Pengertian Antroposfer - Manusia merupakan makhluk di Bumi yang sangat dinamis dan cepat mengalami perubahan. Manusia merupakan salah satu faktor yang dinamis dan berpengaruh terhadap fenomena yang terjadi di alam ini. Dinamika tersebut dapat dilihat di lingkungan sekitar tempat tinggal kita yang antara lain adalah adanya kelahiran, perkawinan, perpindahan, dan kematian. Fenomena-fenomena tersebut dapat berpengaruh terhadap keseimbangan alam sekitar, karena manusia hidup di tengah-tengah alam semesta ini. Kehidupan manusia dan segala aktivitasnya di permukaan Bumi dipelajari dalam antroposfer. Tapi apakah atroposfer itu? Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan menghadirkan penjelasan mengenai pengertian atnroposfer, semoga bermanfaat. Check this out!!!

Pengertian Antroposfer, Pengertian Antroposfer Menurut Bahasa, Pengertian Antroposfer Menurut Istilah. | www.zonasiswa.com

Kata antroposfer berasal dari dua kata yaitu antrophos yang berarti manusia dan sphare yang berarti lapisan. Dapat diartikan, antroposfer adalah lapisan dimana manusia hidup bertempat tinggal di permukaan bumi. Antroposfer merupakan salah satu kajian geografi. Dalam menelaah fenomena antroposfer, geografi mempelajari persebaran penduduk, faktor-faktor yang memenga ruhi persebaran penduduk, dan aspek-aspek demografis penduduk. Kajiannya meliputi jumlah, pertumbuhan, kepadatan, komposisi, dan mobilitas penduduk. Aspek kependudukan lainnya yang dikaji antara lain masalah kualitas penduduk.

Antroposfer terkait dengan sumber daya manusia yang ada di permukaan Bumi. Sumber daya manusia adalah seluruh kemampuan atau potensi penduduk yang berada di dalam suatu wilayah tertentu beserta karakteristik atau ciri demografis, sosial maupun ekonominya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan.

Manusia tinggal di bumi, namun tidak semua tempat di bumi dapat ditinggali manusia. Jika ditotal, luas permukaan bumi yang berupa daratan hanya seluas 56,9 juta mil persegi atau hanya 29 persen dari total luas permukaan bumi secara keseluruhan. Itu artinya, 71 persen luas permukaan bumi yang lainnya berupa lautan. Dari total 29 persen luas daratan di bumi tadi, hanya 20 persen saja yang bisa ditinggali manusia. Sisanya, 20 persen berupa daerah kutub, 20 persen berupa daerah gurun, 20 persen berupa daerah yang bergunung-gunung, dan 20 persen lagi berupa hutan lebat dan rawa.

Manusia sebagai salah satu makhluk hidup yang hidup di bumi bergantung pada kondisi biosfer, hidrosfer, litosfer, dan atmosfer. Lapisan atmosfer membentuk cuaca dan iklim yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Lapisan litosfer berpengaruh pada tanah dan bentuk lahan, dan berpengaruh pula pada manusia dalam memperoleh sumber daya alam. Lapisan hidrosfer memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dalam hal ketersediaan air dengan berbagai manfaatnya.

Dari pengertian di atas, kita tahu bahwa antroposfer merupakan lapisan kehidupan manusia yang ada dipermukaan bumi dengan segala aktivitasnya. Semoga artikel Geografi di atas tentang Pengertian Antroposfer bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^Maju Terus Pendidkan Indonesia^^

0 komentar:

Poskan Komentar