Pengertian Peta ~ Dalam sejarah Manusia, Peta sudah digunakan sejak zaman prasejarah, jauh sebelum kertas ditemukan di Cina abad ke-6 M. Manusia pada saat itu membuat peta di dinding-dindng gua, kepingan tanah liat, permukaan batuan, dan pada kulit binatang. Pada perkembanganya, peta di buat pada kertas untuk menggambarkan tempat, posisi gunung, lembah, maupun sungai untuk mengetahui lokasi tertentu.

Dewasa ini peta sudah banyak digunakan untuk kepentingan dan analisis wilayah yang sudah menunjukkan tema-tema khusus, misalnya untuk mengetahui persebaran jumlah penduduk, persebaran curah hujan, persebaran lokasi bencana, dan sebagainya. Namun, apakah peta itu? Ada yang tahu pengertiannya? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan mengenai pengertian Peta secara lengkap. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Peta, Pengertian Peta Secara Umum, Pengertian Peta Menurut Para Ahli. | www.zonasiswa.com

Pengertian peta secara umum adalah gambaran dari permukaan bumi yang digambar pada bidang datar, yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi simbol sebagai penjelas.

Beberapa ahli mendefinisikan peta dengan berbagai pengertian, namun pada hakikatnya semua mempunyai inti dan maksud yang sama. Berikut beberapa pengertian peta dari para ahli.

1. Menurut ICA (International Cartographic Association)
Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan.

2. Menurut Aryono Prihandito
Peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.

3. Menurut Erwin Raisz
Peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.

4. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional
Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

Dengan menggunakan peta, kita dapat mengetahui segala hal yang berada di permukaan bumi, seperti letak suatu wilayah, jarak antar kota, lokasi pegunungan, sungai, danau, lahan persawahan, jalan raya, bandara, dan sebagainya. Ketampakan yang digambar pada peta dapat dibagi menjadi dua, yaitu ketampakan alami dan ketampakan buatan manusia (budaya).

Dewasa ini sudah dikenal adanya peta digital (digital map), yaitu peta yang berupa gambaran permukaan bumi yang diolah dengan bantuan media komputer. Data yang diperoleh berupa data digital dan hasil dari gambaran tersebut dapat disimpan dalam suatu media seperti disket, CD, maupun media penyimpanan lainnya, serta dapat ditampilkan kembali pada layar monitor komputer. Biasanya peta digital ini dibuat dengan menggunakan software GIS (Geography Information system). Ilmu yang mempelajari tentang peta dan pemetaan disebut dengan kartografi dan orang yang ahli dalam bidang peta dan pemetaan disebut kartograf.


BACA JUGA:
  1. Jenis-jenis dan Fungsi Peta
  2. Membaca Peta

Demikian artikel Geografi di atas tentang Pengertian Peta, semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar