ELEPHANT'S FOOT: BENDA PALING BERBAHAYA DI BUMI
Oleh Sri Rahayu

Ketika membaca judul artikel ini, teman-teman pastinya akan mengira saya akan membahas tentang kaki binatang mamalia darat terbesar atau mungkin teman-teman akan mengira saya akan membahas nama penyakit yang disebabkan oleh nyamuk itu, tapi nyatanya tidak. Kaki gajah (the Elephant’s Foot) yang saya maksud adalah bahan bakar nuklir yang meleleh akibat meledaknya reaktor nuklir, Chernobyl.

Elephant's Foot: Benda Paling Berbahaya di Bumi Oleh Sri Rahayu

Chernobyl merupakan rektor nuklir milik Uni Soviet di Ukraina. Panda tanggal 26 April, 1986 jam 1:23, reaktor nuklir Chernobyl meledak mengakibatkan ledakan besar yang meluluhlantakkan pembankit listrik tenaga nuklir tersebut. Tidak cuma itu, becana Chernobyl juga meyebabkan kepulan asap yang mengandung radioaktif tinggi menyebar di sepanjang perbatasan Ukraina, Rusia, Belarusia, dan sejmulah negara di Eropa lainnya. Akibatnya banyak orang disekitar Chernobyl terpapar zat radioaktif tinggi tersebut yang menyebabkan kanker serta kecacatan bagi bayi yang dilahirkan. Sudah 30 tahun wilayah Chernobyl dikosongkan, tetapi tingkat radioaktif di wilayah tersebut masih sangat tinggi.

Akibat ledakan Chernobyl tidak hanya menimbulkan menyebarnya zat radioaktif tinggi yang berbahya bagi manusia, tetapi juga melahirkan ‘monster’ yang sangat mematikan. Monster tersebut dinamakan The Elephant’s Foot (Kaki Gajah).

“Kaki gajah” adalah suatu massa solid yang terbuat dari bahan bakar nuklir yang meleleh dan tercampur berbagai material lain seperti beton, pasir, dan material pentutup lainnya yang meleleh akibat ledakan.  “Kaki Gajah” terletak di basement (area bawah tanah) dibawah yang dulunya lokasi inti. Pada tahun 1986, radiasi level dari “Kaki Gajah” diukur dengan angka yang menunjukan 10.000 roentgens per jam. Itu artinya, siapa pun yang mendekat dibawah satu menit akan mendapatan dosis yang fatal. Bahkan dikatakan, jika kamu terpapar hanya selama 30 detik, kamu akan menderita pusing-pusing dan kelelahan hebat setelah satu minggu; jika kamu terpapar selama dua menit, sel-sel kamu akan mulai pendarahan; jika kamu terpapar selama empat menit, kamu akan muntah, diare, dan demam; dan jika kamu terpapar selama 300 detik, kamu cuma punya dua hari untuk hidup. Mengerikan bukan!

Terus kenapa dinamakan “Kaki Gajah”? Setelah ledakan nuklir dapat diatas, penyelidikan kadar radioaktif di Chernobyl pun dilakukan. Setelah enam bulan penyelidikan, para peneliti menemukan “Kaki Gajah” yang memiliki massa radioaktif paling tinggi dibanding benda lain di ruang bahwa Unit 4. “Kaki Gajah” memiliki lebar dua meter dan diperkirakan berbobot hingga ratusan ton. Sebutan “Kaki Gajah” disematkan pada ‘monster’ tersebut karena memiliki penampilan keripus seperti kaki gajah pada umumnya.

Pada bulan Mei 1986, konstruksi dimulai untuk menutup radiasi Chernobyl agar tidak meluas keluar dengan mebuat kandang bettor raksasa. Namu, wilayah ledakan Chernobyl tidak semuanya tertutup, konsturksi tersebut dilengkapi dengan jalur akses untuk memungkinkan peneliti dan pekerja untuk masuk meneliti atau membangun. Diperkirakan, radioaktif di bekas ledakan Chernobyl akan tetap ada sealam 100.000 tahun ke depan. Fakta mengerikannya lagi, semua orang yang bekerja pada konstruksi tersebut akan meninggal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun karena terpapar radioaktif. Chernobyl merupakan ledakan pembangkit nuklir terburu sepanjang masa dan “Kaki Gajah” merupakan monster yang lahir karenanya.

Profil Penulis:
Nama: Sri Rahayu
Sekolah: SMA N 2 Brebes
Kelas: VII

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

0 komentar:

Poskan Komentar