Pengertian Penduduk ~ Pada artikel sebelumnya yang membahas pengertian antoposfer kita tahu bahwa terdapat lapisan kehidupan manusia. Cabang ilmu geografi yang secara khusus mempelajari antroposfer dinamakan geografi penduduk. Pertanyaan lain pun muncul, apa sih sebenarnya penduduk itu? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan lengkap mengenai Pengertian Penduduk. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Sobat pasti sering mendengar atau membaca dari berbagai media massa beberapa istilah yang berhubungan dengan sekelompok manusia yang menempati wilayah tertentu, seperti penduduk, warga negara, dan sumber daya manusia Indonesia. Ketiga istilah tersebut tentunya memiliki perbedaan dan penekanan masing-masing, walaupun pada prinsipnya sama-sama menelaah kajian tentang manusia.


Pengertian Penduduk, Pengertian Warga Negara Indonesia (WNI), Pengertian Demografi. | www.zonasiswa.com

Penduduk dapat didefinisikan sebagai sejumlah manusia baik secara individu maupun kelompok yang menempati wilayah atau negara tertentu minimal dalam jangka waktu satu tahun pada saat dilaksanakan pendataan atau sensus penduduk. Sebagai contoh, Pendi adalah penduduk kabupaten Cirebon, artinya artinya pada saat diadakan sensus penduduk Pendi telah tinggal menetap di Cirebon dalam waktu minimal satu tahun, walaupun ternyata Pendi bukan warga asli daerah tersebut.

Warga Negara Indonesia (WNI) adalah semua orang yang tinggal di negara Republik Indonesia. Penduduk asli maupun keturunan asing yang telah disahkan oleh undang-undang sebagai Warga Negara Indonesia. Oleh karena itu, ada istilah WNI pribumi (penduduk asli Indonesia), WNI keturunan (misalnya, keturunan Tionghoa, Belanda, Amerika), dan WNA (Warga Negara Asing). Adapun sumber daya manusia adalah semua penduduk baik secara individu maupun kelompok dengan semua potensi yang dimilikinya. Potensi sumber daya manusia dapat berupa kuantitas dan kualitas penduduk.

Jika kita berbicara tentang penduduk, kita juga akan menyinggung hal lain yang tak terpisahkan yaitu demografi. Demografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti penduduk dan graphien yang artinya menulis. Secara epistomologi, demografi bisa diartikan tulisan-tulisan tentang penduduk. Definisi demografi yang lebih luas yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk meliputi jumlah, persebaran, dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah, dan perubahan tersebut terjadi karena proses demografi, yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk.


BACA JUGA:
  1. Piramida Penduduk
  2. Sensus Penduduk
  3. Pertumbuhan Penduduk

Untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi kependudukan suatu wilayah atau negara, diperlukan data yang akurat mengenai aspek-aspek kuantitas dan kualitas penduduk. Tingkat akurasi data yang diperoleh sangat memengaruhi ketelitian hasil analisis dan prediksi kondisi kependudukan. Untuk negara Indonesia, lembaga yang bertugas mengumpul kan, mengolah, dan mempublikasikan data kependudukan adalah Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik Indonesia memiliki beberapa sumber data kependudukan, yaitu hasil sensus, survei, dan registrasi penduduk.

  1. Sensus
    Sensus atau cacah jiwa adalah proses pencatatan, perhitungan, dan publikasi data demografis yang dilakukan terhadap semua penduduk yang tinggal menetap di suatu wilayah atau negara tertentu secara bersamaan. Sensus dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

  2. Survey
    Suvey hampir sama dengan sensus, perbedaan atar keduanya terletak pada waktu pelaksanaan, wilayah, dan jumlah penduduk yang di data. Di suvei, pendataan hanya dilakukan terhadap sample (contoh) penduduk di beberapa wilayah yang dianggap mewakili karakteristik semua penduduk di sekitar wilayah sample. Pelaksanaanya pun dilakukan kapan pun, tanpa adanya periodisasi seperti sensus.

  3. Registrasi
    Registrasi penduduk adalah proses pengumpulan keterangan yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa kependudukan harian dan kejadian-kejadian yang mengubah status seseorang, seperti peristiwa kelahiran, perkawinan, perceraian, perpindahan tempat tinggal, dan kematian.

Terima kasih sudan berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas tentang Pengertian Penduduk, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar