20 FAKTA MENARIK PANDA
Oleh Icha Aurella

Siapa yang tidak gemas dengan hewan yang satu ini; berbadan gemuk, pipi cubby, berbulu putih dan hitam, pemakan bambu, dan lucu. Ya, Panda adalah hewan yang sangat lucu dan merupakan hewan favorit ku. Karena saya suka Panda, saya berniat mengirim informasi unik ini tentang 20 fakta menarik Panda ke Mading Zona Siswa. Semoga bermanfaat ya.

20 Fakta Menarik Panda Oleh Icha Aurella

1. Rentang hidup dari panda di alam liar adalah sekitar 20 tahun. Sedangkan, Panda yang hidup di penangkaran dapat hidup lebih lama sampai 25-30 tahun.

2. Panda telah menjadi symbol organisasi konservasi internasional, WWF (World Wide Fund for Nature), sejak organisasi itu didirikan pada tahun 1961.

3. Panda merupakan hewan yang berada di ambang kepunahan, dengan populasi sekitar 1.000 ekor saja yang tersisa di dunia. Para ilmuwan berharap untuk meningkatkan 5.000 populasi panda liar pada tahun 2025.

4. Banyak filsuf Cina percaya bahwa alam semesta terbuat dari dua kekuatan Yin dan Yang. Panda adalah salah satu simbol filosofi tersebut dengan bulu hitam-putih di tubuhnya. Orang Cina percaya bahwa sifat lembut panda menunjukkan bagaimana Yin dan Yang membawa perdamaian dan harmoni ketika mereka seimbang.

5. Panda telah menjadi simbol perdamaian di Cina. Misalnya, ratusan tahun yang lalu, suku yang berperang di China akan menaikkan bendera dengan gambar panda di atasnya untuk menghentikan pertempuran atau gencatan senjata.

6. Panda telah hidup di Bumi selama dua sampai tiga juta tahun.

7. Menurut legenda Cina, panda dulunya hanya berwarna putih. Ketika seorang gadis kecil mencoba untuk menyelamatkan seekor anak panda dari serangan macan tutul, dan gadis kecil tersebut meninggal. Panda datang ke pemakaman dengan tangan yang penuh dengan abu hitam. Ketika mereka menyeka mata mereka, berpelukan, dan menutupi telinga, tubuh mereka pun ikut tercoreng abu hitam. Hingga pada akhirnya, pada memiliki warna hitam di tangan, mata, perut, dan telinga mereka.

8. Bayi panda biasanya lahir pada bulan Agustus atau September dan ukuran sangat kecil. Bayi panda memiliki kulit merah muda dengan lapisan tipis bulu putih, dan ekor panjang serta belum mempunayi gigi. Seperti jenis beruang lainnya, bayi panda yang baru lahir buta, baru ketika mereka berumur sekitar 4-6 minggu, mata mereka bisa terbuka. Anakan panda akan meninggalkan induknya ketika mereka berusia hampir 2 tahun. 

9. Dibutuhkan sekitar 5 tahun bagi anakan panda betina untuk menjadi dewasa. Sedangkan, anakan panda jantan membutuhkan 7 tahun.

10. Meskipun 99% dari makanan panda adalah bambu, sistem pencernaan panda ternyata dirancang untuk daging. Dengan memakan bambu, Panda hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sekitar 20%-30% nutrisi. Oleh karena itu, pada sering kali terlihat memakan beberapa jenis makanan lain seperti serangga dan buah untuk bertahan hidup.

11. Dari tahun 1974-1989, setengah dari habitat panda di daerah Sichuan China hancur oleh aktivitas manusia.

12. Lebih dari separuh panda yang baru lahir meninggal karena penyakit atau tanpa sengaja terinjak oleh ibu mereka.

13. Bulu kulit panda bernilai sekitar $ 60.000 dan $ 100.000 di pasar perdagangan ilegal.

14. Anakan panda hidup bersama induknya selama tiga tahun. Itu berarti, panda betina dewasa hanya dapat hanya dapat melahirkan dan mengasuh tiga atau empat anak sepanjang hidupnya.

15. Panda menghabiskan 14-16 jam sehari hanya untuk makan bambu.

16. Para ilmuwan tidak yakin mengapa panda raksasa memiliki tanda di beberapa bagian tubuh mereka. Beberapa ahli biologi berpendapat bahwa warna hitam-putih di tubuh panda digunakan untuk berkamuflase-menyembunyikan diri di hutan bambu. Pendapat lain mengatakan bawah warna hitam dan putih pada tubuh panda menjaga suhu mereka tetap setapi. Sedangkan yang lain berpendapat bahwa bagian hitam pada mata panda membuat mata mereka terlihat lebih besar dan agresif untuk mengusir predator.

17. Pipi cubby pada panda bukanlah merupakan lemak. Pipi tersebut bentuknya dari otot pipi panda yang besar. Karena sebagian besar makanannya terdiri dari bambu, Panda melakukan adaptasi dengan memiliki otot pipi dan rahang yang sangat kuat yang mana digunakan untuk mengunyah bambu.

18. Tenggorokan panda memiliki lapisan khusus untuk melindunginya dari serpihan bambu.

19. Panda biasanya hanya melahirkan seekor bayi saja. Namun, terkadang juga panda bisa melahirkan dua bayi kembar.  Akan tetapi, panda indukan akan meninggalkan salah satu dari kedua bayi yang dilahirkan tersebut yang biasanya akan mengabaikan/meninggalkan anak yang lebih lemah. Indukan panda tidak memiliki energi yang cukup untuk merawat dua anaknya.

20. Panda tidak melakukan hibrenasi karena bambu tidak akan memungkinkan mereka untuk membangun cadangan lemak yang cukup untuk musim dingin.

Demkikian 20 fakta menarik tentang panda, semoga bermanfaat.

Profil Penulis:
Nama: Icha Aurella
Sekolah: SMA 11 Medan

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu tulisan unik tentang apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading Zona Siswa. Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

0 komentar:

Poskan Komentar