5 POHON TERTUA DI DUNIA
Oleh Syarif Hidayatullah

Pohon memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Pohon sudah menyokong hidup manusia sejak manusia itu ada sendiri. Pohon dimanfaatkan kayunya untuk keperluan manusia, buahnya untuk dikonsumsi, dan juga oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis. Tidak heran, mengapa keberadaan pohon begitu sangat penting bagi manusia. Berkaitan dengan pohon, saya ingin membagikan tulisan saya tentang 5 pohon tertua yang masih ada sampai sekarang. Penasaran? Yuk kita baca daftar 5 pohon tertua di dunia berikut:

5 Pohon Tertua di Dunia Oleh Syarif Hidayatullah

1. Old Tjikko (Swedia)

Old Tjikko merupakan pohon tertunia di dunia yang tumbuh di akhir Zaman Es terakhir, sekitar 9.550 tahun yang lalu. Old Tjikko merupakan sejenis pohon cemara dengan tinggi sekitar 16 kaki yang mungkin terlihat seperti pohon natal. Old Tjikko terdapat di provinsi Dalarna, Swedia.  Pohon ini ditemukan oleh ahli geologi Leif Kullman dengan meneliti akar dari pohon Old Tjikko. Menurutnya, sistem akar pohon Old Tjikko dimulai ketika kepuluan Inggris masih terhubung Eropa oleh jembatan es. Sang penemu, Leif Kullman, menamakan pohon ini Old Tjikko seperti anjingnya yang telah meninggal.

2. Metusalah (California)

Pohon tertua di dunia urutan ke-dua adalah Metusalah yang berasal dari California, Amerika Serikat. Metusalah merupakan pohon sejenis pinus bristlecone yang berada di pengunungan putih, California. Pohon ini dperkirakan berumur 5.000 tahun. Lokasi pasti dari pohon ini masih dirahasiakan oleh Dinas Kehutanan Amerika Serikat, mungkin hal ini dilakukan untuk melindungi pohon ini.

3. Llangernyw (Wales Utara)

Llangernyw merupakan pohon berukuran besar yang diperkirakan berumur sekitar 4.000 tahun. Llangernyw merupakan sejenis pohon yew (Taxus  baccata) yang terletak di desa bernama Llangernyw, Conwy, Wales Utara. Karena umurnya yang sangat tua, pohon ini masuk ke dalam daftar 50 Pohon Britania Raya oleh UK Tree Counci pada tahun 2002. Diperkirakan Llangernyw telah ditaman di tahun dimana Piramida Mesir sedang dibangun.

4. Zoroastrian Sarv (Iran)

Di urutan keempat, terdapat satu pohon bernama Zoroastrian Sarv yang diperkirakan berumur 4.000 tahun. Zoroastrian Serv merupakan sejenis pohon cemara yang terletak di provinsi Yazd, Iran. Zoroastrian Serv dijadikan sebagai monument nasional Iran. Banyak orang menanggap bawah pohon ini merupakan satu-satunya makhluk hidup tertua di Asia.

5. Fitzroya Cupressoides (Chili)

Di urutan ke-lima terdapat Fitzroya Cupressoides yang merupakan pohon sejenis cemara yang diperkirakan berumur lebih dari 3.600 tahun. Fitzroya Cupressoides merupakan sejenis pohon cemara dengan batang yang tinggi. Pohon ini ditemukan di pegunungan Andes, Chili.

Profil Penulis:
Nama: Syarif Hidayatllah
Umur: 17 tahun
Sekolah: SMAN 1 Cirebon

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

0 komentar:

Poskan Komentar