serangan terakhir agar Jepang juga bertekuk lutut pada Sekutu. Dibom lah dua kota di Jepang Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat. Dan akhirnya Jepang juga menyerah dan bertekuk lutu pada Sekutu.

Bom di Hiroshima dan Nagasaki begitu dahsyat. Nah kali ini saya melalui Mading Zona Siswa akan membahas sedikit tentang dua bom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki tersebut. Cekidot!

Sejarah Dibalik Dahsyatnya Bom Hiroshima Dan Nagasaki Oleh Naili Adilah

Pada tanggal 6 Agustus 1945, selama Perang Dunia II (1939-1945), pesawat bomber Amerika, B-29, menjatuhkan bom atom (pertama kali digunakan di dunia) di atas kota Hiroshima di Jepang. Ledakan itu menghapuskan 90 persen dari kota tersebut dan membunuh 80.000 orang serta puluhan ribu lebih orang kemudian mati karena paparan radiasi bom nuklir tersebut. Tiga hari kemudian pada tanggal 9 Agustus 1945, pesawat bomber kedua B-29 menjatuhkan nuklir bom lagi di wilayah Nagasaki yang menewaskan sekitar 40.000 orang. Kaisar Jepang  saat itu, Hirohito, mengumumkan penyerahan tanpa syarat negaranya dalam Perang Dunia II dalam pidato radio pada tanggal 15 Agustus.

Terciptanya bom di Hiroshima dan Nagasaki memiliki sejarah panjang yang kemabli pada masa setelah PD I. Pada tahun 1939 (ketika faham fasis Hitler di Jerman menguat) banyak ilmuan dan peneliti Jerman mengungsi ke Amerika Serikat (mungkin karena tidak sepaham). Kekhawatiran negara-negara sekutu terhadap aktivitas penelitian senjata nuklir yang dilakukan Jerman, pada tahun 1940 AS membuat departemen penelitan ilmiah khusus yang meneliti dan membuat senjata nuklir. 

Selama beberapa tahun penelitian, para ilmuwan Amerika akrhinya menemukan komposisi kunci untuk membuat bom atom yang dinamakan Pu-239. Bom nuklir tersebut pun di uji coba yang dilakukan pada tanggal 16 Juli 1945 di lokasi tes Trinity di Almagordo, New Mexico. Percobaan bom nuklir tersebut dipimpin oleh J. Robert Oppenheimer. Proyek percobaan bom nuklir tersebut berjalan dengan sukses. 

Pada saat bom nuklir test di Trinity, Sekutu sudah berhasil mengalahkan Jerman di Eropa. Walaupun begitu, Jepang menolak untuk menyerah dan bersumpah untuk berjuang sampai akhir. Padahal, kemungkinan Jepang untuk menang sangatlah kecil. Pada akhir Juli, pemerintah militeris Jepang menolak permintaan Sekutu untuk menyerah yang dikemukakan di deklasrasi Potsdam.

AS kemudian merencanakan untuk membuat invasi besar-besaran dengan nama sandi "Operasi Downfall". Namun, setelah dipikir-pikir, penyerangan Jepang besar-besaran tersebut diperkirakan akan mengakibatkan korban jiwa hingga 1 juta jiwa tentara AS. Untuk menghindari resiko tersebut, AS memutuskan untuk menggunakan bom atom dengan harapan dapat mengakhiri perang dengan cepat.

Hiroshima, yang merupakan pusat manufaktur dengan populasi 350.000 orang terletak sekitar 500 mil dari Tokyo, terpilih sebagai target pertama. Setelah tiba di pangkalan AS di pulau Pasifik Tinian, bom nuklir pertama yang memiliki berat lebih dari 9.000 pon dimuat di atas pesawat bomber B-29. Pesawat tersebut menjatuhkan bom nuklir yang dikenal sebagai "Little Boy" dengan parasut pada jam 8:15 di pagi hari. Bom nuklir “Little Boy” tersebut berhasil meledak, dengan tinggi ledakan mencapai 2.000 kaki di atas Hiroshima dan menghancurkan lima mil persegi kota tersebut. Diperkirakan kekuatan bom nuklir “Little Boy” tersebut setara dengan 12-15,000 ton TNT.

Kehancuran Hiroshima akibat bom nulir, tidak lantas membuat Jepang menyerah pada sekutu. Untuk itu, pada tanggal 9 Agustus, pesawat bomber B-29 diterbangkan dari Tinian menjatuhkan bom nuklir kedua yang dinamakan “Fat Man” untuk mengebom kota Nagasaki. Bom Plutonium “Fat Man” tersebut dijatuhkan pda jam 11:02 pagi. Ledakan bom nuklir “Fat Man” ini lebih kuat dari pada ledakan dari bob yang digunakan di Hiroshima. Bom nuklir “Fat Man” memiliki bobot hampir 10.000 pon dan digunakan untuk menghasilkan ledakan 22 kiloton.

Jatuhnya puluhan ribu korban jiwa dan hancurnya dua kota penting di Jepang akibat bom nuklir tersebut membuat Jepang memilih untuk menyerahkan diri. Pada tengah hari pada 15 Agustus 1945 (waktu Jepang), Kaisar Hirohito mengumumkan penyerahan diri negaranya dalam siaran radio. Kabar menyebar dengan cepat, dengan hastag "Kemenangan di Jepang" atau "V-J Day", yang dirayakan di seluruh AS dan negara-negara sekutu lainnya. Perjanjian penyerahan resmi ditandatangani pada tanggal 2 September, di kapal perang Missouri yang berlabuh di Teluk Tokyo.

Profil Penulis:
Nama: Naili Adilah
Sekolah: SMA Negeri 1 Kotagajah
Kelas: VII

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

0 komentar:

Poskan Komentar